Sunday, November 15, 2009

Redirect menggunakan meta refresh tag

Meta refresh redirect adalah suatu cara untuk redirect (mengalihkan) pengunjung secara otomatis dari satu halaman web ke halaman web lainnya menggunakan tag meta http-equiv yang anda sisipkan di bagian header sebuah dokumen HTML.


Berikut cara menggunakannya:
  • Pertama- tama, buat folder dan namakan folder tersebut apa saja yang anda suka. Nama folder tersebut akan menjadi bagian link yang akan anda gunakan untuk redirect. Jadi jika nama folder tersebut “melati” maka link redirectnya akan menjadi www.domainanda.com/melati.
  • Selanjutnya buat file html (anda bisa menggunakan notepad) dan letakkan kode script dibawah ini dan simpan dalam bentuk index.html. Ganti tulisan “URL anda” dengan URL yang ingin anda redirect pada script tersebut. Simpan filenya ke dalam folder yang barusan anda buat.

    <html><head><meta http-equiv="refresh" content="0; url= URL anda"></head><body></body></html>
  • Upload folder tersebut ke account hosting anda dan selesai.
Untuk mengetestnya anda bisa ketik nama domain anda diikuti dengan nama folder tersebut pada address bar anda. Seperti ini: www.namadomainanda.com/namafolder dan anda akan otomatis dibawa menuju ke halaman yang anda redirect.

Salah satu kelemahan pada meta refresh ini adalah anda harus memisahkan setiap file untuk tiap pengalihan.
Metode ini tidak akan cloak link afiliasi anda pada address bar, cara ini hanya digunakan untuk sekedar pengalihan atau redirection.

Dengan menggunakan metode meta refresh redirect, yang dikerjakan tag ini sebenarnya adalah menyuruh browser anda untuk secara otomatis men-request halaman lain setelah beberapa detik kemudian. Perintah dari content=”” memberitahu browser anda berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeksekusi perintah refresh dan pengalihan. Namun bagi anda yang ingin menggunakan metode ini perlu berhati- hati karena banyak para pakar SEO mengatakan bahwa search engine tidak menyukai ini dan bisa berdampak buruk terhadap page rank dan halaman tersebut bisa di ban karena anda mengirim pengunjung ke halaman yang mereka tidak minta. Jika anda hendak men-redirect, anda bisa menggunakan redirect yang lebih search engine friendly, yaitu PHP redirect.




1 comment: