Sunday, September 20, 2009

Cara membuat alt tags dan title tags pada gambar

Setiap kali anda upload gambar anda di Blogger ada baiknya jika di tiap gambar tersebut dipasang ‘alt tag dan title tag’. Kedua tags ini gunanya untuk memberi-tahu search engine gambar apa yang anda letakkan di post melalui keyword (kata kunci) yang anda letakkan pada tags tersebut. Jadi jika anda menulis “mobil baruku” pada alt tags atau title tags gambar anda, maka search engine akan mempercayai kalau gambar yang anda pajang adalah gambar mobil baru anda. Kegunaan lain adalah jika gambar anda pada kondisi tertentu tidak dapat ditampilkan pada halaman post maka teks yang anda letakkan di alt tag dan title tag inilah yang akan ditampilkan. Selain itu dari segi SEO, keyword density atau jumlah kata kunci kita akan bertambah lagi. Title tag dipercayai lebih penting daripada alt tag (singkatan dari alternate tag atau image caption) karena pada browser tertentu tidak bisa membaca alt tags pada gambar (versi firefox tertentu).

Cara membuat alt tag dan title tag:
Setiap kali anda upload gambar di Blogger anda akan di kasih kode HTML-nya. Cara melihat kode-kode tersebut anda klik Edit HTML pada post editor anda dan sejumlah kode-kode HTML pun akan terlihat seperti ini:

Cara membuat alt tags dan title tagsTulisan yang saya highlight biru diatas adalah kode alt tag dan title tag. Isi atau letakkan teks anda di tengah-tengah tanda kutip, seperti ini:

alt="Cara meletakkan alt tags" title="Cara membuat title tags"

Kedua tags inilah yang nanti akan 'berbicara' pada search engine tentang gambar apa yang sedang dipasang. Usahakan juga agar nama file gambar anda diberi nama yang mengandung kata kunci anda (keywords). Untuk memaksimalkan SEO pada gambar anda bisa kirim gambar anda ke Social Bookmarking seperti Digg, Mixx.

Bagaimana untuk mengetahui jika kita telah berhasil membuat alt tags dan title tags?
Letakkan kursor mouse anda pada gambar tersebut, jika teks anda muncul setelah itu maka anda telah berhasil. Berikut contohnya:
Cara memasang alt tags dan title tagsUntuk meng-optimalkan SEO pada gambar anda, anda bisa tag dan aktifkan ‘public display’ gambar anda di Picasa Web Albums. Banyak para blogger yang tidak tau jika gambar atau foto yang mereka upload itu semuanya di simpan di Picasa Web Albums. Biasanya gambar gambar yang diupload ke Picasa Web Albums akan di ‘unlisted’ dan anda harus mengubahnya dulu. Anda bisa mempublikasi gambarnya dengan cara masuk ke album > Edit > album properties > pilih ‘public’ dan klik save. Anda juga bisa memberi label pada gambar di album untuk meningkatkan SEO.



14 comments:

  1. Wah mas aku uda coba tutorial mas.
    tapi waktu mos aku deketin ke gambarnya kok gak da tulisannya??

    ReplyDelete
  2. Coba tulis alt dan title-nya tanpa kata "tag" persis seperti yang saya contohkan diatas. tadinya ada tulisan tag, tapi sudah saya hapus. Smoga bisa :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Oke bos... akan coba saya terapkan di blog saya
    Thank....

    ReplyDelete
  5. niceinfo gan, tp janan lupa ya biar mantaps title dan alts tags sesuai keyword jadi biar ok

    ReplyDelete
  6. manpatz gan infonya, namun setelah itu jangan lupa keywordnya harus riset dulu biar mantap

    ReplyDelete