Wednesday, September 23, 2009

Cara menggunakan Name Tags pada Picasa Web Albums

Sepertinya Picasa Web Albums milik sang Google ini telah berhasil membuat kagum para pengikutnya dengan mengeluarkan teknologi terbaru yaitu Name Tags (Face Recognition), suatu program yang mampu membaca, mendetek dan mengumpulkan semua foto foto anda di Picasa Web Albums yang terdapat wajah manusia. Semua wajah yang dipercayainya adalah orang yang sama akan dikumpulkan menjadi satu group dan akan terus mencari group yang lain. Sesudah berhasil mengumpulkan group tersebut dia akan meminta kita untuk memberi name tags (memberi nama) pada foto tersebut untuk mempermudah pencarian. Jadi misalkan kalau foto tersebut adalah foto ibu anda, dan anda memberi name tagsnya dengan nama “Ibu” maka name tag tersebut jika di klik maka semua foto foto yang terdapat ibu anda di dalamnya akan ditampilkan, jadi tidak usah cape cape meng-edit satu persatu lagi.

Cobalah fasilitas name tag tersebut, mungkin anda juga akan ikut tersenyum karena kagum. Mike Horowitz, manager Google untuk produk Picasa dan Picasa Web Albums menjelaskan bahwa salah satu cara kerja softwarenya yaitu memilih wajah mana yang kurang-lebih sama dengan mengukur berapa jauh jarak dari mata dan hidung dan dari hidung dan telinga.

Baiklah, jika anda ingin mencobanya cara caranya sebagai berikut:
  • Masuk ke akun Picasa Web Albums anda.
  • Klik Settings di atas kanan.
  • Klik Privacy and Permissions.
  • Centang kotak yang bertulisan “Use name tags to name people in my photos” dan setelah itu klik Save changes (selesai).
Setelah selesai Picasa Web Albums akan otomatis scan semua foto foto anda dan anda tinggal menekan tombol “Add name tags” yang telah disediakan di sidebar kanan.

Cara membuat name tags di Picasa Web AlbumsPicasa Web Albums kemudian membeberkan barisan barisan foto wajah yang dianggapnya orang yang sama dan meminta anda untuk memberi tiap barisan foto tersebut name tag.

Cara membuat name tags (Face Recognition)Kalau prosedur name tagging sudah selesai, cobalah untuk browse ke foto foto anda yang telah di name tag, pindahkan kursor mouse anda ke tiap foto orang tersebut dan namanya pun akan muncul.


No comments:

Post a Comment