Apa Itu Sitelock Security & Codeguard Basic di Layanan Hosting

 Apa itu Keamanan Sitelock di Sebuah Hosting

Ketika Anda membeli domain dan hosting, anda bisa ditawari fitur Sitelock Security atau Keamanan Sitelock sebelum melunasi pembayaran, namun tidak sedikit yang tidak tahu apa fungsi fitur ini. Perlu diketahui bahwa beberapa hosting menambahkan beberapa fitur kepada pelanggannya di halaman-halaman pembayaran sehingga jika tidak diperhatikan anda akan tidak sengaja membeli fitur-fitur atau layanan tambahan yang kemungkinan anda sendiri tidak membutuhkannya. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda mengecek terlebih dahulu agar hal ini tidak terjadi. 

fitur layanan tambahan di hosting

Fitur Sitelock di sebuah hosting akan secara otomatis melakukan scanning pada situs web Anda untuk menyingkirkan segala malware atau apapun yang dianggap merugikan. Tidak hanya situs web, ini juga mencakup keamanan basis data dan jaringan.

Situs yang menyediakan layanan Sitelock ini diantaranya seperti Bluehost maupun Hostgator dan siapapun yang bekerja sama dengan Sitelock. Oleh karena itu beberapa hosting secara otomatis akan mencentang fitur ini di saat anda tiba di halaman pembayaran dan tentunya anda juga memilih untuk tidak menggunakannya dengan menghilangkan centang tersebut. 

Scanning akan dilakukan secara otomatis setiap hari, dan biasanya hanya satu kali sekali. Prosesnya tidaklah lama serta tidak akan mempengaruhi kinerja situs anda, dengan kata lain, situs anda tidak akan down selama proses scanning tersebut. 

Jika anda penasaran apakah Sitelock ini benar-benar bisa mencegah situs dari serangan, jawabannya iya. Namun tidak sedikit juga yang menganggap fitur ini tidak layak dicentang karena alat ini bekerja dengan cara yang sangat basic.

Jika Anda menggunakan WordPress, bahkan plugin gratis dapat melakukan semua pekerjaan ini, ada banyak di repositori WordPress. Selain itu, jika Anda seorang developer, Anda dapat dengan mudah memperbaiki semua masalah ini tanpa memerlukan plugin. Perlu diingat juga bahwa masalah malware dsb juga bisa dicegah jika anda menginstal sertifikat SSL yang disediakan secara gratis oleh beberapa hosting.

Codeguard Basic

Tambahan lain yang seringkali dicentangkan secara default dalam halaman pembayaran adalah codeguard basic. 

Codeguard basic adalah alat tambahan yang mencadangkan server domain Anda ke versi sebelumnya dengan memantau dan mendeteksi perubahan apa pun pada situs web Anda.

CodeGuard adalah langganan tambahan yang dapat Anda beli di hosting yang menyediakannya. Perlindungan ini termasuk memantau perubahan kode, mencadangkan dan memulihkan data, serta perlindungan dari serangan malware.

Cara kerjanya ialah jika ada perubahan, codeguard akan segera memberi tahu Anda. Kemudian Anda akan diberikan opsi untuk memulihkan atau mengembalikannya ke backup sebelumnya. 

Paket tambahan lainnya bisa termasuk Domain Privacy Protection, Yoast SEO Premium, Single Domain SSL, dan lain-lain sehingga anda perlu memperhatikan dan mengetahui apa saja fungsi dari tambahan tersebut. 

No comments:

Post a Comment