Monday, April 26, 2010

Cara Menghemat Baterai dan Bandwidth Android

cara memperpanjang umur daya tahan baterai android
Belakangan ini batere hp makin lama makin dirancang agar lebih awet dan dapat bertahan lama, tapi begitu juga dengan aplikasi aplikasi yang makin lama makin menyenangkan, asik, seru dan tidak kalah dibandingkan dengan yang dulu dalam hal menguras baterai maupun bandwidth.

Namun ada beberapa cara atau trik yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai, salah satunya dengan mengurangi brightness (tingkat seberapa terang) pada display layar ponsel, karena jika terlalu terang bukan hanya menguras lebih banyak baterai tapi juga bisa bikin sakit mata. Matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume pada ponsel juga merupakan ide bagus untuk menghemat baterai. Pemborosan baterai lainnya adalah live wallpaper (wallpaper yang bergerak-gerak), gunakan hanya yang static wallpaper.


Selain itu men-disable aplikasi aplikasi yang tidak diperlukan juga tentunya bisa memperpanjang daya tahan baterai sekaligus bandwidth. Mendisable bluetooth dan Wi-Fi (jika tidak ada jaringan wireless) juga bisa sangat membantu: caranya ke Setting – Wireless & Networks – matikan keduanya. Karena apabila Wi-Fi dalam kondisi On maka android akan selalu mencari jaringan Wi-Fi sehingga mengakibatkan terkurasnya baterai dengan drastis. Begitupun juga dengan bluetooth.

cara menghemat umur baterai android mencegah baterai boros android
cara memperpanjang daya tahan baterai android cara menghemat daya baterai android

cara memperpanjang daya baterai android
Sekarang makin banyak aplikasi yang mencoba memperoleh data lokasi dari si perangkat melalui GPS untuk menyediakan data yang relevan berhubungan dengan tempat si pengguna berada. Hal ini bisa amat bermanfaat ketika Anda membutuhkannya, tapi fitur ini tentunya juga sangat menguras banyak baterai. Jika Anda tidak memerlukan aplikasi berbasis-lokasi ini, anda bisa mendisablenya untuk menghemat bandwidth dan baterai. Caranya, masuk ke Settings > Location. Bila Anda menggunakan sebuah aplikasi yang membutuhkan GPS, Anda akan diminta untuk kembali mangaktifkannya.

cara menghemat bandwidth kuota dan baterai
Android menyediakan fitur baterai built-in yang memungkinkan Anda untuk memonitor aplikasi yang sedang berjalan dan memantau berapa banyak persentase yang digunakan oleh masing masing applikasi. Untuk mengeceknya bisa ke Settings – Battery. Sentuh salah satu aplikasi yang terdaftar untuk rincian lebih lanjut dan Anda juga bisa merubah settingan tersebut atau mematikan sepenuhnya.

 Jika smartphone anda memiliki layar jenis AMOLED maka memasang wallpaper hitam atau yang gelap bisa ikut membantu menghemat baterai, tapi jika layarnya LCD maka tidak ada ngaruh apakah wallpapernya hitam atau putih. Perangkat seperti Samsung Galaxy Note series, Galaxy S5, Nexus 6, Moto X dan LG Flex 2 dll adalah beberapa perangkat yang daya tahan baterainya bisa kebantu diperpanjang dengan menggunakan wallpaper gelap.

cara menghemat bandwidth kuota
Dengan automated syncing, Google memastikan akun anda selalu terupdate setiap hari, namun sayangnya hal ini juga memakan banyak data plan maupun baterai. Secara default, semua app google di android disetel menjadi auto-sync seperti foto, play store, calendar, newstand, dll. Dan kebanyakan pengguna tidak memerlukan semua itu untuk di auto-sync terutama jika filenya berat berat seperti foto, gambar dan video. Jadi setiap kali anda menggunakan camera android, foto tersebut akan diupload secara otomatis ke akun sebagai backup. Untuk merubahnya, anda bisa masuk ke Settings > Accounts > Google > tekan akun anda > hilangkan tanda centang pada kotak disamping app yang tidak mau di auto-sync. Anda bisa kembali mencentangnya jika ingin diupdate.

No comments:

Post a Comment