Kode PIN (Personal Identification Number) diciptakan untuk melindungi SIM card dari pengguna yang tidak sah. Kode PIN yang terdiri dari 4 – 8 digit angka ini biasanya diminta ketika handphone dihidupkan atau di restart. Jika anda salah memasukkan no pin sebanyak 3 kali, maka kartu anda akan secara otomatis terblokir.
Untuk mengaktifkannya juga mudah, tinggal masuk ke Menu - pilih pengamanan - lalu aktifkan (beda model hp beda cara atau tampilan menu). Anda biasanya akan diminta untuk memasukkan pin yang telah diberikan oleh provider anda sebelum akhirnya dapat merubah ke no pin yang anda inginkan.
Kode PUK (Personal Unblocking Key) dan PIN biasanya diberikan bersama Kartu SIM, namun ada juga beberapa operator yg tidak memberikan kode PUK ini dalam kartu perdana mereka. Contohnya, untuk Indosat bisa ditemukan pada SP (starter pack) nya, coba di lihat pada kartu perdananya, gosok dengan coin kemudian akan tampil no puk nya.
Kode PUK diperlukan untuk membuka kode PIN yang telah terblokir. Jika pUK yang salah dimasukkan sepuluh kali berturut-turut, maka sim card akan terblokir secara permanen.
Jika no pin sudah terlanjur terblokir, salah satu solusinya adalah memasukkan nomor PUK, anda bisa menanyakan no puk ini ke customer service dan apabila ditanyakan ICCID bacakan saja nomor yang terdapat di belakang SIM card anda.
Cara lainnya adalah mengganti kartu. Ganti kartu dapat dilakukan di gerai provider masing masing, cukup hanya dengan membawa KTP atau kartu identitas lainnya. Kartu barunya nanti baru akan bisa digunakan sekitar 1 jam setelah penggantian kartu.
Bagi yang sedang mencari nomor call center operator providernya masing masing:
Telkomsel
Via ponsel dan telpon rumah (PSTN): 08071811811, 021-21899811.
Via kartu Simpati dan AS: 155 (layanan informasi pelanggan – free) dan 188 (Contact center rp400/panggilan).
Via kartu HALO: 133
Cek pulsa: kartu simpati, Halo dan AS: *888#
Cek pemakaian terakhir: *887#
Cek bonus: *889#
Website: www.telkomsel.com
XL
Telepon: 021-57959817
XL Prabayar: 817 (Customer service, rp600/panggiIan)
XL Pasca Bayar
Xplore: 817 (free)
Cek pulsa
XL Prabayar: *123#
Xplor: *108# (check batas pemakaian)
Website: www.xl.co.id
Indosat
Via PSTN: 021-54388888, 021-30111111 atau 021-30003000
Via Mentari: 222 (free)
Via Matrix / Star One: 111 (free)
Customer service: 100 (rp 400/panggilan)
Cek pulsa: *388# (IM3), *555# (Mentari)
Website: www.indosat.com
Flexi
Call Center : 147
Cek Pulsa : *99 atau *99#
Website : www.telkomflexi.com
Esia
Call Center : *999 atau call *990
Website: www.myesia.com
Axis
Customer Service Axis: 838 atau 08388000838
Cek Bonus : *889#
Cek Pulsa : *888#
Cek Pemakaian Terakhir: *887#
Website : www.axisworld.co.id
3 (Tri/Three)
Customer service: 200 (3 Pra bayar 300/call), 100 (Pasca bayar)
Cek Pulsa : *111*1#
Website : www.three.co.id
Smartfren
08811223344 atau 021-50100000
Call Center : 888
Cek Pulsa : 999
Website : www.smartfren.com
hp smartfren ke lock minta puk dan pin baru supaya bisa dipakai lagi hpnya gimana caranya ?
ReplyDeletehp smartfren ke lock minta puk dan pin baru supaya bisa dipakai lagi hpnya gimana caranya ?
Deletekode puk sama aktivitas kode hilang minta yg baru biar bisa verifikasi lagi
ReplyDeleteMohon bantuan kode puk sy no hp= 081253569634
ReplyDeleteMohon bantuan no puk sy no hp= 081253569634
ReplyDeleteMohon bantuan kode puk sy no hp= 088214295287
ReplyDeleteKlo udh dpt no puk nya
ReplyDeletegmna regestrasinya??
Saya kehilangan kode puk,mohon di bantu kirimin
ReplyDeleteNo ph:088211493370
Mohon bantuan dari axis no puk sya
ReplyDeleteNo hp 083831361131 tolong diperjelas
Aq minta toleransinya kpd AXIS...thanks