Saturday, November 7, 2009

Asal usul HTML dan CSS

HTML digunakan untuk membuat struktur konten, sedangkan CSS digunakan untuk mem-format konten yang telah terstruktur.

Dahulu,ketika Tim Berners Lee menciptakan World Wide Web (www), hanya bahasa HTML yang digunakan untuk membuat struktur pada teks. Penulis menandai teks mereka dengan menyatakan “ini adalah headline” atau “ini adalah paragraph” dengan menggunakan tag html seperti <h1> dan <p>.


Seiring menanjaknya kepopularitasan Web, para designer mulai mencari cara untuk mengembangkan layout pada dokumen online. Untuk mengabulkan niatnya, para produser browser (waktu itu Netscape dan Microsoft) menciptakan tag html baru seperti <font> yang berbeda pada tag html asli atau original pada waktu itu untuk mendefinisikan tata letak dan bukan struktur.

Hal ini juga membawa situasi dimana struktur tag asli seperti <table> makin disalah-gunakan pada layout halaman web selain digunakan untuk membangun struktur pada teks. Banyak tag layout baru seperti <blink> hanya bisa berfungsi pada satu tipe browser. “Anda perlu browser X untuk melihat halaman ini” telah menjadi disclaimer umum pada situs web.

CSS akhirnya terciptakan untuk mengatasi semua masalah ini dengan menyediakan designer web dengan layout yang lebih canggih untuk semua jenis tipe browser. CSS juga dibuat untuk memungkinkan para developer untuk memisahkan konten dari design supaya html dapat melaksanakan tugasnya lebih leluasa. CSS pertama kali dikembangkan pada tahun 1997 tetapi tidak mendapat kepopularitasan sampai pada sekitar tahun 2000an ketika para web browser mulai menggunakannya lebih dari sekedar merubah basic font dan aspek warna pada CSS.

Dengan CSS anda juga dapat mengontrol layout pada banyak dokumen dari satu style sheet, artinya jika anda memiliki 100 halaman website yang menggunakan design layout dari satu style sheet, maka anda hanya perlu mengubah satu file CSS tersebut untuk mengubah seluruh 100 halaman itu. CSS juga dapat mengaplikasi layout berbeda untuk tipe-media yang berlainan seperti screen, print dll.



No comments:

Post a Comment