Thursday, August 13, 2009

Mengoptimalkan video Youtube

Banyak orang tidak tau kalau Youtube adalah search engine kedua paling besar dan website ketiga paling top di dunia saat ini. Maka dari itu bagi anda yang melakukan bisnis online seharusnya mempertimbangkan untuk mengambil kesempatan besar ini. Youtube bisa menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kepopularitas sebuah situs dan bagus untuk dijadikan sebagai alat untuk membantu bisnis anda. Youtube bisa diperoleh secara gratis dan anda dapat meng-upload video sebanyak yang anda suka. Salah satu cara sederhana yang dapat membantu meningkatkan rangking video Youtube anda adalah sebagai berikut:

  • Meta tags, gunakan meta tags pada Youtube semaksimal mungkin. Judul video anda akan dijadikan sebagai title tag, deskripsi anda yang terletak di samping kanan video akan dijadikan sebagai description tag, dan tag di bawah pada kolom deskripsi akan djadikan sebagai meta keywords tag.
  • Buat judul semenarik mungkin yang akan membuat para pengguna meng-klik video anda. Judul pada video Youtube anda akan menjadi informasi yang paling penting. Usahakan agar judul tersebut berhubungan dengan video anda dan video anda disarankan tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Usahakan agar meng-upload video yang singkat dan ‘to the point’ agar pengunjung tidak bosan.
  • Pada kolom description, anda bisa meletakkan penjelasan secara benar tentang video itu. Sertakan dengan keyword penting pada kolom description dan deskripsi anda disarankan tidak lebih dari 27 huruf. Pasang link atau url anda di barisan pertama sebelum kalimat deskripsi supaya kelihatan dan pengunjung bisa meng-kliknya.
  • Letakkan url anda pada halaman profile anda untuk memperbanyak akses ke situs anda. Banyak para pengguna Youtube ngelink ke social media profile mereka seperti Twitter dan Facebook atau juga ke situs landing page mereka. Taro foto atau logo pada account Youtube profile anda, isi informasi seperti nama, perusahaan, umur, hobi dan lain lain supaya para pengguna lain bisa mengenal anda lebih jauh.
  • Partisipasi secara aktif dengan komunitas Youtube. Sharing video dengan anggota lain, memberi tanggapan video orang, menambahkan video video menarik orang lain ke dalam playlist anda dan mengomentari video yang berhubungan demi menarik perhatian ke halaman anda. Anda bisa me-favorite video milik orang lain seperti halnya anda me-favorite situs pada browser anda, jadi mereka tau anda juga ikut berpartisipasi dan menghargai hasil karya bagus orang lain. Bangun link sebanyak mungkin menuju ke video anda, lebih banyak lebih bagus. Submit video anda ke social networking website seperti Digg , Reddit, Propeller dan StumbleUpon.
  • Buat dan upload video lain lagi ke Youtube. Lebih banyak video yang anda post ke Youtube akan semakin bagus kesempatan anda untuk menarik pengunjung baru atau unik ke situs anda.

1 comment: