Apa Itu VPN & Cara Kerjanya Virtual Private Network

Mungkin anda pernah dengar tentang VPN sebelumnya, anda bahkan mungkin pernah menggunakan VPN sebelumnya, namun tahukah anda apa yang sebenarnya dilakukan VPN?



0:06 - VPN singkatan dari Virtual Private Network, yang pada dasarnya berarti bahwa dia memberi anda privasi berseluncur di internet. Awalnya VPN hanya digunakan pada setting bisnis di mana bisnis besar, organisasi, atau pemerintah ingin melindungi data mereka. Karena orang bekerja secara terpisah, dan ingin terhubung secara online mereka ingin menciptakan koneksi hubungan yang aman dan terlindungi, supaya mereka tercegah untuk mengalami resiko akan terkena hacking atau bahkan kehilangan data.

0:30 - akhir akhir ini VPN digunakan oleh semua orang, secara spesifik dikarenakan data lokasi anda dijamin dalam kondisi privat, dan data anda dienkripsi dan anda bisa menjelajah web secara anonim. Tapi gimana cara kerjanya?..

0:46 - ketika anda berkunjung ke suatu website seperti Facebook atau Twitter, anda mengetik nama domain, nama domain tersebut sebenarnya hanyalah sebuah nickname dari alamat IP website tersebut. Dan alamat IP tersebut bisa disamakan seperti alamat rumah anda, dan terdiri dari angka-angka dan bukan huruf.

1:00 - Selagi masih lebih gampang mengingat sebuah nama dibandingkan dengan sejumlah angka, kita memberi website nama domain dan server menerjemahkannya. Komputer anda juga memiliki alamat IP juga maupun semua perangkat yang terhubung ke internet.

1:12 - Ketika anda mengetik nama domain anda di browser, apakah anda menggunakan Chrome, Firefox, atau bahkan Internet Explorer, anda mengirimkan data ke internet sampai dia menuju sampai ke server. Server tersebut menerjemahkan datanya dan transfer balik ke website yang melakukan request tersebut.

1:27 - masalahnya adalah ketika anda mengirim data anda ke server, anda juga mengirimkan alamat IP anda bersama dengan banyak data lainnya - di sinilah peretas dapat mencegat informasi Anda.

1:37 - bayangkan jika anda duduk di kedai kopi menggunakan wifi umum dari handphone anda dan anda ingin mengecek akun bank anda. Orang lain dengan menggunakan laptop bisa secara mudah login ke dalam jaringan dan mencuri password dan email anda beserta informasi pribadi lainnya.

1:52 - tapi jika anda menggunakan VPN, mereka tidak bisa akses ke informasi tersebut. Website yang anda kunjungi juga bisa mengumpulkan informasi anda, tapi mereka cenderung melakukannya untuk mempelajari mengenai demografis. Biasanya hal ini bukanlah masalah tetapi kadang sebagian orang ingin identitas mereka sepenuhnya privat.

2:07 - jadi bagaimana VPN dapat melindungi privasi saya? Ketika anda mengirim informasi secara online, VPN menciptakan sebuah tunnel dan mengenkripsi semua informasi. Dengan cara ini jika seseorang mencuri datanya maka mereka tidak akan bisa membacanya. Tunnel tersebut juga membuatnya sulit untuk di hack tapi jangan tertipu, sebenarnya masih bisa di hack namun akan jauh lebih sulit.

2:25 - VPN juga menambahkan extra server. Kita tadi telah membicarakan tentang bagaimana anda mengirim data ke internet menuju sampai ke server, dan server anda merespon anda dengan sebuah website. Tapi dengan VPN, data anda akan sampai ke server VPN terlebih dahulu sebelum kemudian mereka akan memforwardnya ke website. Langkah extra ini sebenarnya membantu dalam banyak hal.

2:41 - pertama, alamat anda bisa dirubah, banyak website video streaming seperti Netflix dan Hulu mengandung konten yang ketat tergantung pada geolokasi anda. Misalkan anda ingin menonton video favorit anda di Netflix, tapi tidak ada di negara anda, anda mengirim informasi anda ke salah satu VPN yang berada di Amerika, kemudian net servernya akan mengirimnya ke website Netflix. Netflix berpikir bahwa anda sedang berada di Amerika dan anda dapat menonton videonya tanpa ada masalah.

3:12 - perubahan alamat juga bisa sangat membantu dalam hal booking hotel atau pesawat. Penelitian menunjukkan bahwa harga hotel dan pesawat berbeda tergantung di mana lokasi anda, dan VPN berpotensi membantu anda menghemat banyak uang.

3:23 - mari kita balik ke masalah privasi, ingat bahwa tadi saya menjelaskan bagaimana sebuah website bisa mengumpulkan informasi anda, dalam banyak kasus pemerintah sering meminta informasi ini dan menggunakan alamat IP anda untuk mengecek dimana lokasi anda.

3:35 - namun dengan VPN, informasi anda hanya mencapai di server VPN, mereka tidak bisa melacak alamat IP asli. Banyak VPN juga memiliki No Logs Policy, ini berarti bahwa mereka tidak merekam website apa saja yang anda kunjungi. Jadi jika pemerintah meminta VPN mengenai tracking logs anda maka hal ini akan sia sia.

No comments:

Post a Comment