Mana Lebih Kencang Quadcore Atau Octacore

 Saat ini smartphone atau ponsel pintar dilengkapi dengan banyak istilah seperti Quadcore, Octacore ataupun Hexacore. Kecepatannya masing masing pun tentunya berlainan, ada yang 1.2 Ghz, ada yang 1.4 Ghz dan ada juga yang 2.0 Ghz.

Jika anda yang masih bingung apa arti semua istilah tersebut disini coba dijelaskan agar bisa dimengerti. Jika tertulis 2.0 Ghz pada Prosesor Octacore ini artinya dalam processor tersebut mengandung 8 inti Processor yang kecepatan maksimalnya 2.0 Ghz. 

Prosesor Quad-Core adalah sistem pemrosesan yang memiliki empat inti sehingga mampu melakukan sejumlah tugas pada saat yang sama. 

Prosesor Octa-core adalah sistem pemrosesan yang memiliki delapan inti yang disusun dalam dua set empat inti, masing-masing inti dapat melakukan pekerjaan seperti sistem pemrosesan quad-core.

apakah octacore lebih kencang

Jangan Salah

Namun perlu diketahui bahwa prosesor octa-core belum tentu lebih kencang jika dibandingkan dengan quad-core. Sama saja seperti kamera - dilengkapi dengan resolusi lebih besar tidak selalu menghasilkan foto yang lebih baik. 

Tanpa adanya dukungan multi-threading, tambahan core baru tidaklah berguna. Core yang banyak akan dinilai lebih baik jika software yang dipakai bisa memanfaatkan semua core tersebut. Beberapa game dibuat dan dioptimalkan agar bisa memakai beberapa core demi menghasilkan performa yang lebih baik, namun tidak semua game maupun software bisa memakai/ memanfaatkan core yang banyak tersebut. 

Nyatanya banyak aplikasi yang kita gunakan hanya bisa memanfaatkan satu atau dua core saja. Meski demikian, semua core sering diaktifkan oleh si prosesor sehingga akan justru memboroskan batere HP. 

No comments:

Post a Comment