Cara Membackup Pesan Whatsapp ke Komputer & SD Card

WhatsApp saat ini adalah salah satu aplikasi chating paling populer di dunia. Bagaimana tidak, jutaan orang berbagi pesan, video, dan foto melalui platform WhatsApp setiap harinya. Namun, bukan tidak mungkin orang-orang ini dapat memutuskan untuk mengganti perangkatnya kapan saja. Apakah ini berarti mereka kehilangan riwayat WhatsApp mereka termasuk daftar kontak mereka dan pesan yang dibagikan dari waktu ke waktu? Jika ini masalahnya, tidak ada yang berani mengganti perangkat.

cara backup data pesan whatsapp

Untungnya ada cara untuk mentransfer pesan WhatsApp dan lampirannya dari satu perangkat ke perangkat lain. Jika Anda berencana untuk mengganti perangkat, artikel ini bisa sangat membantu. Kami akan menjelaskan tiga cara paling efektif untuk mentransfer data WhatsApp ke perangkat baru.

Di versi baru WhatsApp, Anda dapat melakukan backup/ pencadangan otomatis terhadap riwayat obrolan WhatsApp Anda ke Google Drive. Artinya, saat Anda ingin mentransfer obrolan WhatsApp ke perangkat baru, yang harus Anda lakukan hanyalah melakukan restore/ memulihkan cadangan ini.

Di sini Anda dapat membackup obrolan Anda secara manual atau mengubahnya menjadi otomatis. Dengan data backup ini, Anda dapat dengan mudah mentransfernya ke perangkat baru. Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk memindahkan backup yang telah Anda buat ke perangkat baru.

  • Langkah 1. Hubungkan ponsel ke komputer Anda menggunakan kabel USB dan kemudian temukan folder WhatsApp / Database di memori internal perangkat. Folder ini berisi semua backup di perangkat Anda dan akan terlihat seperti ini "msgstore-2013-05-29.db.cryp". Pilih yang terbaru berdasarkan tanggal dan salin.

  • Langkah 2. Instal WhatsApp di perangkat baru tetapi jangan jalanin dulu. Hubungkan perangkat baru ke PC Anda menggunakan kabel USB dan Anda akan melihat bahwa folder WhatsApp / Database sudah ada di hp setelah Anda menginstal aplikasi. Jika tidak ada, Anda dapat membuatnya secara manual.

  • Langkah 3. Salin file backup dari perangkat lama ke folder baru ini dan ketika Anda menjalankan WhatsApp di telepon baru dan memverifikasi nomor telepon Anda, Anda akan melihat pemberitahuan bahwa backup telah ditemukan. Klik "Restore/ Pulihkan" dan semua pesan Anda akan otomatis muncul di perangkat baru Anda.

Kemungkinan besar perangkat Android Anda juga dapat menyimpan backup WhatsApp ke Memori atau kartu SD Anda. Jika demikian, ikuti langkah-langkah sederhana berikut ini untuk mentransfer data ke perangkat baru.

cara menyimpan cadangan whatsapp

  • Langkah 1. Jika data backup disimpan di kartu mikro eksternal, keluarkan dari perangkat dan tempatkan di perangkat baru.

  • Langkah 2. Pada perangkat baru, instal WhatsApp dan Anda akan diminta untuk memulihkan atau melakukan restore backup. Klik "Pulihkan" dan tunggu prosesnya selesai. Semua pesan Anda sekarang seharusnya sudah ada di perangkat baru Anda.

Bagi mereka dengan perangkat yang memiliki kartu SD internal seperti beberapa Perangkat Samsung, ikuti langkah-langkah sederhana ini.

  • Langkah 1. Mulailah dengan melakukan backup obrolan/ chatting Anda. Buka Setting> Chats and Calls > Back up Chats.

  • Kemudian hubungkan telepon ke PC Anda dan cari file backup dan salin ke perangkat baru seperti yang kita lakukan di Bagian 2 di atas.

    Harap diingat bahwa Anda harus menggunakan nomor telepon yang sama di WhatsApp yang Anda miliki saat membuat backup chatting agar proses ini berfungsi.

No comments:

Post a Comment