Fakta Tentang KTT G20 di Bali

 KTT (atau Konferensi Tingkat Tinggi) G20 di bawah presidensi Indonesia digelar pada tanggal 15-16 bulan November 2022 di hari Selasa-Rabu yang berlokasi di Nusa Dua, Bali. 

Tempat yang dipilih untuk pertemuan para pemimpin dunia ini yaitu di The Apurva Kempinski, Bali. Perlu diingat juga bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang menjadi anggota G20. 

fakta mengenai ktt g20 bali

G20 tahun ini tema yang diangkat ialah "Recover Together, Recover Stronger". Fokus dari forum G20 2022 ini salah satunya ialah isu pemulihan ekonomi internasional yang tak merata, khususnya pascapandemik Covid-19. Melalui KTT tahun ini, Indonesia memberikan estafet presidensi G20 kepada India. 

G20 juga disebut dengan The Group of Twenty Finance Ministers and Central Bank Governors, Bahasa Indonesianya ialah Kelompok Duapuluh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kelompok 20 ekonomi utama (G20) ialah 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. 

Sejak berdirinya G20 di tahun 1999, ini kali pertama Indonesia terpilih sebagai Presidensi G20. Pada masa presidensi ini, Indonesia memiliki peran untuk menentukan agenda prioritas serta memimpin rangkaian pertemuan G20. 

Di sebuah postingan, telah berjejer pesawat milik berbagai pimpinan negara di Bandara Ngurah Rai. Ada yang menarik disini ialah bahwa kendaraan udara milik Indonesia terlihat paling mini dibandingkan dengan lainnya. 

joe biden di ktt g20 bali

Joe Biden, Presiden AS menjadi pemimpin pertama yang tiba untuk menghadiri KTT G20 di Bali. Presiden Amerika Serikat yang ke 46 tersebut tiba di Indonesia pada tanggal 13 November 2022 hari Minggu.

Seperti presiden Amerika Serikat lainnya, Joe Biden juga diketahui telah menyewa satu hotel full hanya untuk dirinya sendiri selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20. Ini dipercaya dilakukan karena dengan salah satu alasan yaitu keamanan. Dengan menyewa satu hotel maka mereka berhak melarang orang lain masuk ke area steril.

perdana menteri kamboja kena covid 19 di bali

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dilaporkan positif Covid-19 sehingga harus kembali ke negaranya. Karena kejadian tersebut, Perdana Menteri Kamboja ini tidak bisa hadir di hari pertama KTT G20 di Bali. 

ibu negara korsel viral di bali

Ibu negara Korsel Kim Keon-hee ramai dibahas oleh netizen Indonesia karena kecantikan dan kemodisannya. Bagaimana tidak, ia terlihat awet muda bahkan di usianya yang sudah 50 tahun.  

Kehadiran Xi Jinping, Presiden Tiongkok ke Bali merupakan perjalanan kedua baginya ke luar negeri semenjak pandemi. 

dua negara adidaya bertemu di bali

Akhirnya pertemuan antara presiden dua negara adidaya yaitu Amerika Serikat Joe Biden dan Tiongkok Xi Jinping terwujud di Bali. Pertemuan ini merupakan tatap muka pertama bagi kedua presiden tersebut sejak Joe Biden menjabat sebagai Presiden AS. 

Untuk pertama kalinya juga PM Inggris Rishi Sunak dan Presiden Tiongkok Xi Jinping bertemu. Ini merupakan pertemuan puncak yang pertama untuk dua negara tersebut dalam 5 tahun terakhir. 

Pemimpin perempuan hanyalah ada 2, yaitu Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan PM Italia Giorgia Meloni. Sedangkan pemimpin yang tidak hadir ada 3 yaitu Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. 

Salah satu rencana yang dibuat dalam KTT G20 adalah untuk mendamaikan Ukraina dan Rusia, namun sayangnya kedua presiden negara tersebut tidak hadir di lokasi. 

kain tenun endek mendunia di bali

Para pemimpin dunia yang berkumpul disitu kompak mengenakan kain Endek di acara gala dinner KTT G20. 

Salah satu yang menarik perhatian di acara penting ini yaitu mobil yang dibawa oleh dua pemimpin negara adidaya AS dan Tiongkok. Kedua mobil limosin tersebut diklaim sebagai salah satu mobil paling aman di dunia

Dalam sepekan terdapat 3 KTT di Asia Tenggara, antara lain KTT APEC, KTT ASEAN dan KTT G20. 

No comments:

Post a Comment