Sunday, February 7, 2010

Cara Memasang/ Instal Router Pada Jaringan Internet

Beikut cara basic untuk melakukan set up pada router broadband dalam jaringan komputer rumah. Nama tertera untuk setting konfigurasi berbeda-beda pada tiap model router namun langkah-langkah ini pada umumnya sama. 
  • Pilih lokasi yang cocok untuk memulai instalasi router Anda seperti dinding/ ruang lantai terbuka atau meja. Lokasi ini tidak perlu harus permanen: Wireless router lokasinya sebaiknya dapat menjangkau dengan mudah ke seluruh perangkat nirkabel.
  • Colok ke listrik dan nyalakan routernya dengan menekan tombol power.
  • Hubungkan modem internet Anda ke router. Modem jaringan umumnya terhubung melalui kabel Ethernet namun koneksi via USB telah menjadi semakin populer. Kabel tersebut dihubungkan ke jack router yang bernama WAN atau uplink atau Internet. Saat menghubungkan perangkat dengan kabel jaringan, pastikan masing-masing ujung kabel terhubung erat: kabel yang longgar atau tidak terpasang secara benar merupakan salah satu kesalahan paling umum dari setup jaringan internet. Setelah menghubungkan kabel, lakukan power cycle atau memati-hidupkan power router secara berulang untuk memastikan modem dan router saling mendetek keberadaannya.
  • Hubungkan satu komputer ke router melalui kabel jaringan.
cara memasang router
  • Buka konsol administrasi router. Dari komputer yang terhubung ke router, buka browser Web lalu masukkan alamat router untuk mengakses ke administrasi jaringan kemudian tekan return untuk mencapai halaman utama router. Biasanya alamat untuk masuk ke router adalah "http://192.168.1.1" atau "http://192.168.0.1" Konsultasikan mengenai dokumentasi router Anda untuk menentukan alamat yang benar untuk model yang anda miliki. Ingat, Anda tidak perlu koneksi internet untuk langkah ini.
  • Halaman utama router biasanya akan meminta username dan password anda agar bisa masuk. Keduanya tersedia dalam dokumentasi router. Anda sebaiknya mengubah password router demi keamanan tapi lakukan ini setelah selesai instalasi untuk menghindari komplikasi yang tidak diinginkan saat konfigurasi awal.
  • Jika Anda ingin router Anda untuk terhubung ke Internet, masukkan informasi koneksi internet ke dalam bagian konfigurasi router (lokasinya bervariasi dari model ke model). Misalnya, mereka yang menggunakan Internet DSL biasanya harus memasuki PPPoE (Point To Point Protocol over Ethernet) username dan password setting ke router. Demikian juga, jika Anda meminta atau diberikan alamat IP statis, maka pengaturan/ settingan untuk IP statis (termasuk network mask dan alamat gateway) yg disediakan oleh ISP harus disetting juga di router.
  • Beberapa penyedia Internet mengotentikasi pelanggan mereka dengan MAC address. Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan router jaringan atau perangkat gateway lainnya untuk terhubung ke Internet, ISP Anda mungkin akan melacak alamat MAC dan mencegah Anda untuk online dengan router yang baru. Jika layanan Internet Anda memiliki pembatasan ini, Anda dapat (melalui konsol administrator) memperbarui alamat MAC router anda dengan alamat MAC perangkat yang Anda gunakan sebelumnya.
  • Pertimbangkan untuk mengubah nama jaringan router nirkabel (yang sering disebut SSID). Router yang diproduksi dari produsen memiliki nama default yang telah ditentukan, anda bisa mengubahnya.
  • Cek koneksi jaringan lokal antara komputer Anda dengan router. Untuk melakukan ini, periksa bahwa komputer anda telah dapat menerima informasi alamat IP yang valid dari router.

No comments:

Post a Comment