Sunday, April 25, 2010

Cara Menggunakan Android (Panduan dan Tip Untuk Pemula)

Cara Mematikan Auto-Correction

cara mematikan autocorrect android
Salah satu aplikasi paling favorit, atau bisa dikatakan yang paling favorite, dari memiliki sebuah smartphone adalah chatting, seperti Whatsapp, BBM, Wechat, Line, dsb. Tapi biasanya smartphone baru sudah terinstal dari awal fitur autocorrection pada keyboardnya sehingga jika kita salah mengeja kata maka akan dikoreksi secara otomatis. Namun tidak sedikit para pengguna yang terganggu akan fitur gratis ini karena banyak kata yang dianggap salah eja oleh si ponsel dan langsung dirubah secara otomatis, sehingga mereka ingin menonaktifkannya. Berikut caranya: Settings – Language & Input – Google Keyboard/ Android Keyboard/ Samsung Keyboard, dsb (klik tanda yang ada disamping kanannya, bukan tulisannya) – Auto correction: pilih Off.

Cara Mengunci dan Membuat Password Akses

Fitur yang satu ini tidak kalah penting juga, yaitu mengunci dan membuat password pada ponsel android agar orang lain tidak bisa mengaksesnya tanpa sepengetahuan pemilik. Caranya tinggal masuk ke Setting – Security – Lock screen.


Terdapat beberapa macam cara membuat password akses ke ponsel android, berikut salah satunya:

cara mengunci android dengan pola
  • Lock Pattern: Membuat garis dengan pola yang diinginkan pada 9 titik yang disediakan. Hati-hati menggunakan cara ini karena minyak jari bisa meninggalkan jejak di layar. Cobalah bikin yang lebih kompleks polanya.
  • Kode PIN 4-digit: Memasukkan 4 sampai 17 digit kode numerik sebagai password.
  • Password: Bikin password, minimal 4 karakter, tidak lebih dari 17 karakter dan harus mengandung setidaknya satu huruf. Kelemahannya ialah tiap kali ingin akses ke hp tambah repot, apalagi jika passwordnya panjang dan melibatkan nomor dan huruf yang ribet.

ScreenShot (Capture Gambar)

cara capture gambar screenshot android
Sekarang kebanyakan android telah terinstall fitur screenshot atau capture gambar pada ponsel, jadi tidak perlu mendownload app untuk melakukan hal ini lagi.

Ada berbagai cara untuk melakukan screenshot, tergantung pada model dan versi Android. Caranya, tekan dua tombol tertentu yang ada pada hp android secara bersamaan dan tahan sampai sekitar 1-2 detik.

Pada kebanyakan perangkat yang menjalankan Android 4.0 atau yang lebih baru, tombolnya adalah tombol Power/Lock dan Volume Down. Selain itu, terutama pada versi lama android dan perangkat Samsung adalah tombol Power/Lock dan Home.

Mengganti Gmail Password di Android

Gmail password atau Google password merupakan sesuatu yang vital jika diketahui orang lain. Informasi ini jugalah yang tidak boleh kita lupakan jika ingin berpindah dari android satu ke yang lainnya. Jika password sudah diketahui banyak orang, sudah saatnya untuk mengganti password tersebut agar terhindar dari hal2 yang tak diinginkan. Untuk merubah password tersebut, caranya bisa kunjungi link ini pada browser Chrome di android: www.google.com/settings/passwordchange. Setelah melakukan Sign In, tinggal ikuti instruksi nya saja.

Keamanan

Google memberi kesempatan pada setiap pemilik android untuk mencari, mengunci dan menghapus semua data yang ada di android demi keamanan jika perangkat anda kecuri atau hilang. Tidak perlu install software atau aplikasi lain, hanya kunjungi url https://www.google.com/android/devicemanager (Android Device Manager/ ADM) anda bisa membunyikan ponsel anda, mengunci dan menghapus data android dari website tersebut. Untuk menggunakan fitur ini, anda harus mengaktifkan ADM pada ponsel anda dulu. Caranya masuk ke Settings > Security > Device administrators > aktifkan.

Jika anda telah klik Erase (menghapus) maka factory reset akan dimulai. Peringatan: Anda tidak bisa cancel atau menghentikan perintah ini jika sudah diproses. Jika ponselnya dalam keadaan mati/off maka prosesnya akan dimulai ketika dinyalakan. Setelah itu Google akan mengirim email pemberitahuan tentang penghapusan tersebut.

Penghapusan secara remote (remote wipe) ini tidak hanya menghapus seluruh data di ponsel tapi juga yang ada pada extrenal SD card.

Jika anda memilih 'Lock' maka anda akan mengaktifkan aplikasi remote password pada ponsel. Kotak dialog akan muncul agar anda bisa memasukkan PIN atau password yang anda inginkan, walaupun security androidnya belum diaktifkan. Setelah melakukan confirm dan Lock, dalam beberapa detik layar ponsel akan mati dan jika dinyalakan maka si pengguna harus memasukkan password agar bisa akses ke ponsel tersebut.

No comments:

Post a Comment