Sunday, July 5, 2009

Bunga Iris

Bunga kelahiran Februari
Bunga iris adalah bunga untuk kelahiran Februari (sama seperti halnya batu amethyst atau batu kecubung kasihan) dan bunga ini dibudidayakan di berbagai belahan dunia. Dalam bahasa inggris bunga ini termasuk bunga “perennial” yang artinya salah-satu bunga yang dapat hidup lebih dari 2 tahun dan salah satu keistimewahannya adalah bunga ini dapat tumbuh di darat maupun di air. Bentuk bunganyapun menurut saya agak unik maupun warnanya juga ada yang merupai kulit harimau dalam jenis tertentu seperti blood iris. Bunga ini memerlukan cahaya matahari yang banyak dan salah satu tumbuhan yang mudah dibudidayakan. ‘Bearded iris’ bunga iris yang berbulu padat seperti jenggot2 kecil adalah jenis bunga iris yang paling banyak ditemui. Di dunia ini terdapat lebih dari 200 jenis tumbuhan golongan ini. Warna bunga ini pun berbagai macam yaitu biru-keunguan, merah muda, ungu sampai kecoklatan, kuning, oranye, putih maupun warna hitam tetapi tidak ada yang benar-benar berwarna merah asli. Dari berbagai banyak macam warna bunga iris, warna kebiruanlah yang paling sering ditemui. Minyak dari jenis tumbuhan ini digunakan sebagai aroma-terapi dan parfum.

Iris dalam bahasa Yunani artinya pelangi, dan bunga ini telah dianggap memiliki berbagai arti diantaranya yaitu kesetiaan, kebijaksanaan, kesejahteraan, persahabatan dan harapan. Karena Valentine’s day jatuh pada bulan Februari maka dari itu bulan kedua tersebut dianggap sebagai bulan asmara dan bunga iris dianggap sebagian orang sebagai bunga yang cocok untuk mewakilinya. Bunga iris juga sering digunakan sebagai bunga perhiasan dan sebagai bunga yang cocok untuk diberikan pada hari jadi atau hari ulang tahun pernikahan yang ke 25. Bunga alternatif bulan Februari adalah bunga violet.

Bunga Iris juga merupakan bunga yang dilukis oleh pelukis Vincent van Gogh yang diberi nama "Bunga-bunga Iris" dan merupakan satu dari sekian karyanya pada saat-saat terakhir menjelang kematiannya tahun 1890. Tahun 1987, lukisan tersebut menjadi lukisan yang termahal yang pernah dijual.


4 comments:

  1. thank you so much. Your information helps me a lot. Please let me post this in my blog, I'll put the link too.

    ReplyDelete