Saturday, August 1, 2009

Arti Dan Perbedaan Cc dan Bcc Pada Email

Jika anda sering menggunakan email untuk keperluan sehari-hari seperti saya, anda pasti sudah pernah melihat kolom To, Cc dan Bcc pada email anda walaupun tidak semuanya tau apa kegunaan dan perbedaan antara mereka. Awalnya saya juga tidak tau, saya lebih sering menggunakan kolom ‘To’ dan ‘Cc’, tetapi karena keseseringan saya menggunakan email akhirnya saya menemukan kondisi dimana saya memerlukan dan dapat mengetahui kegunaan fasilitas ‘Bcc’ pada email.

Baiklah disini saya akan menceritakan sedikit kegunaan dan perbedaan antara mereka;

To: Di kolom ini anda mengisi alamat tujuan utama anda.

Cc: Singkatan dari carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat email yang akan anda kirim, dan isi email yang dikirim berupa copyan dari email yang anda tujukan di kolom To. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com). Alamat-alamat yang anda tulis di kolom Cc akan muncul di setiap email yang anda kirim, jadi setiap penerima email bisa membaca dan mengetahui siapa saja yang anda kirimkan email tersebut.

Bcc: Singkatan dari blind carbon copy, di kolom ini anda dapat mengisi alamat-alamat yang akan anda kirim, hampir sama seperti Cc cuman jika melalui Bcc maka kolom To kita tidak perlu isi alias bisa dikosongkan dan semua alamat yang diisi di kolom Bcc tidak akan dipublikasikan alias di ‘hidden’ maka setiap penerima email anda tidak akan tau siapa saja yang anda kirim email tersebut. Jangan lupa jika alamat email yang anda tulis lebih dari satu maka pisahkan dengan tanda koma setelah itu spasi dan ketik alamat selanjutnya (contoh: tujuankesatu@yahoo.com, tujuankedua@gmail.com, tujuanketiga@hotmail.com).

(Yahoo), Jika alamat email tujuannya banyak anda bisa menggunakan fasilitas "insert addresses" maka akan lebih mudah dan tidak perlu ditulis satu-persatu. Setelah di klik link "insert address"nya yang terletak diatas kolom To maka buku alamat Yahoo pun muncul dan anda tinggal mencentang kontak yang mana saja yang ingin anda kirim.
(Gmail), Jika alamat email tujuannya banyak anda bisa menggunakan fasilitas "Contacts" maka akan lebih mudah dan tidak perlu ditulis satu-persatu. Setelah di klik link "Contacts"nya yang terletak di kiri halaman Gmail, maka buku alamat Gmail pun muncul dan anda tinggal mencentang kontak yang mana saja yang ingin anda kirim.

Tidak semua email akan muncul kolom Cc dan Bcc secara otomatis, pada email tertentu seperti gmail anda harus mengaktifkannya dengan mengklik tulisan "add Cc" atau "add Bcc", jika pada yahoo klik tulisan "show Bcc".

Cc dan Bcc pada Email

13 comments:

  1. makasih banyak ya, setelah liat keterangan ini ilmu saya jdi nambah saya jadi tau apa kegunaan cc dan Bcc... sekali lagi terima kasih banyak

    ReplyDelete
  2. makasih jg mba Dini, thx for visitting. hope u do like my other posts too :)

    ReplyDelete
  3. mas kalau saya kirim email lebih dari 100 koh selalu error, kenapa ya

    ReplyDelete
  4. yahoo tidak bisa mengirim lebih dari 100 email dalam sekali kirim dan dalam satu jam.
    nyicil aja mas hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gmail bisa gak?.. nyicil jugha boleh khan? kwkwkw :)

      Delete
  5. Makasihh banyak yah,, tapi kalo yahoo versi baru, new addressnya gak keliatan?!
    gimana dunk -_-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahoo versi baru bisa di klik di tombol cc dan bcc nya (sampink kolum). utk search address bisa klik di tombol tanda plus

      Delete
  6. Terimakasih banyak ... saya baru inget lagi

    ReplyDelete
  7. sangat mencerahkan ulasannya bagi para newblogger. salut.

    ReplyDelete
  8. Terimakasih infonya, saya tertarik dengan blog anda.
    http://yuan-martina.blogspot

    ReplyDelete
  9. wah menarik nih artikelnya, biar tau perbedaan cc dan bcc...

    ReplyDelete
  10. selama ini baru saya tau fungsi bc dan bcc, oke aya akan share ke teman2.
    terima kasih banyak, sukses saja !

    ReplyDelete
  11. jd intinya bedanya cuman sembunyiin email tujuan yah???

    ReplyDelete