Fakta Tentang Android

Android didirikan pada tahun 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Para pendiri memiliki hubungan yang kuat dengan T-Mobile. Andy Rubin menciptakan ultra-populer T-Mobile Sidekick, dan Nick Sears adalah wakil presiden di T-Mobile.

fakta menarik tentang android
 Tidak sampai 2005 Google mengakuisisi Android Inc. Rubin, Miner, dan White tetap tinggal dengan Android setelah diakuisisi. Bersama-sama mereka mengembangkan apa yang sekarang kita kenal sebagai OS Android. Bahkan nama nickname/julukan si Rubin merupakan dimana nama "Android" berasal. Banyak orang menganggap Android menjadi salah satu akuisisi terbaik Google. 10 tahun setelah akuisisi Android telah menggelembung untuk mengontrol 85% dari pangsa pasar OS smartphone.


ponsel android versi pertama
 Prototipe Android pertama tampak seperti Blackberry.
Banyak orang percaya bahwa jika bukan karna kehadiran iPhone perangkat Android pertama akan tampak berbeda secara drastis. Pada awalnya perangkat yang dinamakan "Sooner" memiliki tampilan keyboard, tombol panggilan dan end, track pad, dan tidak ada touchscreen. Android UI bahkan menyerupai Blackberry interface.

Android 1.0 dan 1.1 tidak dinamai dengan nama makanan penutup.
Banyak yg tau bahwa Google selalu memberi nickname untuk versi baru androidnya dengan nama desserts/ makanan penutup. Seperti "Lollipop" untuk android 5.0 dan sebelumnya Kitkat, Jelly Bean, Ice Cream Sandwich dan seterusnya. Android 1.0 kadang-kadang disebut sebagai "Alpha" atau "Astro Boy." Android 1.1 memiliki nama hidangan penutup, tetapi tidak dalam urutan yang kita kenal sekarang. Dikenal secara internal sebagai "Petit Four," yang merupakan nama hidangan pembuka Perancis.

perusahaan android google
 Lebih dari satu miliar perangkat diaktifkan.
CEO Google Sundar Pichai pernah mengumumkan bahwa ada lebih dari 1 miliar android yang diaktivasi. Untuk membantu menempatkan angka ini dalam perspektif, diperkirakan bahwa populasi dunia saat ini adalah sekitar 7,3 miliar orang.

Android memiliki lebih banyak aplikasi dibandingkan pesaingnya.
Android Market milik Google muncul pada tahun 2008, beberapa bulan setelah Apple App Store. Walaupun di launching dalam waktu yang berdekatan, perusahaan mesin pencari tersebut berhasil mengejar pesaingnya. Dirubah namanya menjadi Google Play pada tahun 2012, android software depot sekarang terdapat sekitar 1,5 juta aplikasi.

perancang gambar logo android
Siapa yang merancang logo Android dan apa namanya?
Seorang desainer grafis dengan nama Irina Blok bertanggung jawab atas bentuk logo Android. Ketika mengembangkan pictogram yg terkenal ini ia dan tim desain nya belajar sci-fi toys dan film tentang ruang angkasa untuk memperoleh inspirasi. Sedangkan nama robot tersebut sebenarnya tidak ada, meskipun banyak yang menyebutnya "Andy the Android". Namun, Google juga suka memanggilnya "Bugdroid".

Kehadiran Android mengakibatkan Eric Schmidt terdepak dari daftar Apple's board of directors.
Sebelum android dirilis, mantan CEO Google yang bernama Eric Schmidt juga merupakan anggota dewan direktur Apple. Namun, hubungan Steve Jobs dan Eric Schmidt memburuk karena Steve merasa mesin pencari raksasa tersebut telah mencuri konsep iOS untuk membuat Android.

konflik google dan apple

Android awalnya bukan dibuat untuk ponsel ataupun tablet.
Andy Rubin, salah satu co-founder android, menceritakan bahwa sejak awal sistem operasi android direncanakan bukan untuk smartphone, melainkan untuk smart camera (kamera pintar). Dikarenakan pada saat itu pasar digital camera mengalami penurunan Rubin mengalihkan perkembangan androidnya ke smartphone.

Google meluncurkan sistem operasi Android pada tanggal 5 November 2007, yang merupakan sistem perangkat lunak berbasis Linux.

HTC Dream atau T Mobile G1 adalah smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android, ponsel ini dirilis pada tahun 2008.

smartphone pertama android

No comments:

Post a Comment