Saturday, May 2, 2009

Batu Kecubung Kasihan / Amethyst (Batu Kelahiran Februari)..

Batu Kecubung Kasihan (Amethyst)
Batu ametis mempunyai nilai keras 7 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke enam. Batu ametis dikenal akan warnanya yang ungu namun warna batu ametis juga ada yang ungu muda, ungu kemerah-merahan, ungu kebiru-biruan dan bahkan ada yang hampir hitam. Batu ametis di Indonesia dikenal dengan nama kecubung kasihan. Karena warna ungu selalu dikaitkan dengan warna kerajaan maka batu ametis sering digunakan untuk barang-barang kerajaan Inggris seperti menghiasai mahkota, perhiasan, dekorasi ruangan atau upacara.

Nama batu ametis berasal dari bahasa Yunani yang artinya “tidak mabuk”. Batu ametis sering dikaitkan dengan dewa anggur dan katanya jika meminum air atau minuman alkohol yang ada di gelas terbuat dari batu ametis akan membantu si peminum supaya tidak keracunan atau mabuk, dan batu ametis tersebut juga akan mencegah supaya tidak ketagihan atau kecanduan. Batu ametis juga pernah lebih berharga dari pada batu intan dan pada umumnya batu ametis akan bersinar terang setelah sekian lama dijemur.

Kegunaan atau manfaat
Batu ametis dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain melindungi pemilik dari rasa mabuk, mengendalikan emosi, mendatangkan rasa kasih sayang, memberi ketenangan dan semangat dalam menjalankan tugas.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu ametis dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Februari (sama halnya dengan bunga iris) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 6. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu ametis dihubungkan dengan zodiac Pisces.


Jenis batu-batuan lainnya antara lain:
Batu Garnet (Batu Biduri Delima) Batu Amethyst (Batu Kecubung Kasihan) Batu Aquamarine (Batu Biru Laut) Batu Intan (Berlian) Batu Zamrud Batu Mutiara Batu Mirah (Ruby) Batu Peridot Batu Safir Batu Opal (Batu Kalimaya) Batu Topaz (Batu Ratna Cempaka) Batu Pirus (Turquoise) Batu Giok Batu Darah Batu Biduri Bulan (Moonstone) Batu Chrysoberyl Batu Yakut (Zircon) Batu Tourmaline Batu Amber (Barnsteen) Batu Spinel Batu Jenis lain-lainnya.

10 comments:

  1. gimana yah cara mengetes batu itu asli?soalnya saya memiliki satu batu cincin yang berwarna ungu agak muda..kata kenalan saya Bapak",itu batu kecubung..mohon informasinya apabila ada yang bisa saya lakukan untuk mengetes batu itu..Terima kasih..:)

    ReplyDelete
  2. kalo mau mengetes batu asli atau tidak coba kamu cabut sehelai rambut kamu silangkan kebatu tersebut lalu bakar pake baranya rokok, apabila putus itu palsu apabila tidak putus itu batu asli...oke

    ReplyDelete
  3. Ah yg bnr gan?? Sy punya batu kecubung kasihan, warnanya separuh ungu tua separuh ungu keputih putihan.. Sy bentuk sndiri dari bahan bongkahan mnjadi bntuk kotak diamond, saya test sprti yg agan sarankan, tetap saja rambut itu trbakar.. :-(

    ReplyDelete
  4. kl mau tau asli apa ngk nya batu,,,apalagi bentuknya kotak diamond ,teteskan air di atas batu tsb,kl air itu menggumpal seperti air di daun talas berati batu itu asli,v kl air tsb di saat diteteskan memencar atau tidak menggumpal berarti batu tsb glass

    ReplyDelete
  5. klu mau lebih tahu kesalian batu, bisa ditest di lab.

    ReplyDelete
  6. kupunya juga. udh aku tes pake rambut di silangkan lalu ku bakar gk hangus rambut nya.
    tes pake air kog gk menggumpal ya. apa ini asli batu?

    ReplyDelete
  7. saya juga punya,,,dan saya tes pake rambut,,,beneran rambutnya gak putus terbakar,,,

    ReplyDelete
  8. Baru sj dapat cincin batu amatis ungu, sy tes bakar rambut tdk putus dan air jg menggumpal. trnyata ada jg y yang bginian.
    Blogwalking dari http://kompaspost.blogspot.com

    ReplyDelete