Tuesday, April 27, 2010

Apa Itu Drawer, Dock, Widget, Status Bar Pada Perangkat Android

Jika sering menggonta ganti launcher android atau aplikasi lainnya seputar desktop, homescreen, shortcut icon dsb pasti terdapat istilah-istilah yang kadang tidak dimengerti. Berikut beberapa istilah yang sering terlihat ketika mencari tau informasi seputar aplikasi tersebut.

Drawer

Drawer atau kadang disebut juga dengan tray. Drawer aplikasi merupakan kumpulan aplikasi dan widget yang terinstal di hp. Anda bisa menuju ke drawer dengan menekan tombol Launcher, yaitu tombol yang ditandai dengan kotak-kotak kecil di dalamnya seperti gambar di bawah ini:

Semua aplikasi (app) yang terinstal pada perangkat Android Anda muncul di drawer Aplikasi. Meskipun Anda mungkin menemukan beberapa icon atau shortcut aplikasi di layar Utama, Anda membuka drawer Aplikasi untuk menemukan semuanya. Di drawer, Anda dapat melihat semua aplikasi Anda dengan menggulir/scrolling ke kanan atau ke kiri (atau ke bawah/atas di beberapa perangkat tertentu) dengan cara yang sama seperti Anda menggulir di layar utama Anda. Untuk memulai aplikasi, cukup ketuk ikonnya.
apa itu drawer dan dock android

Widget

Widget adalah mini app, atau ekstensi aplikasi yang merupakan bagian dari aplikasi yang lebih besar yang terinstal di perangkat. Widget memungkinkan anda untuk memperoleh infomasi lebih cepat tanpa harus masuk ke aplikasi utama nya. Widget pada android tidak sama dengan yang namanya shortcut. Shortcut berfungsi untuk membawa anda menuju ke aplikasi utamanya.

Contoh dari sebuah widget adalah widget kalender yang terus menunjukkan tanggal yang terupdate tanpa anda harus akses ke aplikasi utamanya. Contoh lain adalah widget cuaca, jam, dan sticky note widget, sebuah note yang bisa digunakan untuk menulis pesan atau catatan penting. Widget biasanya lebih besar atau memakan lebih banyak tempat di homescreen dibandingkan dengan shortcut.

apa itu widget android komputer

Dock

Dock merupakan bagian bawah layar tempat di mana icon-icon aplikasi (yang biasanya paling sering digunakan) ditempatkan disitu. Jika anda menggulir layar homescreen ke kanan dan ke kiri, ikon ikon di bagian dock tidak ikut menggulir.

posisi dock notification bar perangkat hp

Portrait & Landscape

Jika sering mengambil gambar atau foto pake android kadang juga terdengar istilah portrait dan landscape. Pertama, istilah tersebut mengacu pada jenis gambar, landscape adalah gambar pemandangan seperti pegunungan, pantai dsb sedangkan portrait adalah gambar orang. Kedua, istilah tersebut juga mengacu pada orientasi, landscape adalah sebuah gambar yang ukuran lebarnya melebihi ukuran tingginya, sedangkan portrait merupakan gambar yang ukuran tingginya lebih besar daripada ukuran lebarnya.

perbedaan landscape dan portrait gambar foto

Status Bar

Status bar pada android disebut juga dengan Notification bar, terletak di atas home screen. Untuk tablet status bar berada di bawah kanan.

apa itu status bar perangkat android

Action Bar

Action bar, atau disebut juga dengan application bar (app bar) adalah bar yang terletak di bagian atas layar ketika sebuah aplikasi dibuka. Bar ini biasanya memperlihatkan design yang sama pada tiap halaman aplikasi ketika dijalankan dan mengandung instruksi atau navigasi yang secara mudah dapat membuat para pengguna mengerti cara mengoperasikan aplikasi. Action bar ini sekarang telah dikembangkan menjadi lebih modern atau terkini dan dinamakan Toolbar.

apa itu action bar toolbar ponsel

No comments:

Post a Comment