Apa Itu Kartu Jenius & Manfaatnya

Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan yang BPTN atau PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk luncurkan di tahun 2016. Dengan kartu debit Visa Jenius ini, para pemakai bisa secara mudah melakukan transaksi perbankan hanya melalui handphone. Faktanya, Jenius adalah yang pertama sebagai aplikasi untuk pembukaan rekening secara online, yang artinya kita tidak perlu datang atau bertatapan muka di kantor cabang. 

Jenius atau juga sering disebut sebagai kartu debit Jenius merupakan salah satu pilihan ideal untuk melakukan pembayaran secara offline maupun online. Dengan label Visa yang dimilikinya, kita bisa membayar halnya seperti sedang membayar menggunakan kartu kredit Visa. Selain itu, pemakai kartu ini juga dapat melakukan transfer ke sesama Bank BTPN maupun antar bank.

Manfaat lainnya ialah bisa berperan sebagai visa debit card atau Visa payWave, bisa melakukan blokir atau unblock hanya melalui handphone, bebas biaya transaksi sebanyak 25 kali setiap bulannya dan rekeningnya tidak memerlukan buku rekening. Selain itu bisa juga dipakai sebagai media investasi (Dream Saver & Maxi Saver dsb), pembayaran untuk belanja online, verifikasi Paypal, pembayaran di Facebook Ads, gratis tarik cash atau tunai di ATM Bersama/ Prima, dan bisa melakukan top up saldo e-wallet juga seperti M-Tix, Dana, LinkAja, Ovo maupun Gopay). 

Untuk membuat kartu Jenius ini tidaklah diperlukan saldo minimum serta tidak ada juga biaya lainnya seperti biaya bulanan, biaya buka-tutup akun atau biaya transaksi ecommerce (setidaknya sampai artikel ini diterbitkan). Secara keamanan aplikasi ini merupakan produk dari BPTN yang terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), oleh karena itu sangatlah aman tentunya. 

Cara Membuat Akun Rekening Jenius

Jika anda ingin memiliki juga kartu ini, anda bisa melakukan pendaftaran akun. Caranyapun sangat mudah, yaitu hanya mendownload aplikasinya melalui Play Store kemudian register dan ikuti instruksi yang ada - Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP (jika ada).

Setelah berhasil melakukan pendaftaran anda perlu mengaktifkan akun tersebut dengan cara mendatangi booth aktivasi atau kantor bank BTPN, jika itu merepotkan maka anda juga bisa melakukannya dengan cara video call (jangan lupa untuk menyiapkan kartu identitas karena anda akan disuruh selfie sambil menunjukkan KTP).

Setelah proses aktivasi selesai anda hanya tinggal menunggu pengiriman kartu Jenius nya saja yang diperkirakan sampainya sekitar 5-7 hari atau paling lambat 2 minggu. Semua proses yang baru disebutkan tadi tidak dipunguti biaya, alias gratis. 

No comments:

Post a Comment