Perbedaan Antara Facebook & Facebook Lite

bedanya facebook lite dengan biasa
Baik itu Twitter, Facebook, LinkedIn atau Google, mereka semua memiliki versi ringan dari aplikasi-aplikasi mereka. Versi ringan ini biasanya disebut sebagai aplikasi Lite atau Go apps pada Google. Facebook Lite adalah aplikasi Android yang dirancang untuk koneksi berkecepatan rendah dan ponsel dengan spesifikasi rendah. Sudah tersedia di luar AS selama beberapa tahun, dan sekarang sudah tersedia di AS. Berikut adalah perbedaan antara itu dan aplikasi Facebook asli.

Aplikasi utama Facebook berbobot 57 MB di Motorola Moto E4; Facebook Lite hanya 1,59 MB — itu berarti menghemat ruang sekitar 96,5% lebih. Facebook Lite dirancang untuk menggunakan lebih sedikit RAM dan daya CPU, sehingga ponsel Anda akan mendapatkan kinerja yang lebih lancar pada ponsel yang lebih murah dengan specs yang kurang memadai. Facebook Lite bahkan berfungsi pada ponsel lama yang tidak lagi didukung oleh aplikasi biasa. Jika Anda ingin memeriksanya, Anda dapat mengambil Facebook Lite dari Play store.

Aplikasi FB Lite memiliki teks dan ikon yang lebih kecil. Aplikasi sederhana ini tidak memiliki animasi, grafik yang berat, dan fitur fitur mewah yang ada di aplikasi standar. Berkat semua ini, aplikasi Lite terasa sangat rapi dan bagus. Berkat optimalisasi, Lite memuat lebih cepat daripada aplikasi Facebook standar. Namun, tidak seperti versi standar, di mana Anda mengetuk sebuah menu atau tombol maka kemudian fiturnya akan segera muncul, Anda harus menunggu beberapa saat pada versi Lite.

Selain menggunakan sumber daya sistem yang lebih sedikit, Facebook Lite benar-benar dirancang untuk bekerja pada koneksi internet yang lambat atau tidak stabil seperti jaringan 2G atau di daerah pedesaan dengan sinyal buruk. Untuk melakukan ini, ia menggunakan lebih sedikit data dengan tidak mengunduh gambar resolusi tinggi atau memutar video secara otomatis.

Yang mengejutkan, Facebook Lite hampir sepenuhnya memiliki fitur seperti aplikasi Facebook biasa. Anda masih dapat melakukan like dan mengomentari posting teman Anda, mengunjungi profil mereka, memposting ke Timeline Anda sendiri, dan melakukan segala hal yang biasanya Anda lakukan.

Bahkan dengan semua fitur yang ada, perbedaan yang akan Anda perhatikan dengan Facebook Lite adalah antarmuka yang sepenuhnya dilucuti dengan tombol yang lebih besar, begitu juga elemen lainnya. Rasanya cukup kuno, tetapi fungsional. Pada ponsel dengan layar yang lebih kecil, elemen UI yang lebih besar pasti merupakan nilai tambah.

Selain itu, Facebook Lite tidak memuat foto seperti yang dilakukan Facebook biasa. Lite akan mengunduh versi foto beresolusi rendah yang dapat Anda lihat di timeline Anda, dan jika Anda meng-kliknya, maka dia akan mengunduh versi resolusi yang lebih tinggi. Demikian juga, saat mengunggah foto, gambar akan dikompresi dan dikirim di latar belakang sehingga pengguna tidak perlu menatap layar pengunggahan selama beberapa waktu.

No comments:

Post a Comment