Apa itu Digg dan cara membuatnya

Digg adalah sosial bookmarking website, website yang terdiri dari berita, cerita, informasi dan lainnya yang dibuat dan berasal dari pengunjung atau pelanggannya itu sendiri. Jika anda menemukan konten menarik dan hendak berbagi di internet, anda bisa “Digg” cerita tersebut dengan mengirimkan URL dan sedikit deskripsinya ke website Digg. Di Digg tidak ada editor dan setelah melakukan pengiriman, semua pengguna Digg bisa melihat cerita tersebut dan mereka dapat “Digg” (menggali/ mengangkat) atau “bury” (mengubur) cerita atau konten anda. Mereka bahkan bisa “Digg” dan “bury” komentar pada suatu postingan tergantung mereka suka atau tidaknya. Dengan demikian, pengguna Digg akan menyaring semua cerita atau informasi yang mereka suka dan memunculkannya pada halaman depan Digg. Jika konten anda sudah berada pada halaman depan Digg, sudah tidak diragukan lagi bahwa cerita anda akan disaksikan oleh jutaan pengunjung dan dengan itu anda bisa mendapatkan trafik yang amat besar dan menerima banyak backlink untuk meningkatkan SEO.


Apa itu Digg dan gunanyaTiap konten yang terdapat pada website Digg mau itu berita, informasi, video, gambar, foto semuanya berasal dari pengunjung websitenya (termasuk anda dan member account Digg lainnya). Menurut Alexa.com, website Digg adalah website ke 250 yang paling banyak dikunjungi dari seluruh website lainnya. Dilaporkan bahwa terdapat sekitar 33 juta pengunjung yang dimiliki Digg tiap bulan (bayangkan jika anda bisa menarik sebagian persen kecilnya saja sudah enak) dan mempunyai 24 juta accont pelanggan dan lebih dari 5 juta diantaranya adalah member yang aktif tiap hari. Sayangnya, untuk mencapai pada halaman depan Digg tidaklah mudah dan sedikit jumlah postingan yang berhasil mendarat di halaman tersebut.

Tiap kali anda melakukan submit artikel, video atau gambar, mereka akan otomatis muncul pada “Upcoming Stories” dan akan dilihat oleh banyak pelanggan member lainnya, kalau mereka suka mereka akan “Digg” artikel tersebut. Kalau artikel anda tidak cukup mendapatkan Digg dalam periode waktu tertentu maka artikel tersebut akan ditarik kembali dari seksi “Upcoming Stories”.
  • Sebelum mulai anda perlu register dulu di Digg. Masukkan data atau informasi yang diperlukan dalam proses registrasi, setelah berhasil melakukan proses registrasi, anda akan menerima email. Klik link yang terdapat pada email tersebut untuk menjadi pengguna Digg yang resmi terdaftar.
Cara membuat account Digg
  • Setelah account anda diverifikasi, anda bisa menambah informasi opsional untuk profile anda (anda bisa merubahnya kapanpun anda suka di tab profile) atau skip langkah ini dan mulai untuk Digg.
Sekarang anda bisa membuat tombol Digg dan meletakkannya pada website atau blog anda. Hal pertama yang dianjurkan setelah melakukan posting adalah klik tombol Digg anda sendiri untuk memungkinkan pengunjung menggunakan opportuniti mereka untuk Digg artikel anda dan membuat vote.



12 comments:

  1. terima kasih artikelnya mas, sudah saya coba dan berhasil. yang ingin saya tanyakan isian alt dan title sama atau tidak ya? misal alt="HOME" title="HOME" atau berbeda? terima kasih

    ReplyDelete
  2. Boleh diisi sama dan beda, alt atau ‘alternative’ tag digunakan untuk memunculkan tulisan yang anda isi ketika gambar tidak bisa ditampilkan atau jika pengunjung menggunakan text browser. Title (judul) tag gunanya untuk memunculkan tulisan yang anda isi ketika mouse didekatkan pada image (gambar) atau link. Title tag biasanya digunakan untuk meletakkan informasi atau deskripsi tambahan tentang gambar yang ditampilkan. Kalau gak mau pusing bisa disamakan saja..yang penting dua2nya diusahakan mengandung keyword.

    ReplyDelete
  3. setelah baca artikel ini, aku langsung coba daftar ke digg, siapa tau blog aku makin populer....

    ReplyDelete
  4. nice info nih, blog akyu blm ada digg

    ReplyDelete
  5. suwun infonya bagus sekali cocok dengan blogkoe

    ReplyDelete
  6. thk's infonya http://a-pieceofpaper.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. nice artikelny gan!!
    thax..

    mmpir gan!!
    http://apps--computer.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. wah harus dicoba nih biar traffik naik, thanks infonya

    ReplyDelete
  9. masih bingung caranya bangun backllink di digg

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. cara submitnya uda sy post di artikel selanjutnya.

      Delete