Wednesday, October 7, 2009

Bagaimana cara Alexa Rank bekerja

Alexa rank dihitung berdasarkan berapa banyak pengunjung yang menggunakan Alexa toolbar yang datang ke website kita dan berapa banyak halaman yang mereka lihat dalam periode 3 bulan. Ranking sebuah website ditentukan oleh kombinasi antara reach dan pageviews. Reach maksudnya adalah total pengunjung unik yang datang ke website tertentu dalam sehari dan yang dimaksud dengan pageview adalah total pengguna Alexa yang me-request halaman URL tertentu dari website tersebut. Request yang berulang kali ke URL yang sama dari pengguna Alexa yang sama di hari yang sama akan dihitung satu pageview. Website yang mempunyai reach dan pageview yang paling banyak di berikan dengan rank 1.

Cara Kerja Alexa Rank
Trafik Alexa ranking hanya untuk top level domain (contoh: website.com). Beda halnya dengan Google pagerank, Alexa tidak menyediakan ranking terpisah untuk subpage (tiap halaman) dalam satu domain (contoh: website.com/halamansatu.html), atau subdomain (contoh: example.website.com) kecuali Alexa dapat otomatis mengenali mereka sebagai personal home page atau blog seperti Tripod dan Geocities. Jika terdapat website yang terindentifikasi sebagai personal home page atau blog maka trafik rangking mereka ditandai dengan tanda bintang (*) disampingnya: Personal Page Avg. Traffic Rank: 3,466*. Personal page mendapat rangking berdasarkan skala yang sama dengan regular domain, jadi jika personal page dengan rank 3,466* itu sama saja seperti website individu yang ke 3,466 paling popular dari semua pengguna Alexa.

Jika suatu website mendapatkan banyak pengunjung Alexa dalam 3 bulan terakhir tetapi tidak mendapatkan sebanyak itu dalam 3 bulan mendatang maka Alexa ranknya akan menurun. Rangking sebelumnya yang tinggi tidak akan mempengaruhi masa waktunya kedepan maka dari itu suatu website harus bisa membuat para pengunjungnya terus berminat datang ke website mereka dan alat pembantu software tidak bisa membantu selamanya.

Suatu website juga sangat tergantung pada jumlah reach dan pageview, yang artinya jika site A mendapat 10 pengunjung Alexa dan 10 pengunjung tersebut menjenguk hanya home page website A tersebut dan site B mendapat satu pengunjung Alexa dan si satu pengunjung tersebut mengunjungi 20 halaman website si B, maka site A mendapat 10 Alexa kredit dan site B mendapat 20 Alexa kredit. Jadi maka dari itu kualitas konten dan site navigation pada website kita juga berperan penting.

Request yang berulang kali ke URL yang sama dari pengguna Alexa yang sama di hari yang sama akan dihitung satu pageview, ini artinya jika anda mengunjungi website anda sendiri yang terdiri dari 10 halaman dan anda mengunjungi tiap halaman 10 kali jangan berharap anda akan mendapatkan Alexa kredit sebanyak 100 per hari, karena anda cuman mendapatkan 10 saja. Dan software program auto-refreshing juga tidak bisa membantu.


No comments:

Post a Comment