Apa Yang China Beli di Australia | CNBC Menjelaskan


00:00
Australia adalah tempat yang sangat populer bagi investor China. Mereka berinvestasi besar-besaran di proyek real estat dan infrastruktur. Coba lihat-lihat ke sini, tidak sulit menemukan uang China yang mengalir di Australia. Dari pelabuhan utama ke bangunan tengara dan sebagian besar lahan pertanian Australia, investor China membeli dengan cepat.

00:24
Di Sydney sini, bangunan ini yang merupakan rumah bagi bursa Australia baru saja dibeli. Pembelinya? Seorang miliarder dari Hong Kong dikenal sebagai salah satu produsen mainan terbesar di China.

00:34
Lalu ada pelabuhan besar Australia. Sekelompok dana yang didukung oleh investor China sepakat untuk membeli pelabuhan tersibuk di negara itu, yang berada di Melbourne, dengan harga lebih dari $ 7 miliar. Sektor pertanian Australia juga telah menarik perhatian investor China. Importir terbesar anggur Australia dulu adalah A.S. dan Inggris beberapa tahun yang lalu, hari ini adalah China.

00:56
Dan sekarang beberapa pembuat anggur terbesar China membeli kebun anggur besar dengan maksud menjual anggur yang diproduksi di sini langsung ke China. Pada 2016, ekspor anggur Australia ke China melonjak 40 persen. Dan anggur hanya menggores permukaan.

01:12
Investasi China di sektor pertanian Australia telah berubah dari $ 300 juta menjadi lebih dari satu miliar dolar hanya dalam satu tahun. Pergeseran tersebut didorong oleh kelas menengah yang booming di China yang memiliki permintaan tinggi untuk hal-hal seperti produk daging, susu dan mineral.

01:28
Salah satu contoh spesifik, formula bayi. Setelah wabah di China dari formula bayi yang tercemar, produk tersebut sering diincar dari Australia. Mengapa? Jutaan orang Cina jauh lebih percaya pada "Made in Australia". Dan pertimbangkan ini, lebih dari 17 juta bayi lahir di China tahun lalu. Beberapa turis China memborong sebanyak mungkin formula bayi dan menjualnya lagi dengan harga premium di China. Banyak toko sekarang memiliki batas jumlah yang bisa Anda beli.

01:55
Mungkin tidak ada sektor di Australia, yang lebih berdampak dibandingkan dengan sektor perumahan. Harga rumah di Sydney telah meningkat hampir dua kali lipat sejak krisis keuangan global. Di Melbourne, mereka naik 84 persen. Enaknya jika Anda membeli rumah sebelum itu, tapi untuk pembeli rumah pertama, ini sangat menghancurkan.

02:13
Dan itu menyebabkan apa yang sekarang dikenal sebagai krisis keterjangkauan perumahan di Australia. Di New South Wales, negara bagian Australia tempat Sydney berada, pembeli asing memperoleh seperempat dari pasokan properti baru. Dan pembeli asal China merupakan 87 persen darinya.

02:30
Setelah China, pembelinya ada yang dari Selandia Baru, tapi terhitung hanya 1,6 persen. Dan hal ini masuk akal. Membeli seluruh rumah di sini seringkali lebih terjangkau daripada membeli satu apartemen di beberapa kota terbesar di China. Harga apartemen rata-rata di Beijing lebih dari $ 800.000. Sementara Sydney berada di bawah $ 620.000.

02:50
Tapi, tentu saja, baik China maupun Australia tidak begitu senang dengan tren ini. Dan kedua pemerintah telah menerapkan pajak yang lebih tinggi dalam upaya untuk menghambatnya. Tidak hanya uang China yang melonjakkan harga rumah di Australia, namun dalam beberapa kasus bahkan ada kekhawatiran keamanan nasional.

03:07
Pemerintah federal Australia baru-baru ini memblokir penjualan jaringan listrik terbesar di negara itu, setelah perusahaan kepemilikan China dan Hong Kong berusaha membeli sahamnya. Pemerintah membungkuk pada tekanan lawan dari kesepakatan tersebut, yang mengatakan bahwa mereka memberikan kontrol atas jaringan listrik mereka ke negara lain.

03:24
Aliran cash dari China telah mendorong pihak berwenang China untuk mengumumkan peraturan baru untuk menginvestasikan uang di luar negeri. New South Wales telah menaikkan pajak dua kali lipat dari pembeli asing menjadi 8 persen dari harga pembelian.

03:37
Tapi inilah masalahnya. Inisiatif pemerintah hampir tidak memperlambat permintaan. Mengapa? Nah, ada banyak jutawan di China. Dan kekayaan mereka tumbuh dengan kecepatan yang jauh lebih cepat daripada nilai total pasar perumahan Australia. Kekayaan gabungan semua jutawan China hanya sedikit lebih besar dari keseluruhan nilai pasar perumahan Australia di tahun 2011.

03:59
Tapi, hari ini, jutawan China bernilai dua kali lipat. Dan celah itu hanya diperkirakan akan terus berlanjut. Artinya, lonjakan kekayaan besar China membuat China kemungkinan akan terus membeli aset di Australia.

No comments:

Post a Comment