Sunday, May 31, 2009

Batu Kuarsa (Batu Quartz)

Batu kuarsa adalah batu kristal mineral yang terbuat dari silicon dioxide (ketika silicon dan oxygen menyatu) dan merupakan mineral kedua (setelah feldspar) yang paling banyak dan yang paling umum ditemukan di kerak kontinen bumi (mencakup 12% dari keseluruhan). Batu kuarsa amat beragam dan sebagian dijadikan batu perhiasan dan sebagian amat langka. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang terbuat dari silika trigonal terkristalisasi (silikon dioksida, SiO2), dengan skala kekerasan Mohs 7 dan densitas 2,65 g/cm³. Bentuk umum kuarsa adalah prisma segienam yang memiliki ujung piramida segienam.

batu kuarsaBatu kuarsa ada dua macam walaupun secara kimia mereka memiliki komposisi yang sama yaitu SiO2.
Batu kuarsa macrocrystalline, contoh batu-batunya adalah aventurine, batu kecubung kasihan (batu amethyst), batu kuarsa biru, rose quartz, citrine, batu mata garuda, batu mata kucing, batu kinyang asap (smoky quartz), batu mata harimau dan prasiolite. Batu kuarsa macam ini biasanya agak transparent sampai transparent total.
Batu kuarsa cryptocrystalline, contoh batu-batunya adalah batu kalsedon (batu chalcedony), batu akik bawang (batu chrysoprase), batu akik, batu darah, batu carnelian dan batu jasper. Batu kuarsa macam ini biasanya sedikit transparent sampai buram alias susah tembus pandang.

Batu kuarsa paling murni adalah batu kuarsa yang jernih tidak berwarna, transparent dan kadang agak bersusu. Berbeda dengan batu intan atau berlian, batu kuarsa tidak memijar cahaya dan tidak seperti batu aquamarine juga batu kuarsa tidak memancar berbagai cahaya yang berlainan jika dilihat dari sudut berbeda. Batu kuarsa yang paling besar yang pernah tercatat adalah berberat 48 ton dan panjangnya sekitar 610 cm.

batu kinyang asapBatu kuarsa diberi nama dari bangsa Slav yang artinya “keras”. Batunya awet, tahan lama, indah dan tidak mudah rusak. Walaupun batunya banyak ditemukan secara alami tetapi kebanyakan batu kuarsa yang digunakan dalam kebutuhan industri adalah buatan manusia.

Kegunaan atau manfaat
Batu kuarsa dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Batu bola kristal kuarsa digunakan untuk memprediksi masa depan oleh para peramal.
2. Batu bola kristal kuarsa yang digunakan sebagai jimat dipercayai dihuni oleh roh-roh yang dikasih makan secara rutin dengan digosoknya dengan darah darah rusa.
3. Digunakan untuk menyimpan informasi yang dimana bisa diakses dengan memegang batu tersebut.
4. Digunakan untuk menyembuhkan penyakit, dan dapat juga membantu meningkatkan keseimbangan dan keharmonisan rumah tangga.
5. Memberi kebahagiaan, harapan dan optimisme.
6. Batu kuarsa juga digunakan untuk membantu menjalankan projek astral dan batu ini dipercayai mempunyai koneksi erat antara dimensi fisik dan dimensi pikiran.


Jenis batu-batuan lainnya antara lain:
Batu Garnet (Batu Biduri Delima) | Batu Amethyst (Batu Kecubung Kasihan) | Batu Aquamarine (Batu Biru Laut) | Batu Intan (Berlian) | Batu Zamrud | Batu Mutiara | Batu Mirah (Ruby) | Batu Peridot | Batu Safir | Batu Opal (Batu Kalimaya) | Batu Topaz (Batu Ratna Cempaka) | Batu Pirus (Turquoise) | Batu Giok | Batu Darah | Batu Biduri Bulan (Moonstone) | Batu Chrysoberyl | Batu Yakut (Zircon) | Batu Tourmaline | Batu Amber (Barnsteen) | Batu Spinel | Batu Jenis lain-lainnya.

10 comments:

  1. Saya ingin beli batu quartz dimana ya bisa dapetinnya ?
    let me know at http://im.ub.web.id

    ReplyDelete
  2. Saya memiliki 2 buah batu cristal kwarsa

    yg di temukan langsung oleh ayah saya

    di sebuah pesantren...

    awal ny batu ini berwarna seperti batu biasa

    setelah di asah untuk di jadikan kalung

    ternyata batu ini berubah warna menjadi bening

    bagaikan kristal kwarsa

    karena pada saat pembuatan kalun ini batu ny jatuh da n pecah menjadi 2 bagian...

    yg satu di buat kalung

    yg satu di buat cincin...

    cincin yg terbuat dari cristal kwarsa ini

    memang bisa menyembuhkan penyakit.....

    ReplyDelete
  3. pa ada manfaat batu kuarsa selain yang disebutkan di atas? yang tidak hanya berkisar seputar jimat atau semacamnya?

    ReplyDelete
  4. masih banyak sih tentunya manfaat batu kuarsa selain dalam segi magis atau metafisika (seperti yg sudah saya jelaskan diatas), batu kuarsa jg bisa digunakan utk masalah kesehatan maupun memperbaiki dan memperlancar saluran chi dalam dunia feng shui. Tiap warna dan tipe batu kuarsanya itu sendiri memberi manfaat yg berbeda, seperti clear quartz, smokey quartz, rose quartz dll.

    dalam segi kesehatan, pada umumnya batu kuarsa digunakan utk merangsang sistem kekebalan tubuh dan membawa tubuh ke dalam keseimbangan. Quartz juga dikenal efektif untuk mengatasi arthritis, kelelahan kronis, cedera tulang, fibromyalgia, depresi dan masalah usus.

    ReplyDelete
  5. Minta penjelasan donk tentang proses terbentuknya(genesa), asosiasi(keterdapatan) dari Kuarsa? makasih

    ReplyDelete
  6. Maaf mohon infonya, dimana bisa mendapatkan kristal kuarsa?

    ReplyDelete
  7. beli dimana batu kristal kuarsanya?

    ReplyDelete
  8. kalau ada batu kuarsa saya akan beli berapapun banyaknya, tolong imformasikan bagi yang tau,,,

    ReplyDelete
  9. eh plis beli dimana?

    ReplyDelete