Apa Itu TCP / IP? – Protokol Jaringan Komunikasi Internet

TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) adalah bahasa komunikasi dasar atau protokol Internet. Hal ini juga dapat digunakan sebagai protokol komunikasi dalam jaringan pribadi (baik intranet atau extranet). Ketika di set-up untuk akses ke Internet, komputer Anda dilengkapi dengan salinan program TCP / IP seperti setiap komputer lain yang Anda kirim pesan atau mendapatkan informasi darinya juga memiliki salinan TCP / IP.

TCP / IP adalah sebuah dua-lapisan program. Lapisan yang lebih tinggi, Transmission Control Protocol, mengelola penyusunan pesan atau file ke dalam paket yang lebih kecil yang di-transmit melalui internet dan diterima oleh lapisan TCP yang kemudian menyusun ulang kembali ke pesan original. Lapisan bawah, Internet Protocol, menangani bagian alamat masing-masing paket sehingga mereka bisa sampai ke tujuan yang benar. Setiap gateway komputer dalam jaringan akan mengecek alamat tersebut dan mengirimnya ke tujuan.

TCP/IP menggunakan model komunikasi client/server di mana pengguna komputer (client) melakukan request/permintaan dan disediakan layanan (seperti mengirim halaman Web) oleh komputer lain (server) dalam jaringan. Komunikasi TCP/IP pada dasarnya point-to-point, artinya setiap komunikasi adalah dari satu titik (atau komputer host) dalam jaringan ke titik lain atau komputer host lainnya.

TCP/IP dan higher-level applications yang menggunakannya secara kolektif dikatakan "stateless" karena setiap request/permintaan klien dianggap permintaan baru yang tidak terkait dengan salah satu sebelumnya (tidak seperti percakapan telepon biasa yang memerlukan koneksi khusus untuk durasi panggilan). Menjadi stateless membebaskan jalur jaringan sehingga setiap orang dapat menggunakannya terus menerus. (Perlu diketahui bahwa lapisan TCP itu sendiri tidak stateless sejauh masih bersangkutan dengan satu pesan. Koneksinya akan tetap ada sampai semua paket dalam pesan telah diterima.)

Banyak pengguna internet yang familiar dengan higher layer application protocols yang menggunakan TCP / IP untuk mendapatkan ke Internet. Salah satunya termasuk Hypertext Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet (Telnet) yang memungkinkan Anda logon ke komputer remote, dan Simple Mail Transfer Protocol (SMTP). Ini dan protokol lainnya sering dikemas bersama dengan TCP/IP sebagai "suite."

Pengguna komputer pribadi dengan koneksi modem telepon analog ke Internet biasanya mendapatkan ke Internet melalui Serial Line Internet Protocol (SLIP) atau Point-to-Point Protocol (PPP). Protokol ini merangkum paket IP sehingga mereka dapat dikirim melalui dial-up koneksi telepon ke penyedia modem akses.

Protokol yang berhubungan dengan TCP/IP termasuk User Datagram Protocol (UDP), yang digunakan sebagai pengganti TCP untuk tujuan khusus. Protokol lain digunakan oleh jaringan komputer host untuk bertukar informasi router. Ini termasuk Internet Control Message Protocol (ICMP), Interior Gateway Protocol (IGP), Exterior Gateway Protocol (EGP), dan Border Gateway Protocol (BGP).

No comments:

Post a Comment