Saturday, August 1, 2009

Bagaimana cara membuat kategori pada email

Bagaimana cara membuat kategori pada email atau mengedit kategori pada email.

Yahoo,
Jika kita bisa membuat kategori pada postingan di blog, di email kita juga bisa melakukan demikian.
Untuk membuat kategori pada buku alamat (address book) di email anda:
Buka Yahoo email anda dan setelah anda masuk pada halaman pertama klik tab “Contacts” yang berada di atas kiri. Setelah itu anda akan berada pada halaman Yahoo address book, di halaman itu klik “Add Category” dan isi nama kategori yang anda inginkan dalam kolom yang tersediakan, setelah selesai klik “SAVE”. Nama kategori yang baru saja anda buat akan disimpan dalam address book dan untuk mengeditnya anda bisa klik “View All Contacts” sebuah drop-down menu yang berada di kiri dan klik nama kategori anda yang telah dicantumkan disana.

Membuat kategori pada emailUntuk memasukkan nama atau alamat kontak ke dalam kategori:
Untuk memasukkan nama atau alamat kontak ke dalam kategori tentunya anda harus sudah memiliki atau membuat buku alamat (klik disini untuk mengetahui cara membuat buku alamat pada email). Setelah buku alamat atau address book sudah dibuat anda bisa akses ke dalam Yahoo address book tersebut dengan meng-klik "Contacts" pada halaman pertama email anda. Anda bisa conteng kotak disamping nama-nama kontak anda pada kolom yang berada di kiri (di halaman Yahoo address book), setelah itu klik “Add to Category” tulisan yang berwarna biru dan berposisi disebelah kanan dan pilih kategori mana yang akan anda masukkan pada pilihan drop-down menu yang disediakan. Jika sudah memilih, klik “DONE”. Semua pilihan daftar nama kontak anda akan berada di bawah kategori tersebut.

Memasukkan kontak ke dalam kategoriCara menghapus nama kontak dalam kategori:
Setelah anda berada di halaman Yahoo address book, pilih nama kontak yang akan dihapus dan centang kotak disampingnya, setelah itu klik tulisan delete (tulisan yang berwarna biru yang berada di kolom sebelah kanan).


Gmail,
Kategori pada Gmail disebut dengan Group, jadi kalau Yahoo menggunakan kategori Gmail menggunakan Group. Untuk membuat group juga amatlah mudah. Masuk ke akun Gmail anda, klik Contacts yang terletak di kiri halaman Gmail, sesudah itu klik tombol "New Group" sebuah tombol yang terdapat tanda plus dan gambar dua orang, tombolnya ada diatas kiri. Setelah di klik akan muncul kotak pop-up dengan kolom isian kosong yang harus anda isi untuk nama group baru anda.

cara membuat group di gmailKalau sudah selesai klik Ok, dan lain kali sewaktu anda hendak mengirim email anda tinggal ketik beberapa huruf depan nama group anda dan semua kontak dalam group tersebut akan otomatis muncul dalam list.

Untuk memasukkan kontak ke dalam group,
Untuk hal ini anda harus membuat buku alamat di Gmail terlebih dahulu. Langkah pertama anda masuk ke akun Gmail dulu, klik Contacts di kiri lalu pilih kontak mana saja yang akan anda masukkan ke dalam group yang anda inginkan dengan mencentang di kotak yang terletak disamping namanya, setelah itu klik Group dan pilih nama group anda yang akan anda masukkan kontak anda.


No comments:

Post a Comment