Sunday, February 7, 2010

Apakah Manfaat dan Kegunaan Router - Apa itu Router Modem

apa kegunaan router
Router adalah alat yang dirancang khusus sebagai 'jembatan' antara modem dan komputer. Ukuran router biasanya kurang lebih sama seperti ukuran sebuah modem. Alat ini bertugas menerima informasi yang datang dari modem, menterjemah informasi tersebut dan mengantarnya ke komputer kita. Hardware ini juga memilih route terbaik untuk paket datanya supaya kita dapat menerima informasi tersebut dengan cepat.

Jika anda memiliki satu komputer di rumah, maka router tidaklah penting. Router digunakan apabila anda ingin sharing satu koneksi internet ke berbagai komputer di rumah.

Pada dasarnya router memiliki 2 tugas penting yang berbeda tetapi berhubungan:
1. Alat ini meyakinkan kalau informasi yang dikirim sampai pada tujuannya.
2. Alat ini juga memastikan bahwa informasi yang dikirim tidak menuju ke tempat yang tidak diperlukan. Ini penting supaya data dengan volume yang tinggi tidak 'membingungkan' atau 'memacetkan' koneksi.

Router yang digunakan dalam suatu jaringan juga dapat melakukan beberapa fungsi penting lainnya:
1. Berperan sebagai default gateway.
2. Mengantar (route) data antar jaringan.

Bagaimana Cara Akses ke Router Anda
apa itu manfaat router modem
Untuk masuk ke router, anda bisa buka browser dan ketik alamat router tersebut pada address bar lalu tekan Enter. Alamat router anda tergantung pada merknya. Merk yang umum dan default address mereka termasuk:
  • Linksys - http://192.168.1.1
  • Netgear - http://192.168.0.1.
  • D-Link - http://192.168.0.1
  • 3Com - http://192.168.1.1
  • Belkin - http://192.168.2.1
Kadang alamat default dan password default nya bisa dilihat pada label printing di routernya tapi jika tidak ditemukan anda bisa mencarinya di internet.

Karena router saya merk Linksys, sy kasih contoh cara akses ke router tersebut.
  • Ketik http://192.168.1.1/ (ini adalah alamat IP default router Linksys) pada address bar di browser anda dan tekan Enter. 
  • Setelah itu kotak Log-in akan muncul dan anda disuruh masukkan password dan username, password dan username tersebut adalah ‘admin’ untuk model Linksys router terbaru tapi untuk model yang lama passwordnya adalah admin dan usernamenya ‘blank’ alias kosong (tidak usah diisi).
  • Setelah masuk pada halaman Set-Up, anda bisa masukkan username dan password yang disediakan oleh ISP anda untuk mengakses Internet, kalau anda tidak tau informasi ini, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah menghubungi provider anda.
cara reset router linksys
Bagaimana Cara Reset Router
Kalau anda sudah pernah merubah password router anda dan lupa passwordnya, cara terakhir adalah mereset ulang router anda. Tapi sebelum melakukan itu, anda mungkin mau mencoba mencari default username dan password untuk merk router anda. Walaupun ini tidak sama pada tiap router tapi ada kemungkinan anda bisa akses ke router anda melalui cara ini.

Untuk melakukan reset pada router: kebanyakan router ada tombol kecil yang terletak di belakang router tersebut. Dengan menekan tombol kecil ini dan tahan sekitar 10 sampai 15 detik maka ini akan mereset ulang router tersebut.

No comments:

Post a Comment