Saturday, May 24, 2008

Sejarah, Kegunaan dan Fakta Tentang Kartu Kredit

perlukah kartu kredit
Kartu kredit adalah sebuah kartu plastik tipis, biasanya dengan size ukuran 3-1/8 inci dengan 2-1/8 inci, yang berisi informasi identitas seseorang seperti tanda tangan atau foto/gambar. Berbeda dengan kartu debit, penerbit kartu kredit meminjamkan uang kepada konsumen dan bukan mengambil uang dari rekeningnya. Saat ini, informasi pada kartu kredit tersebut bisa terbaca oleh automated teller machines (ATM), store readers, dan komputer perbankan dan Internet.

Menurut Encyclopedia Britannica, penggunaan kartu kredit berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1920-an, ketika perusahaan-perusahaan individu, seperti jaringan hotel dan perusahaan minyak, mulai mengeluarkan kartu tersebut kepada pelanggan untuk pembelian yang dilakukan pada bisnis-bisnis mereka. Penggunaan ini meningkat secara signifikan setelah Perang Dunia II.

Kartu kredit universal yang pertama  (kartu yang dapat digunakan di berbagai toko dan bisnis), diperkenalkan oleh Diners Club, Inc, pada tahun 1950. Pada sistem ini, perusahaan kartu kredit mengenakan biaya tahunan kepada pemegang kartu dan menagih mereka secara bulanan atau tahunan. Kartu universal besar lainnya didirikan pada tahun 1958 oleh perusahaan American Express, kemudian disusul oleh kartu kredit yang terbanyak dan terpopuler pada saat ini yaitu Visa credit card yang diterbitkan di tahun 1976-1977, dan selanjutnya Master card.

kelebihan dan kekurangan kartu kredit
Kartu kredit tidak sama dengan kartu debit. Ketika Anda membayar untuk sesuatu dengan kartu kredit, Anda sebenarnya sedang meminjam uang dari card provider anda untuk membayar - dan anda akan dikenakan bunga atas pinjaman tersebut. Namun, sebagian besar kartu kredit akan memberikan periode bebas bunga sampai beberapa minggu kedepan, jadi jika Anda membayar tagihan Anda secara full setiap bulan, Anda tidak perlu membayar bunga. Dengan kata lain, Anda dapat meminjam uang secara gratis.

Setiap bulan anda akan dikirim surat tagihan yang terperinci dari segala sesuatu yang anda belanjakan menggunakan kartu tersebut. Penyedia kartu (card providers) pada umumnya memiliki pembayaran minimum yang mereka butuhkan setiap bulan. Tidak sedikit orang yang hanya membayar sejumlah ‘pembayaran minimum’ tetapi saya tidak menganjurkannya, ini dikarenakan saldo hutang yang tersisa akan terkena bunga yang amat tinggi.

Masa tenggang bebas bunga berbeda untuk setiap provider. Masa tenggang bisa dilihat pada tanggal cetak tagihan serta tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit. Ini bisa berkisar antara 15 dan 25 hari. Misalkan tanggal cetak tagihan kartu kreditnya adalah tanggal 5 February, dan tanggal jatuh temponya adalah tanggal 25 Februari. Ini artinya masa tenggangnya adalah 20 hari. Kalau pembayaran dilakukan dalam masa tenggang ini, maka anda tidak akan dikenakan bunga atas tagihan tersebut. Pembayaran tidak diproses langsung secara instan dan membutuhkan waktu, jadi sebaiknya anda menyisakan cukup waktu untuk menghindari bunga jika ingin membayar.

No comments:

Post a Comment