Wednesday, May 6, 2009

Batu Mutiara / Pearls (Batu Kelahiran Juni).

Batu Mutiara Batu mutiara sering disebut-sebut sebagai “ratunya batu mulia” karena pesonanya yang berkelas, keindahan dan daya tariknya yang feminin serta pengaruh mistiknya tersendiri yang dipancarkan oleh batu mutiara tersebut. Batu mutiara mempunyai nilai keras hanya 3.5 berdasarkan daftar keras Mohs, maka dari itu batu mutiara hendaklah dipelihara dengan baik karena mereka mudah tergores ataupun penyot. Batu mutiara telah diminati dan digunakan sebagai perhiasan sejak ratusan tahun sebelum masehi terutama oleh bangsa India dan Cina, namun sampai sekarang batu mutiara tetap menempati kedudukan tinggi bagaikan permata di hati manusia.

Mungkin dari mana batu mutiara itu berasal sudah banyak yang tau, yaitu kerang dan sebenarnya tiap jenis kerang juga memproduksi mutiara cuman tidak se-berkualitas dan seindah mutiara kerang-kerang tertentu. Tetapi mengapa hewan-hewan tersebut membuat mutiara mungkin sedikitlah yang tau. Mutiara terbentuk ketika benda-benda kecil masuk ke dalam kerang, benda kecil itu bisa berupa batu, pasir atau potongan-potongan kecil dari benda apa saja yang ada di laut, dan jika kerang itu terganggu dengan benda kecil ini mereka tidak bisa mengusirnya tetapi akan mengeluarkan cairan yang terdiri dari calcium carbonate (atau disebut juga dengan nacre) untuk membungkus benda itu. Cairan nacre yang dihasilkan oleh hewan laut itu adalah bahan yang sama dengan yang dihasilkan untuk membuat kulit kerangnya sendiri. Cairan itu akan terus dikeluarkannya untuk membungkus dan mengeras sehingga terbentuk batu mutiara yang besar. Semakin lama batu mutiara itu disimpan maka akan makin besar pula batu mutiaranya. Ada jenis kerang yang terdapat 40 sampai 50 butir mutiara di dalamnya! Kilauan batu mutiara disebabkan oleh cahaya yang dipantulkan dari lapisan-lapisan nacre tersebut. Mutiara yang dihasilkan oleh kerang air laut lebih mahal dan berharga daripada yang dihasilkan dari kerang air tawar.

Batu mutiara alami sangat langka, tetapi sekarang banyak manusia sengaja membuat batu mutiara dengan sengaja memasukkan benda kecil tersebut ke dalam kerang, mutiara yang dihasilkan dengan cara ini dikenal dengan nama 'cultured pearl'. Batu mutiara juga digunakan sebagai obat, perhiasan maupun cat. Batu mutiara mempunyai bentuk yang macam-macam antara lain ada yang bundar, gepeng (pipih) seperti kancing, lonjong telur dan ada yang benar-benar bulat tanpa cacat sedikitpun (langka). Batu mutiara yang nempel pada sisi kerangnya akan memiliki permukaan yang datar, mutiara ini disebut dengan 'blister pearl'. Batu mutiara yang memiliki bentuk yang tidak rapi disebut dengan baroque pearls. Warna batu mutiara ada yang putih bening mengkilap, merah muda, cream, coklat, kuning muda, keemasan, hijau, biru, abu-abu, bahkan ada yang hitam. Warna putih dan belakangan ini warna hitam adalah warna yang paling populer. Mutiara hitam juga merupakan salah satu batu permata yang paling langka di dunia. Margarita adalah nama lain yang artinya juga adalah mutiara.

Diajarkan jika memelihara batu mutiara dengan baik sebaiknya dipakai sering-sering, jangan disimpan apalagi tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama karena batu mutiara “memerlukan daging” , lemak dari tubuh kita sangat bermanfaat dan diperlukan oleh batu mutiara tersebut. Batu mutiara yang jarang dipakai warnanya akan berubah jadi kusam, kadang menjadi merah dan “mati”. Namun jika lemak sangat berguna bagi mutiara tidak begitu dengan keringat karena keringat mengandung zat asam. Batu mutiara juga tidak boleh diletakkan di ruangan yang lembab atau tertutup rapat karena mereka perlu “bernafas” dan hindarkan dari cuka dan zat asam lainnya sebab bisa hancur.

Kegunaan atau manfaat
Batu mutiara dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain membawa berkat dan keberuntungan dan menjaga kehormatan wanita.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu mutiara dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Juni (sama halnya dengan bunga mawar). Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mutiara dihubungkan dengan zodiac Gemini.


Jenis batu-batuan lainnya antara lain:
Batu Garnet (Batu Biduri Delima) Batu Amethyst (Batu Kecubung Kasihan) Batu Aquamarine (Batu Biru Laut) Batu Intan (Berlian) Batu Zamrud Batu Mutiara Batu Mirah (Ruby) Batu Peridot Batu Safir Batu Opal (Batu Kalimaya) Batu Topaz (Batu Ratna Cempaka) Batu Pirus (Turquoise) Batu Giok Batu Darah Batu Biduri Bulan (Moonstone) Batu Chrysoberyl Batu Yakut (Zircon) Batu Tourmaline Batu Amber (Barnsteen) Batu Spinel Batu Jenis lain-lainnya.

1 comment: