Sunday, May 10, 2009

Batu Safir / Sapphires (Batu Kelahiran September).

Batu mulia sapphire (safir) adalah sejenis batu mulia dari anggota mineral corundum sama seperti batu mirah (ruby). Mereka berdua bisa dikatakan kakak adik yang sama-sama mempunyai nilai keras 9 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati di urutan ke dua setelah batu intan. Perbedaan dari keduanya terletak pada warna yaitu merah untuk batu mirah dan biru untuk batu safir. Batu safir terbuat dari alumunium oxide dan titanium sedangkan batu mirah terbuat dari alumunium oxide dan chromium (chromium yang mengakibatkan terjadinya warna merah pada batu mirah). Jika batu safir yang memiliki warna yang bermacam-macam selain biru atau merah maka batu itu dinamakan “fancy sapphire”. Warna yang paling ideal buat batu safir adalah biru langit dan birunya tidak boleh terlalu kental atau terlalu keputihan karena akan mengurangi nilai harganya. Pada dasarnya corundum murni tidak berwarna, semua warna pada batu permata disebabkan oleh unsur kimiawi lainnya yang bergabung saat proses kristalisasi terjadi.

Dalam dunia perdagangan batu mulia sudah tidak heran lagi jika kita mendengar batu-batu mulia sengaja dipanaskan untuk merubah atau memperindah batu-batu tersebut seperti warnanya, kilauannya, pembentukkannya dan lain-lain. Diperkirakan 90% dari batu-batu mirah atau safir akan melalui proses tersebut, suatu proses yang permanen dan telah diterima di setiap perdagangan batu mulia. Walaupun proses ini bisa merubah batu yang tidak berharga menjadi batu yang mahal harganya tetapi tindakan ini amat beresiko karena perbuatan tersebut bisa mengakibatkan batu ini rusak, retak, pecah dan dalam kejadian tertentu warna dari batu-batu tersebut malah hilang.

Kegunaan atau manfaat
Dalam bahasa Yunani batu ini dinamakan zaffiros, dalam bahasa Latin sapphirus dan dalam bahasa Persia Yakut-i-asrak. Dalam kilauan cahaya batu safir tidak sekilau batu mirah tetapi batu safir juga merupakan batu yang sangat digemari dan diminati orang banyak bahkan tidak sedikit orang yang rela membeli batu safir dengan harga yang amat tinggi. Batu safir sering dianggap batu yang mempunyai pengaruh-pengaruh khusus terhadap si pemiliknya, sering dianggap seperti sebuah jimat atau barang hoki dan memiliki sifat-sifat mistik. Selain itu safir juga dianggap bisa memperbaik soal asmara, memberi kesehatan seperti menolak racun dan melindungi mata, menenteramkan hidup dan menuntun orang menjadi mempunyai penglihatan ajaib. Cahaya akan hilang jika pemiliknya berbuat hal-hal yang jahat, hal tidak senonoh atau cabul.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu safir dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 5 dan ke 45. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu safir adalah batu untuk orang yang lahir di bulan September (sama halnya dengan bunga aster) dan batu safir dihubungkan dengan zodiac Aries, Cancer, Libra dan Taurus.



Jenis batu-batuan lainnya antara lain:
Batu Garnet (Batu Biduri Delima) Batu Amethyst (Batu Kecubung Kasihan) Batu Aquamarine (Batu Biru Laut) Batu Intan (Berlian) Batu Zamrud Batu Mutiara Batu Mirah (Ruby) Batu Peridot Batu Safir Batu Opal (Batu Kalimaya) Batu Topaz (Batu Ratna Cempaka) Batu Pirus (Turquoise) Batu Giok Batu Darah Batu Biduri Bulan (Moonstone) Batu Chrysoberyl Batu Yakut (Zircon) Batu Tourmaline Batu Amber (Barnsteen) Batu Spinel Batu Jenis lain-lainnya.

11 comments:

  1. informasinya sangat berguna bagi saya orang awam. terimaksih

    ReplyDelete
  2. sayang ga ada gambarnya...

    ReplyDelete
  3. bagaimana caranya kita mengidentifikasi batu saphire. sebelumnya anda sudah menerangkan ttg bagaimana mengindentifikasi keaslian batu topaz, brp kira2 harga batu sapir yg punya efect cahaya yang multiwarna/colorful?

    ReplyDelete
  4. ada penjualan batu topaz di http://1.bp.blogspot.com/-P3E02XkVYz0/Td4Nx7thGFI/AAAAAAAAEDU/VlwGQpf5OWQ/s1600/ND1591.jpg. saya copy lgsg situsny< saya mohon bantuan anda apakah batu itu asli? trus apa saya bisa percaya dengan penjualan yang seperti itu. baru pertama x saya tertarik dengan batu2an setelah buka block anda.

    ReplyDelete
  5. ada beberapa tips utk membedakan safir alami dgn yg sintesis, safir natural biasanya terdapat inklusi (safir atau korundum tanpa cacat sangat amat langka). anda bisa periksa dibawah loop apakah batu tersebut terdapat inklusi atau terlihat terlalu sempurna. safir palsu atau safir buatan dari lab biasanya terlihat amat jernih seperti kaca yg berwarna biru.

    yg perlu anda ketahui bahwa jika jeweler anda memberitahu anda kalau batu tersebut di 'treated' bukan berarti batu tersebut palsu. safir natural perlu melalui proses pemanasan (treated) untuk memperindah penampilannya. selain dari proses pemanasan, usaha lain utk mempercantik batu tersebut biasanya tidak awet dan tidak disarankan.

    ReplyDelete
  6. nice shre....bagus sekali..salam kenal

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum? pakde mu nanya nieh, menurut hari jawa, batu saphire ini cocoknya dimiliki sama orang yang lahir di hari apa? nieh menurut hari kelahiran jawa lo ya?

    ReplyDelete
  8. batu safir memang menjadi salah satu batu paling dicari, warna biru menggoda dengan kekerasan yang bagus

    ReplyDelete
  9. batu sapphire yg belum di gosok/jadi seperti apakah bentuknya? ada yg punya picturenya? thanks. don guzo

    ReplyDelete
  10. gan mau nanya nih klo batu sapphire yg bsa berubah warna ampe 6 wrna mantap gak gan??

    ReplyDelete