Apa Bedanya Facebook Ads & Boosted Post

Jika Anda memiliki halaman Facebook, Anda mungkin menyadari bahwa postingan Anda sepertinya tidak lagi menjangkau pengikut Anda seperti dulu kala. Jika Anda share atau membagikan sesuatu di halaman Facebook Anda, mungkin hanya 1-5% dari orang-orang yang menyukai halaman Anda akan melihat pembaruan Anda (jumlah pastinya tergantung pada jumlah pengikut Anda dan viralitas konten Anda dan merupakan rahasia besar Facebook), kecuali Anda mengiklan atau melakukan boost post yang tentunya harus membayar sejumlah uang – inilah cara Facebook menghasilkan uang.

Ketika Anda mengklik "Boost Post", Anda memiliki opsi untuk menargetkan "Orang-orang yang menyukai halaman Anda dan teman-teman mereka" atau "Orang yang Anda pilih melalui penargetan." Anda juga akan dapat mengatur anggaran Anda.

Masalah dengan memilih opsi pertama - Orang-orang yang menyukai halaman Anda dan teman-teman mereka - adalah bahwa teman-teman penggemar Anda mungkin tidak tertarik dengan bisnis Anda dan Anda mungkin hanya akan membuang-buang uang dengan mengiklan postingan Anda kepada mereka. Jika Anda hanya ingin menjangkau orang yang menyukai halaman Anda, lebih baik membuat iklan untuk itu (lebih banyak opsi penargetan, ingat?).

Jika tujuan Anda adalah mengarahkan trafik tertarget menuju situs web Anda, pilih opsi kedua - Orang yang Anda pilih melalui penargetan. Opsi penargetan memungkinkan Anda memilih orang yang ingin Anda jangkau, serta lokasi, usia, dan jenis kelamin.

Facebook ads menawarkan lebih banyak opsi bagi pengiklan daripada boost post dan jenis iklan yang akan ditayangkan bergantung pada apa tujuan kampanye Anda. Opsi ini mencakup likes, klik ke situs web, pemasangan aplikasi, app engagement, konversi situs web, event responses, klaim penawaran, tayangan video & kesadaran lokal.
Anda juga dapat memutuskan apakah akan menjalankan iklan di umpan berita Facebook atau news feed (desktop dan / atau seluler), di jaringan display atau di Instagram.
Disini anda mempunyai pilihan tujuan yang lebih banyak (saat ini ada 11). Dalam facebook ads, Saya telah menyoroti tiga opsi yang fungsinya  serupa dengan opsi pada boosted post di bawah ini:

Opsi penargetan yang ada di Boost juga ada di Ads namun Ads memiliki banyak opsi tambahan seperti berikut ini:
  • Anda dapat memasukkan atau mengecualikan audiens tertentu (jadi tidak terbatas pada settingan audiens yang tersimpan di Boosted Post).
  • Anda memperoleh opsi penempatan tambahan (Story Instagram, umpan berita, kolom sebelah kanan, Messenger, jaringan audiens, dll).
  • Anda mendapatkan opsi untuk jenis perangkat seluler dan hanya menampilkan iklan ketika terhubung ke wi-fi.
  • Anda juga dapat memilih untuk ditagih berdasarkan tayangan atau dengan klik tautan (ini bisa menjadi opsi yang berguna).

Dengan facebook ads anda juga bisa membuat iklan dari link atau copy yang sama dari Boost Post atau Promoted Post.
Ini mirip dengan metode Promoted Post namun disini anda memilih ‘Use Existing Post’ daripada 'Create Ad'.
Tidak akan ada trafik organik untuk konten ini, tetapi Anda mendapatkan opsi tambahan termasuk Judul, Tautan Display, dan Deskripsi Tautan Umpan Berita yang tidak tersedia dalam Boost Post atau Promoted Post (yang di mana Anda harus menerima metadata apa pun yang dapat ditarik oleh Facebook dari situs web Anda dalam hal posting tautan).

tips facebook ads boosted post



No comments:

Post a Comment