Wednesday, July 8, 2009

Bunga Poinsettia

Bunga Kelahiran Desember

Dikenal juga sebagai bunga Natal, bunga poinsettia ini memiliki asal usul yaBunga Poinsettiang menarik. Ceritanya dimulai ketika seorang anak kecil yang tidak mampu memberikan hadiah kepada Tuhan Yesus pada malam Natal dan dia memutuskan untuk memilih sebuah tanaman yang dicarinya di pinggir jalan, anak kecil tersebut diberitahu jika hadiah untuk Tuhan Yesus asal disertai dengan hati yang tulus dan cinta maka akan diterimaNya apapun bentuknya. Setelah itu tanaman yang diberikannya itu pun tumbuh menjadi bunga dengan warna merahnya yang mengkilau yang sekarang kita kenal dengan nama bunga poinsettia. Para penonton di gedung tersebutpun telah menyaksikan keajaiban tersebut.

Bunga poinsettia berasal dari Meksiko, termasuk dalam tanaman subtropis dan memerlukan suhu antara 10-20 derajat celcius. Bunga ini sangat dikenal dengan warna merahnya yang mengkilau dan bentuknya yang khas seperti yang anda lihat di hari hari menjelang Natal. Bunga inipun dijadikan perhiasan atau dekorasi dekorasi Natal seperti di pohon Natal. Selain berwarna merah menyala bunga poinsettia juga ada yang berwarna putih. Tanaman poinsettia tingginya bisa mencapai 10 feet atau sekitar 3.1 meter. Bunga ‘asli’nya amat kecil terletak di tengah tengah dan berwarna kuning, daunnya berukuran 7-16 cm yang disebut bracks. Bracts adalah sekelompok daun yang berwarna merah yang sering dikira petal dan bracts ini mengelilingi bunga bunga kecil di bagian tengah yang disebut "cyathia". Bunga poinsettia bisa bertahan beberapa minggu. Bunga poinsettia tidak memerlukan banyak air jadi tidak perlu terlalu disirami air. Banyak species tanaman dalam genus euphorbia sangat beracun, poinsettia ini termasuk dalam genus tersebut dan getahnya yang putih seperti susu bisa mengakibatkan iritasi pada mata dan kulit. Namun untuk hal tersebut bunga poinsettia tidak bisa dikategorikan sebagai tanaman beracun karena bunga itu hanya mengakibatkan iritasi dan bukan kematian. Sebaiknya jika memiliki bunga poinsettia yang asli untuk dekorasi Natal sebaiknya dijaga jangan sampai anak kecil menyentuhnya, tetapi banyak juga yang sudah memalsukan bunga poinsettia ini dari plastik sehingga lebih aman untuk anak kecil.

Di negara Amerika, tanggal 12 Desember adalah hari Poinsettia Day. Bunga poinsettia dijadikan bunga kelahiran bulan Desember ( sama halnya seperti batu pirus atau turquoise yang dijadikan batu kelahiran desember) dan mempunyai arti sukses, perayaan, keyakinan dan keceriaan.






1 comment:

  1. nice info. Izin repost yach. Thanks.

    ReplyDelete