Apa Itu & Cara Menggunakan Google Sites

Google Sites adalah alat pembuatan halaman web dan wiki terstruktur yang ditawarkan oleh Google. Sasaran Google Sites yang dideklarasikan adalah agar siapa saja dapat membuat situs web sederhana yang mendukung kolaborasi antara editor yang berbeda. Google sites dibuat sebagai pengganti dari Google Page Creator, dan setelah pengguna mendaftarnya maka alamat situsnya akan memiliki URL http://sites.google.com/site/username. 

Aplikasi ini awalnya dinamakan jotSpot, nama yang sama seperti perusahaan pembuatnya. Produk ini ditargetkan terutama bagi bisnis skala kecil dan menengah. Perusahaan ini didirikan oleh Joe Kraus dan Graham Spencer, salah satu pendiri Excite. JotSpot diakuisisi oleh Google pada Oktober 2006.

apa itu google sites

Para pengguna bisa bekerja sama dalam situs ini seperti menambahkan berkas file lampiran, data atau informasi dari aplikasi Google lainnya (misalkan Youtube, Google Calendar, Google Docs) dan konten baru yang bebas bentuk. Mudahnya membuat situs bersama-sama seperti mengedit dokumen, selain itu pengguna bisa memegang kendali siapa saja yang boleh akses, apakah itu berupa tim atau hanya sendiri atau seluruh organisasi. Bahkan pengguna disini dapat menayangkan situs untuk dunia. 

Google Sites memungkinkan Anda membuat situs web tanpa harus tahu cara membuat coding. Produk ini termasuk dalam kategori Collaborative di G Suite, yang berarti bahwa Anda juga dapat melibatkan pengguna Google lain dalam proses pembuatan situs web, yang membuatnya begitu menarik sekaligus menjadi alat yang sangat bermanfaat bagi para pekerja tim.

Fitur apa saja yang dimiliki Google Sites

Seperti platform lain seperti WordPress.com dan Tumblr, Google Sites memiliki fitur pembuat situs yang memudahkan dan intuitif untuk mendesain situs sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat menambahkan "gadget" seperti kalender, peta, spreadsheet, presentasi, dan lainnya untuk membuat situs Anda lebih menarik di mata pengunjung. Pilih tema dan sesuaikan dengan cara apa pun yang Anda inginkan untuk situs anda agar terlihat profesional.

Jika Anda belum memiliki Akun Google, Anda akan diminta untuk membuatnya sebelum Anda dapat menggunakan Situs Google Anda. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan ditanya apakah ingin menggunakan domain Anda sendiri yang Anda beli dari registrar domain. Jika Anda tidak memilikinya, Anda akan diberi kesempatan untuk membelinya sebelum melanjutkan.

Cara menggunakan Google Sites

Judul dan Banner

Pertama, bikin judul di sudut kiri atas editor — itulah nama yang akan Anda lihat di dalam aplikasi Google Sites saat Anda mengedit situs Anda. Google akan menyalinnya ke pojok atas situs web Anda juga, tetapi Anda dapat mengeditnya lagi jika Anda ingin memberi situs Anda nama publik ataupun pribadi yang berbeda.

Kemudian, masukkan pesan selamat datang di spanduk atas atau tulisan apapun yang anda inginkan — atau hapus teks jika Anda tidak ingin menyertakan teks apa pun. Klik spanduknya (banner), dan Anda dapat memilih gambar baru untuk latar belakang nya atau mengunggah gambar Anda sendiri kesitu. Anda juga dapat memilih spanduk yang lebih besar atau hanya ingin tampilkan judulnya saja.

Ingin mengubah tampilan judul? Bisa, klik teks nya atau klik tepi kotak teks, dan Anda dapat mengubah jenis judul atau perataan teks, atau memasukkan link ke situs lain. Arahkan mouse Anda ke dekat bagian atas kotak, dan Anda juga dapat menyeret tajuk ke sisi kanan atau kiri spanduk — meskipun teks akan selalu berada di tengah antara bagian atas dan bawah halaman Anda.

Atau, Anda dapat menambahkan gambar lain ke spanduk Anda, seperti logo perusahaan. Cukup klik dua kali di mana saja dalam spanduk, dan menu lingkaran tersembunyi akan terbuka. Pilih apa yang ingin Anda tambahkan: Teks memungkinkan Anda menambahkan teks kembali ke spanduk jika Anda menghapusnya, Gambar memungkinkan Anda menambahkan foto dari Google Drive, dan Unggah memungkinkan Anda mengunggah foto baru.

Sementara ini hanya ada satu kekurangan: Setiap elemen di header masih diletakkan di tengah, sehingga Anda tidak dapat memindahkan logo ke pojok kiri atas atau menambahkan teks di bagian bawah spanduk.

Artikel dan konten lainnya

Sekarang Anda dapat memasukkan artikel atau konten apapun yang Anda inginkan ke halaman Anda. Dari menu Insert yang berada di sebelah kanan, Anda dapat memilih teks atau gambar untuk dimasukkan ke halaman anda, atau menyematkan tautan dari situs lain. 

Google Sites memungkinkan Anda mengubah ukuran dan memotong gambar, dan editor teksnya memungkinkan Anda memformat teks dengan cepat menggunakan pintasan keyboard standar atau melalui popup menu yang muncul saat Anda memilih teks. 

Anda juga bisa menambahkan judul dan subpos dari menu editor, atau jika Anda ingin berbagi kode (mungkin dalam tutorial tentang menulis HTML), klik tombol 3 titik di sebelah kanan untuk menambahkan gaya kode monospaced formatting.

Anda juga dapat menambahkan elemen tambahan ke halaman Anda seperti video YouTube, Google Maps, acara Google Kalender, formulir Google Forms, chart dari spreadsheet Sheets, atau file lengkap dari Docs, Slide, dan Sheets. Pilih jenis item yang ingin Anda sisipkan, dan Anda akan melihat popover bergaya Docs di mana Anda dapat mencari item yang Anda inginkan, lalu pilih untuk menyisipkannya di bagian baru di halaman Anda. 

Ini adalah cara sederhana untuk membuat landing page atau membuat laporan langsung dengan presentasi dan spreadsheet tersemat. Anda dapat menggunakannya untuk membuat situs web untuk proyek tim, misalnya, atau untuk merencanakan rapat dan aktivitas di satu tempat yang mudah diakses.

Di sebelah kiri setiap bagian halaman, Anda akan melihat tombol 3 titik yang dapat Anda klik dan seret untuk memindahkannya ke bagian manapun di halaman Anda. Klik palet warna untuk memilih gaya latar belakang yang berbeda untuk bagian tersebut, atau klik tempat sampah untuk menghapusnya.

Buat Tata Letak Multi-Kolom

Ingin menambahkan beberapa kolom di bagian tertentu?, mungkin untuk memiliki sekelompok gambar bersama-sama, atau menambahkan beberapa produk Anda di satu tempat?

Cukup klik dua kali ruang kosong mana pun di halaman Anda, dan menu lingkaran ajaib Google Sites akan muncul lagi. Pilih apa yang ingin Anda tambahkan, dan pilihan anda akan muncul di kolom baru tepat di area yang anda klik. Hanya satu bagian itu yang akan memiliki beberapa kolom, jadi dengan fitur ini Anda bisa meletakkan deskripsi situs secara lebar penuh, kemudian 3 kolom di bagian berikutnya dengan detail mengenai situs Anda, diikuti dengan bagian video dan lain-lainnya.

Atau, klik dua kali pada tombol 3-titik untuk membuka menu lingkaran tersembunyi, tempat Anda dapat kembali menyisipkan file teks, gambar, atau Google Drive. Dengan ini anda dapat menyisipkan item baru di samping elemen yang sudah ada.

Anda kemudian dapat mengubah ukuran elemen di setiap bagian melalui garis gridlines untuk memastikan semuanya selaras dengan baik. Ini adalah salah satu cara termudah untuk membuat tata letak halaman multi-kolom — dan fitur ini hampir tersembunyi di Google Sites.

No comments:

Post a Comment