Dua Mobil Kepresidenan Terhebat di Dunia

Cadilac One

Biden Terlihat menggunakan mobil khusus yang dibawa dari AS ke Indonesia selama KTT G20 di Bali. Mobil yang digunakannya ialah Cadilac One atau dikenal juga dengan julukan The Beast. Mobil limosin Cadilac ini menjadi mobil kepresidenan termahal di dunia dengan harga Rp 21,9 miliar atau 1.500,000 US$. 

mobil kepresidenan amerika

Kelebihannya yaitu mobil berat 8 ton yang berlapis baja ini tidak hanya dilengkapi dengan kaca anti peluru namun juga tahan terhadap granat berpeluncur roket serta senjata kimia. Bahkan serangan tembakan senjata maupun bom dari jarak dekat juga tidak bisa menembus mobil ini. 

Pintu berlapis baja setebal 8 inci ini memiliki jendela yang dibuat dengan lima lapis kaca polikarbonat, sedangkan kaca depannya dirancang agar bisa menahan peluru penusuk lapis baja atau magnum 0,44 dan bodywork kelas militer dan tebalnya 5 inci.  

Ban yang dipasang di mobil ini diperkuat dengan serat tekstil jenis kevlar serta juga bisa berjalan di atas pelek baja. Gagang pintunya dapat mengeluarkan sengatan listrik sebesar 120 volt untuk menangkal penyerang. Di malam hari, mobil kepresidenan ini dilengkapi dengan kamera night vision (penglihatan malam). 

Dipesan pada tahun 2018, mobil yang diklaim sebagai kendaraan paling aman ini dibuat oleh General Motors TopKick yang digunakan biasanya untuk kendaraan komersial seperti truk kecil. Mobil Cadilac One ini terdiri dari 7 kursi di dalamnya dan hanya jendela yang berada di samping pengemudi yang bisa dibuka. 

limosin mobil presiden amerika serikat

Hampir tidak ada suara luar yang bisa terdengar dari kabin karena lapisan bajanya, oleh karena itu mikrofon dan speaker dipasang untuk mengatasi hal tersebut. The Beast hanya memerlukan waktu 15 detik untuk mencapai 96 km per jam (60 mil per jam). 

N701 

Selain Biden, mobil kepresidenan Xi Jinping pun diklaim sebagai salah satu mobil teraman di dunia yang berhasil menyaingi popularitas mobil kepresidenan Amerika Serikat saat itu. N701 merupakan nama kode untuk mobil kepresidenan Tiogkok (nama sebenarnya belum diketahui). Kerahasiaan itu pun berlaku untuk spesifikasi detil mobil yang hanya dibuat 50 unit saja selama 10 tahun kedepan sehingga benar-benar khusus. 

limosin mobil xi jinping di ktt bali

Mobil yang diketahui memiliki berat 3 ton ini juga memiliki bodi dan kaca yang anti peluru, dan dihiasi oleh handle pintu yang terbuat dari batu giok mewah. Diprediksi oleh Situs Car News China bahwa mobil berlapis baja ini dibenamkan mesin V8 atau V12 yang bertenaga di dalam kap mesinnya. Sebagai patokan, SUV Hongqi LS7 mengusung machine 4000cc V8 turbo dengan output 360 hp dan torsi 550 Nm. 

mobil kepresidenan tiongkok xi jinping

Aroma mobil Eropa sebegitu kentalnya pada mobil Xi Jinping karna si desainer asalnya dari Inggris. Menurut faw.com, mantan desainer Rolls Royce, Giles Taylor telah menjadi Global Vice President of Design and Chief Creative Officer (CCO) sejak bulan September 2018 untuk brand Hongqi milik FAW di Tiongkok. Desain elegan dan mewahnya bisa terlihat pada produk Hongqi saat ini, dimulai dari sedan Hongqi H9 sampai ke SUV elektrik Hongqi E-HS9.

No comments:

Post a Comment