Tuesday, April 27, 2010

Cara Menggunakan Dua (Menggandakan) Aplikasi Pada Android Yang Sama

Aplikasi Ganda memungkinkan Anda menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Dengan popularitas aplikasi jejaring sosial dan game seluler, banyak orang memiliki dua akun atau lebih dari aplikasi yang sama. Tentu, jika telah memiliki lebih dari satu akun pada sebuah app maka ada kalanya anda ingin melakukan switch akun pada aplikasi tersebut.

Metode pertama yang sering dilakukan orang adalah logout dan login dengan akun yang berbeda. Jelas, ini sangat merepotkan. Untungnya, berkat beberapa developer, sekarang kita bisa menjalankan dua aplikasi yang sama di perangkat Android yang sama dengan mudah.

Opsi pertama, menggunakan aplikasi Parallel Space.

cara menggunakan parallel space
Parallel Space adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna masuk ke dua akun dari aplikasi yang sama secara bersamaan di satu ponsel. Ia bekerja seperti ruang lain di dalam sistem telepon biasa. Pengguna dapat menjalankan aplikasi kloning dengan akun yang berbeda.

Cara menggunakan Parallel Space
  • Langkah 1. Instal dan jalankan aplikasi di perangkat Android Anda.
  • Langkah 2. Aplikasi ini akan menunjukkan aplikasi mana saja yang bisa dikloning. Klik ikon aplikasi yang ingin anda aplikasikan ke Parallel Space. 
  • Langkah 3. Di Parallel Space, klik aplikasi yg telah dikloning untuk menjalankannya dan masukkan akun anda yang kedua.
Parallel Space cukup mudah digunakan. App ini mendukung sebagian besar aplikasi jejaring sosial, game dan bahkan aplikasi fungsional seperti kamera dan kalender. App ini juga kompatibel dengan perangkat yang berjalan di Android 4.0.3 dan ke atas, dan tidak memiliki persyaratan khusus lainnya. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini hanya mengkonsumsi 2 MB ruang di memori ponsel Anda.

Namun, semua aplikasi kloning bergantung pada aplikasi ini, yang berarti bahwa setelah aplikasi ini terganggu oleh process tool tertentu, maka semua aplikasi kloning yang sedang berjalan akan ikut terpengaruhi. Selain itu, sebagai aplikasi pihak ketiga yang baru, aplikasi ini tidak selalu stabil. Tapi tim pengembang masih mengerjakannya untuk membuatnya lebih baik.

Opsi 2, menggunakan fitur Dual Apps pada MIUI 8.

Salah satu tambahan fitur andalan di MIUI 8 adalah Dual Apps, fitur yang memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Fitur ini sangat berguna jika Anda memiliki dua akun media sosial dan ingin mengaksesnya dari perangkat yang sama.

MIUI, yang dikembangkan oleh Xiaomi Tech, adalah sebuah stock dan aftermarket firmware untuk smartphone dan tablet berdasarkan sistem operasi Android. Dual App (Aplikasi ganda) adalah salah satu fitur terhebat di MIUI 8. Sebenarnya, fitur lain dari MIUI yaitu Second Space, lebih mirip Parallel Space. Namun jika hanya ingin mengkloning beberapa aplikasi saja maka dual app atau aplikasi Ganda lebih mudah.

Dan ya, dengan Dual Apps, Anda dapat menjalankan dua akun WhatsApp, dua akun Line, dua akun BBM dsb, di telepon yang sama. Untuk menggunakan fiturnya cukup mudah: masuk ke setting ponsel, pilih submenu Dual Apps kemudian tinggal pilih aplikasi mana yang ingin anda cloning/ gandakan. Setelah selesai mengkloning, anda akan melihat satu shortcut lagi secara terpisah yang diletakkan pada home screen.

Sebagai fungsi sistem, aplikasi Dual pada MIUI 8 cenderung tidak bermasalah. Ini juga mendukung sebagian besar aplikasi di perangkat Android. Namun, sebagai bagian dari MIUI, fitur ini tidak dapat diakses oleh semua pengguna. Bahkan perangkat Xiaomi yang menjalankan MIUI 8 berdasarkan Android 4.4 tidak mendukung aplikasi Dual tersebut untuk saat ini.

Opsi 3, menggunakan aplikasi 2Accounts.

cara menggandakan aplikasi android
2Accounts secara khusus dikembangkan untuk login ke dua akun IM, game atau akun jaringan sosial. Seperti Parallel Space, ini memungkinkan Anda login ke dua jaringan atau akun pada satu perangkat Android. Cukup ketuk untuk beralih antar akun, tanpa masuk dan keluar. Ini mendukung jaringan yang paling tersedia seperti WhatsApp, Facebook, Google+, WeChat, dll.

Opsi 4, menggunakan aplikasi App Cloner.

cara buat bikin dua aplikasi android
App Cloner memungkinkan Anda membuat klon aplikasi dari aplikasi Anda yang ada, sehingga memungkinkan Anda menggunakan beberapa (bukan hanya dua) jaringan atau akun. Aplikasi kloning berjalan paralel dengan yang asli, sehingga menjaga keamanan data Anda meskipun aplikasi asli diperbarui. App Cloner mendukung beberapa login ke jaringan sosial populer, termasuk Facebook, Twitter, Skype, dll dan menawarkan pilihan penyesuaian yang bervariasi untuk aplikasi kloning.

Kelebihan: App Cloner mencakup berbagai fitur canggih seperti:
  • Memungkinkan Anda beralih di antara beberapa akun
  • Memungkinkan perubahan warna dan nama di aplikasi kloning
  • Menawarkan perlindungan kata kunci di aplikasi kloning
  • Memungkinkan Anda menonaktifkan auto-start dan menghapus cache saat exit atau keluar.
Kekurangan: kelemahan dari aplikasi ini adalah kurangnya dukungan untuk beberapa platform IM populer seperti WhatsApp, Facebook Messenger dan Viber. Selain itu, seseorang tidak dapat masuk ke Google Play dari aplikasi kloning karena masalah sertifikat keamanan.

Opsi 5, menggunakan aplikasi CM AppClone.

bagaimana cara kloning aplikasi android
CM AppClone dirancang untuk menawarkan akses paralel ke beberapa akun jejaring sosial dan messanging. Dengan sekali tekan, pengguna dapat beralih akun dan menerima pemberitahuan simultan untuk semua pesan masuk dari semua akunnya. CM AppClone mencegah konflik antara aplikasi dengan menyediakan ruang penyimpanan terpisah untuk setiap akun atau aplikasi kloning.
Kelebihan: Fitur utama dari CM AppClone adalah:
  • Membuat sub-akun dengan mudah dan cepat
  • Memberikan akses yang mudah dan mulus tanpa masalah
  • Bisa beralih akun dari notification bar
  • Mendukung banyak akun untuk semua jenis aplikasi
Kontra: Sayangnya, CM AppClone tidak mendukung beberapa perangkat Android yang dipilih. Selain itu menyebabkan kelambanan seluler dan terjadinya crash pada aplikasi saat menggunakan beberapa akun dengan aplikasi ini.

Aplikasi mana yang telah anda gunakan untuk menggandakan app? Anda bisa sharing kelebihan dan kekurangan app yang anda gunakan atau merekomendasikan aplikasi dual app yang menurut anda terbaik di komen bawah.

No comments:

Post a Comment