Fakta Tentang Bill Clinton

kisah hidup cerita biografi bill clinton
Clinton lahir tiga bulan setelah ayahnya, William Blythe, meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Di masa remaja, Clinton mengadopsi nama belakang ayah tirinya Roger Clinton.

Selagi ibunya di sekolah di Louisiana belajar untuk menjadi seorang ahli anestesi perawat, kakek dan neneknya lah yang menjaganya.

Dia adalah seorang pelajar dan pemusik yang hebat. Bill adalah pemain saksofon di band SMA-nya dan menghadiri perkemahan musim panas musik di Ozarks. Setelah lulus SMA, ia menerima beasiswa musik dan akademis.
Selama tahun terakhir di sekolah menengah atas, dia melakukan perjalanan ke Washington, D.C., sebagai delegasi dalam program kewarganegaraan Legion Amerika yang disebut Boys Nation. Saat dalam perjalanan, dia bertemu dan berjabat tangan dengan Presiden John F. Kennedy.

Bill kuliah di Universitas Georgetown, satu-satunya perguruan tinggi yang dia apply, dari tahun 1964 sampai 1968. Dia menerima gelar sarjana dalam urusan internasional. Setelah lulus, ia belajar ilmu politik di Oxford University selama dua tahun sebagai sarjana Rhodes.

Bill bertemu Hillary Rodham di Yale University, di mana mereka berdua belajar hukum. Mereka bekerja dalam kampanye kepresidenan untuk George McGovern pada tahun 1972. Setelah menerima gelar sarjana hukumnya pada tahun 1973, Bill kembali ke negara asalnya untuk mengajar hukum di Universitas Arkansas. Hillary pindah ke Arkansas pada tahun 1974; Dia dan Bill menikah setahun kemudian pada 11 Oktober. Putri mereka, Chelsea Victoria Clinton, lahir 27 Februari 1980.

Clinton terpilih sebagai jaksa agung Arkansas pada tahun 1976. Pada tahun 1978, dia memenangkan jabatan gubernur. Setelah kalah dalam pemilihan ulang tahun 1980, dia merebut kembali kantor gubernur tersebut pada tahun 1982 dan bertugas sampai tahun 1992. Selama kampanye kepresidenan tahun 1992, ada pertanyaan tentang dugaan perkawinan di luar nikah dan penghindaran drafnya selama Perang Vietnam. Meskipun demikian, "Comeback Kid" ini menerima nominasi Demokrat dan kemudian memenangkan pemilihan presiden pada bulan November 1992. Dia terpilih kembali pada tahun 1996, meskipun Republikan telah menguasai Kongres pada tahun 1994.

Kontroversi dana kampanye Amerika Serikat 1996 merupakan upaya yang dipercayai dilakukan Republik Rakyat Tiongkok demi mempengaruhi politik dalam negeri AS selama dan sebelum pemerintahan Clinton serta melibatkan juga praktik penggalangan dana dari pemerintahan itu sendiri.

Demokrat pertama sejak Franklin Delano Roosevelt terpilih untuk masa jabatan kedua.

Clinton juga merupakan pemenang Grammy. Pada tahun 2004, ia menang untuk Prokofiev: Peter dan Wolf / Beintus: Wolf Tracks. Tahun berikutnya, dia memenangkan Grammy untuk membaca My Life, otobiografinya.

bill clinton anaknya debat capres trump

Pada debat capres AS 2016, Trump menghadiri 4 wanita-wanita korban Bill Clinton yang diserang secara seksual, salah satunya adalah Juanita Broaddrick yang mengaku diperkosa Bill Clinton (dan diancam oleh Hillary) ketika bekerja sebagai staf bagi mantan Presiden Amerika Serikat tersebut pada tahun 1978.

Sejak meninggalkan kantor pada tahun 2001, Clinton telah berpartisipasi dalam banyak kegiatan, termasuk memerangi pemanasan global, obesitas masa kecil, dan epidemi AIDS. Dia bekerja sama dengan mantan Presiden George H. W. Bush untuk mengumpulkan uang bagi korban tsunami tahun 2004 yang melanda Asia Selatan, serta korban Badai Katrina dan Rita. Bukunya tentang sukarela dan membantu orang lain - Giving (Memberi): Bagaimana Kita masing-masing dapat mengubah dunia - diterbitkan pada bulan September 2007.

Skandal Lewinsky

topi terkenal lewinsky skandal
Bill Clinton terlibat dalam hubungan seksual yang singkat dengan wanita berkelahiran San Fransisco yang bekerja di Gedung Putih pada masa jabatan pertama Clinton sebagai presiden. Berita skandal ini dan penyelidikannya, serta usul pemecatan terhadap Clinton dikenal dengan sebutan Skandal Lewinsky.

Seorang kepercayaan Lewinsky bernama Linda Tripp merekam secara diam-diam percakapan mereka dengan Lewinsky mengenai hubungannya dengan presiden pada saat itu. Tripp kemudian menyerahkan rekamannya kepada seorang jaksa independen Kenneth Starr, yang mengalihkannya dari investigasi atas skandal Whitewater.

Menurut pengakuan Lewinsky, mereka pernah melakukan hubungan seks oral di Oval Office dan tindakan seksual lainnya sehingga menyebabkan tuntutan pemecatan atas Bill Clinton karena telah berbohong di dalam keterangan di bawah sumpah serta menghalangi proses peradilan dalam skandal ini.

Clinton juga pernah menghindari tuduhan lain tentang pelanggaran seksual, yaitu hubungannya dengan Gennifer Flowers, penyanyi dan mantan pegawai pemerintah Arkansas dan Paula Jones, pegawai pemerintah Arkansas lainnya di sebuah kamar hotel di Little Rock. Ini semua terjadi pada masa pemerintahan Clinton sebagai gubernur Arkansas.

Pada tanggal 19 Agustus 1998, Kenneth Starr memberi bukti berupa baju biru dengan bekas tetesan sperma serta kesaksian Lewinsky yang menjelaskan bahwa sang presiden menggunakan sebatang cerutu dalam kelakukan seksual dengannya. Dress biru Lewinsky yang dibeli di toko The Gap ini kemudian disimpan oleh National Archives and Records Administration.

Menariknya, setelah diadili DPR AS, Clinton tak terbukti bersalah oleh Senat dan tidak diturunkan dari jabatannya. Selain itu, rating pekerjaannya pun meningkat di antara rakyat Amerika setelah dan selama skandal tersebut.

Lewinsky mengungkapkan bahwa hubungan gelapnya bermula ketika ia memperlihatkan pakaian dalamnya kepada sang presiden. Hal ini disebut olehnya sebagai "sikap yang kecil, halus, menggoda". Meski selama wawancara Lewinsky juga memberitahukan bahwa ia ingin berhubungan badan, namun hal ini tak terjadi, sebagaimana banyak orang mengiranya. Dalam laporan Starr, hubungan itu hanya berupa seks oral.

Dalam acara "20/20" di televisi ABC, Lewinsky mengatakan semuanya tentang rahasianya. Sebegitu dipergunjingkan acara prime tersebut sehingga tarif bayaran iklan untuk acaranya pun naik seperti roket. Bayangkan saja, kabarnya pemasang iklan sampai berani membuka tarif seharga 800.000 dollar AS atau senilai Rp 6,5 milyar lebih hanya untuk 30 detik iklan di acara tersebut.

No comments:

Post a Comment