Sunday, April 25, 2010

Cara Backup Android (Foto, Video, App, Kontak, Pesan Teks)

Anda emang bisa semaksimal mungkin untuk berhati-hati agar handphone, android, atau tablet anda tidak hilang atau kecuri, tapi bagaimana jika suatu hari handset tersebut rusak atau tidak mau menyala? Anda akan kehilangan semuanya jika tidak di backup. Untuk mencegah hal tersebut, berikut adalah beberapa panduan sederhana tentang cara membuat backup ponsel android atau tablet android, termasuk cara membuat backup foto, video, data aplikasi, kontak, dan lain lainnya.


Buka menu Settings, lalu pilih Backup & reset (atau menu Settings – reset). Pastikan pilihan untuk 'Back up my data' diaktifkan agar app data, Chrome bookmarks, password Wi-Fi dan settingan lainnya bisa dibackup. Aktifkan juga ‘Automatic restore’ supaya anda bisa mengembalikan/restore secara otomatis jika anda melakukan instal ulang suatu aplikasi – hal ini berguna jika anda mengganti hp/tablet.

cara membackup video foto data android

Anda juga bisa tau apa saja yang dibackup di server google dari ponsel anda. Caranya tekan Settings – Google – tekan nama akun google anda. Setelah itu anda bisa melihat daftar program dan applikasi yang otomatis dibackup oleh Google. Jika diperhatikan daftar tersebut semuanya berhubungan dengan Google apps yang dari awal sudah terinstal di ponsel anda seperti Contacts and Calendar, Play Music, Chrome, Gmail dan Sheets.

cara backup data dan pesan teks android


Untuk memback-up foto dan video, salah satu cara termudah ialah menyimpannya di Google Photos, dimana foto-foto dan video tersebut akan tetap hanya bisa dilihat oleh anda kecuali jika dirubah pengaturannya.

cara backup foto di android hp
Di menu Google Photos juga terdapat pilihan apakah foto foto dan video anda mau dibackup secara otomatis setiap kali ada yang baru, jika tidak anda bisa pilih ‘Off’ maka Google akan membackup nya lagi jika anda kembali menekan ‘On’.

cara menyimpan foto gambar data android

Disana juga terdapat pilihan lain yang disediakan, yakni: apakah proses backup hanya dimulai ketika terdapat koneksi Wi-Fi, dan apakah hanya dimulai ketika ponsel anda sedang di charged (biar tidak mengganggu saat anda menggunakan ponsel tersebut). Beda merk ponsel bisa berbeda pula option atau pilihannya.

Untuk mengecek apakah foto anda sudah dibackup di server Google, anda bisa tekan aplikasi Google Photos (yang ada gambar icon seperti bunga atau baling-baling warna-warni), setelah itu tekan menu icon yang ada tiga garis horizontal, tekan ‘On Device’ dan lihat apakah gambarnya sudah disana atau belum.

cara melindungi data di android

Cara termudah lainnya adalah memback up secara manual foto2 dan video anda menggunakan kabel USB yang dihubungkan dari ponsel ke komputer/laptop. Cara ini yang sering saya pakai, dan tidak memerlukan jaringan internet.

Untuk membackup text message (pesan teks) sendiri juga ada, anda bisa mendownload beberapa aplikasi yang sering dipakai orang seperti SMS Backup+, G Cloud Backup, SMS Backup and Restore, dll.

No comments:

Post a Comment