Wednesday, July 8, 2009

Bunga Larkspur atau Delphinium/ Dolphin

Bunga Kelahiran Juli
Bunga Larkspur atau nama lainnya delphinium dan dolphin adalah bunga yang tinggi dan warnanyapun bervariasi dari ungu, biru, merah, kuning sampai putih. Bunga ini hanya bisa hidup dari dua sampai tiga tahun saja dan bunga ini dikategorikan sebagai tanaman kebun. Bunga larkspur atau delphinium ini memerlukan cahaya matahari yang banyak dan biasanya diberikan perlindungan dari tiupan-tiupan angin yang bisa mematahkan tangkainya yang panjang. Satu hal yang perlu diingat adalah bunga larkspur atau delphinium ini mengandung alkaloid delphinine yang beracun dan bisa mengakibatkan muntah-muntah jika dimakan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian jika dikonsumsi pada jumlah yang banyak.

Dalam jumlah yang sedikit bunga larkspur ini dapat digunakan untuk pengobatan. Penyakit penyakit yang bisa disembuhkan oleh bunga dolphin ini yaitu gigitan serangga, asma, penyakit buang air dan juga penyakit mata dan telinga tertentu. Bunga ini juga dipercayai dapat mengobatkan sengatan kalajengking jika diminum bijinya dan jika dioleskan di bagian rambut kepala dapat membunuh kutu rambut dan telurnya. Bunga larkspur ini juga dapat digunakan untuk membuat tinta.

Bunga larkspur atau delphinium dijadikan bunga simbol kelahiran bulan July (sama halnya dengan batu mirah /ruby). Batu larkspur melambangkan hati yang terbuka dan keterikatan. Mencerminkan perasaan tanpa beban, bunga kelahiran musim panas ini juga mengungkapkan kecantikan alami yang khas.

1 comment:

  1. mau nanya, ini termasuk tumbuhan berkayu ga???

    ReplyDelete