Sunday, April 25, 2010

Cara Menggunakan Smart Lock di Android

cara mengaktifkan jenis smart lock android
Kadang sangat repot dan melelahkan jika harus mengetik password atau PIN berulang-ulang kali untuk membuka ponsel android yang terkunci apalagi jika sandi tersebut panjang dan ribet. Namun kita juga tidak sanggup menerima resiko hp kita digunakan orang lain jika hilang atau dicuri. Untuk mengatasi masalah ini, Android Lollipop telah menciptakan fitur baru yaitu Smart Lock.

Android Lollipop menggunakan lokasi Anda, perangkat anda yang terhubung atau wajah Anda untuk membuka ponsel yang terkunci secara otomatis. Ketika Anda berada di lokasi yang 'terpilih', atau perangkat Android Anda sedang terhubung ke perangkat tertentu seperti bluetooth (atau NFC), Anda dapat hanya menggeser layar untuk akses ke ponsel tanpa harus memasukkan PIN atau pass-code.

Untuk mengaktifkan smart lock, anda bisa masuk ke setting > security > smart lock (beda android beda cara tapi intinya cari dan pilih menu ‘smart lock’). Sebelumnya anda harus sudah mengaktifkan fitur lock terlebih dahulu sebelum menggunaan smart lock. Pada settingan smart lock, kita mempunyai 4 opsi; trusted devices, trusted voice, trusted places dan on-body detection. Anda bisa memilih satu atau beberapa sekaligus. Smart lock memungkinkan kita memilih lebih dari satu trusted devices atau trusted place tetapi kita hanya dapat memasukkan satu trusted voice saja.


Trusted Place (Tempat Tepercaya).

Trusted place pada Smart Lock memungkinkan para pengguna Android Lollipop memasukkan alamat-alamat tempat yang diinginkan supaya ponsel mereka membuka ponsel mereka yang terkunci secara otomatis di tempat-tempat yang terpilih. Salah satu lokasi favorit yang dipilih oleh para pengguna tentu saja adalah rumah dan tempat kerja. Rumah merupakan tempat di mana seharusnya ponsel smartphone anda tidak selalu terkunci karena selain membuang waktu, juga repot.

Bagi yang tidak muncul menu smart locknya, coba aktifkan Trusted agents nya terlebih dulu, caranya: Setting > Security > Trusted agents. Kemudian cari dan aktifkan 'Smart lock'.

Untuk mengaktifkan Trusted places; masuk ke Setting > Security > Smart Lock > Trusted places.

Ketik alamat di mana anda ingin jadikan sebagai trusted place, lalu geserkan tempat tersebut secara spesifik pada jarum google map yang muncul di layar. Setelah itu tekan ‘Select this place’ dan ‘Ok’. Untuk menambah alamat lain bisa tekan ‘Add’ kemudian ulangi langkah tadi.

Trusted Devices (Perangkat Tepercaya).

cara membuka kunci ponsel otomatis
Seperti namanya, trusted devices memberikan pengguna untuk memilih perangkat lain agar membuka ponsel yang terkunci secara otomatis jika ponsel tersebut terhubung dengannya.

Untuk mengaktifkan trusted devices, masuk ke Setting > Security > Smart lock > Trusted Devices.

Tentu saja untuk menggunakan fitur ini anda perlu memliki perangkat lain yang dilengkapi koneksi bluetooth, seperti contohnya smartwatch (jam tangan pintar) atau sistim speaker mobil.

Sebelum menggunakan fitur ini, aktifkan koneksi bluetooth pada perangkat anda terlebih dahulu, lalu sambungkan dengan perangkat yang anda pilih yang juga sudah aktif koneksi bluetoothnya.

Untuk menghubungkan perangkat bluetooth tepercaya tidak bisa pada proses set up Trusted devices. Anda harus sudah ada list daftar perangkat-perangkat bluetooth yang dipilih dalam menu Setting bagian kategori Wireless and Networks. Setelah itu Anda bisa melihat di bawah layar bahwa perangkat anda secara otomatis mulai mencari koneksi bluetooth dari perangkat-perangkat tersebut yang berdekatan dengan perangkat anda. Setelah perangkat bluetooth yang anda inginkan muncul di layar, tekan dan anda akan ditanya apakah perangkat tersebut yang ingin anda hubungkan.

On-body Detection (Deteksi Pada Tubuh).

Dengan adanya accelerometer yang ditanam pada android, memudahkan perangkat tersebut untuk mendetek dan memahami gerakan-gerakan si pemilik yang sedang berada di dekatnya. Jika diletakkan di meja dan ditinggal pergi dalam waktu yang ditentukan maka perangkat tersebut dapat mengunci sendiri secara otomatis. Ponsel akan terus terbuka kuncinya jika selagi masih berada dekat tubuh si pengguna seperti saat anda memegangnya atau memasukkannya dalam kantong.

Sepertinya teknologi fitur yang satu ini masih belum begitu sempurna sehingga jika diaktifkan akan ada muncul peringatan bahwa perangkat tersebut tidak selalu dapat membedakan antara si pemilik dan orang lain sehingga jika dibawa orang lain maka dia dapat akses ke hp tersebut.

smartlock deteksi pada tubuh android

Jika anda menekan Continue pada dialog window, maka anda sudah mengaktifkan smart lock yang satu ini. Jika programnya lancar maka salah satu kelebihan smart lock ini adalah anda tidak usah repot-repot membuka kunci ponsel anda berulang-ulang kali.

Trusted Voice (Suara Tepercaya).

Trusted voice memungkinkan para pengguna android untuk membuka ponsel hanya dengan mengucap kata “Ok Google”. Fitur ini mengandalkan suara anda yang unik agar mencegah orang lain akses ke hp anda dengan berbuat hal yang sama.

Lagi-lagi, trusted voice ini dianggap sebagai smartlock yang kurang aman dibandingkan dengan cara tradisional seperti PIN, pattern dan password karena jika seseorang dengan ‘suara yang sama’ atau memiliki rekaman suara si pemilik maka akan dapat membuka kunci tersebut.

apakah fitur smart lock aman

No comments:

Post a Comment