Monday, April 26, 2010

Apa Itu Google Calendar & Cara Menggunakan

google kalendar tips panduan
Aplikasi Google Kalender memungkinkan pengguna untuk membuat kalender pribadi atau publik setelah terdaftar ke account Google. Membuat akun Google ini gratis, dan Google menyimpan atau memback-up kalender yang anda buat secara otomatis. Ini berarti bahwa Google menyimpan aplikasi dan informasi pengguna di servernya sendiri. Pengguna tidak perlu men-download software khusus untuk mengakses kalender - semua akses bisa melalui browser Web.

Dengan adanya desktop software, pengguna dapat menyimpan informasi ke dalam komputer mereka masing masing, namun jika hendak megakses ke informasi tersebut mereka harus menggunakan komputer yang sama. Google Kalender menyimpan informasi anda melalui web, sehingga anda bisa mengakses maupun mengubah kalender anda di komputer manapun yang terhubung ke internet.



Menyimpan kalender anda di internet juga berarti memungkinkan pengguna lain dapat akses ke kalender anda jika diizinkan, sehingga sharing acara penjadwalan dan melakukan undangan menjadi lebih mudah. Google Calendar memiliki beberapa pilihan tampilan. Anda dapat memilih untuk melihat kalender berdasarkan hari, minggu, bulan atau hanya empat hari ke depan. Anda juga dapat memilih tampilan "agenda", yang membeberkan semua acara yang dijadwalkan sebagai daftar daripada sebagai tampilan kalender.

Anda dapat mencatat perjanjian hanya pada header subjek, atau juga memilih untuk menambahkan rincian lebih lanjut. Anda dapat menyertakan lokasi serta deskripsi singkat. Anda juga dapat menggunakan fungsi "repeat" untuk acara yang diadakan secara berkala, seperti rapat mingguan atau acara tahunan seperti ulang tahun.

Di google kalender anda juga bisa menambahkan gambar latar belakang (background image) sebagai bagian dari penampilan kalendar. Caranya klik Menu (rodagigi yang berada di sebelah kanan atas), lalu klik Labs kemudian aktifkan Background Image terlebih dahulu. Setelah itu klik kembali rodagigi, lalu setting kemudian cari 'Calendar background'. Klik 'Choose image' kemudian pilih gambar kesukaan anda.

cara menggunakan google calendar

Kalender memiliki tampilan hari, minggu dan bulan, tetapi bagaimana jika Anda ingin melihat lebih jauh ke depan? Klik Menu Rodagigi, lalu klik Labs kemudian aktifkan 'Year View'. Setelah itu fitur Year View ini akan tampil di sebelah kanan kalender, anda bisa pilih tahun berapa setelah itu klik 'Go'.

apa itu google calendar

Jika Anda memiliki Google Calendar berarti Anda juga memiliki Gmail dan ini memungkinkan pengguna kalender lain, seperti Outlook.com atau Windows 8 Calendar dapat berinteraksi seperti meng-invite anda. Mereka hanya perlu meng-add Anda sebagai peserta menggunakan alamat Gmail Anda. Jika setuju, klik Yes untuk menambahkan event tersebut ke kalender Anda.

kegunaan manfaat google calendar

Hal ini juga berlaku secara terbalik. Anda dapat mengundang baik pengguna google calendar, Outlook.com maupun pengguna Windows Calendar ke sebuah event. Ketika membuat event, masukkan alamat email pada kolom 'Add guests' di sebelah kanan halaman.

Jika anda ingin meneruskan kerjaan yang belum terselesaikan, atau melakukan latihan yoga, meditasi, balet dll sampai pada waktu tertentu, Google Calendar menciptakan fitur terbaru untuk hal ini, yaitu 'Goal'. Klik tanda plus di bawah kanan dan pilih "Goal". Anda akan ditanya beberapa hal seperti seberapa sering dan untuk berapa lama per minggu anda ingin melakukan latihan tersebut, dan di jam berapa yang menurut anda terbaik. Kalender anda akan mencari dan membuat jadwal untuk anda secara otomatis. Yang menarik pada fitur ini yaitu jika anda menjadwalkan sesuatu yang ternyata tumpang tindih dengan acara lain, maka google kalender akan menjadwal-ulang sesuai waktu yang telah direncanakan sehingga segala sesuatu tidak terlewatkan dan diatur secara rapi.

Fungsi Pencarian (Search Function).

Sebagian besar fungsi-fungsi ini mirip dengan fitur dari produk software kalender lain di internet. Sebagai bagian dari upaya untuk membedakan Google Calendar dari para pesaingnya, Google menciptakan fitur lain yang membuatnya agak berbeda yaitu fungsi pencarian nya. Di Google Calendar, Anda dapat menggunakan teknologi pencarian Google untuk mencari tidak hanya di kalender Anda sendiri, tetapi juga di setiap kalender publik pada sistem Google.

Mungkin Anda memiliki beberapa kalender, dan beberapa di antaranya adalah publik dan yang lainnya tidak. Anda dapat menggunakan fungsi pencarian untuk mencari acara atau peristiwa tertentu dalam kalender Anda. Google Calendar akan mengirim SERP (Search Engine Results Page) menunjukkan di mana jadwal aktivitas tertentu yang tercatat pada masing-masing kalender Anda.

SMS

Salah satu kelebihan yang dipergunakan Google dari layanan Web adalah layanan SMS. Pengguna dapat menyuruh Google Calendar mengirim pesan untuk mengingatkan pengguna akan acara atau jadwal aktivitas yang direncanakannya.

Undangan

Google Calendar anda juga bisa mengirim undangan ke pengguna Google calendar lain. Pertama, Anda harus membuat event terlebih dahulu di kalender anda beserta detail informasi lainnya. Kemudian, Anda klik pilihan "add guests" lalu isi alamat email tamu yang anda undang di tempat yang disediakan. Setelah anda save calendar tersebut, Google Calendar akan mengirimkan e-mail ke daftar email yang anda masukkan tadi.

Jika pengguna memilih untuk berbagi atau mempublikasikan kalendernya, pengguna lain dapat meninggalkan komentar di halaman event tersebut. Hal ini memungkinkan orang untuk membahas rencana acara yang akan datang atau menanyakan sesuatu setelah pertemuan. Laman event tersebut menjadi forum untuk para tamu dan pengunjung kalender.

No comments:

Post a Comment