Fakta Tentang Mahathir Bin Mohamad - Perdana Menteri Malaysia Ketujuh

mahathir mohamad perdana menteri tertua
Dia berumur 93 tahun, menjadikannya pemimpin terpilih tertua di dunia. Dr Mahathir atau dipanggil juga dengan sebutan Dr. M, sekarang adalah pemimpin terpilih tertua di dunia, setelah berhasil menggulingkan partai Barisan Nasional (BN) untuk pertama kalinya dalam 61 tahun.

Ratu Elizabeth II, kini berada di posisi kedua sebagai pemimpin negara tertua dengan selisih hanya 285 hari. Sebelum diumumkan sebagai calon Perdana Menteri, Dr Mahathir sudah pensiun selama 15 tahun.

Anak dari kepala sekolah India-Melayu pertama di sekolah bahasa Inggris. Ayahnya adalah kepala sekolah India-Melayu pertama dari sekolah bahasa Inggris di Penang.

Bertemu istrinya di sekolah kedokteran di Singapura.
Cinta muncul di antara Mahathir dan teman sekelasnya, Siti Hasmah Mohamad Ali, ketika mereka bersekolah di sekolah kedokteran di Singapura.

Menulis untuk The Straits Times di kampus.
Menulis dengan nama pena “C.H.E. Det ", Mahathir merupakan penyumbang esai ke The Straits Times, bahkan ketika dia masih mahasiswa.

Karir politik 39 tahun dimulai dari awal.
Dia pertama kali menjabat pada tahun 1964, sebagai anggota Dewan Rakyat, di parlemen Malaysia. Dan kemudian dengan cepat naik pangkat, mengambil beberapa posisi di pemerintahan.
  • Menteri Pendidikan (5 Sep 1974 - 31 Des 1977)
  • Wakil Perdana Menteri (5 Mar 1976 - 16 Juli 1981)
  • Menteri Perdagangan dan Industri (1 Jan 1978 - 16 Juli 1981)
  • Menteri Pertahanan (18 Juli 1981 - 6 Mei 1986)
  • Menteri Dalam Negeri (8 Mei 1986 - 8 Jan 1999)
  • Menteri Keuangan (5 Jun 2001 - 31 Okt 2003)
  • Perdana Menteri Malaysia ke-4 (16 Juli 1981 - 31 Oktober 2003)
Meskipun ia secara resmi meninggalkan politik, ia bergabung kembali dengan oposisi untuk melawan mantan anak didiknya, Najib Razak yang dituduh melakukan mega korupsi dalam 1MDB.

Menjadi Perdana Menteri ketujuh Malaysia.
Ini terjadi setelah memimpin aliansi partai-partai oposisi - Pakatan Harapan (Alliance of Hope) - dengan suara mayoritas yang menggairahkan 113/222 kursi di parlemen.

Telah menggulingkan Anwar sebelumnya.
Salah satu seruan dari kampanye pemilihan Dr M 2018 adalah untuk mencari pengampunan kerajaan untuk Anwar Ibrahim.
Mr Ibrahim, mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, telah dipecat dan dituduh korupsi pada tahun 1998. Anwar kemudian dipenjarakan atas tuduhan sodomi, meskipun sebagai penerus yang dipilih menggantikan Mahathir, pada saat itu.

pemimpin negara tertua di dunia
Berencana untuk memaafkan Anwar & membuatnya menjadi PM.
Dr Mahathir berjanji untuk meminta pengampunan dari kerajaan untuk Anwar Ibrahim, membersihkan jalan baginya untuk merebut kembali tempatnya sebagai PM, setelah pemilihan.

Dia pernah berkata bahwa dia akan menjadi PM hanya untuk "dua tahun" paling lama, karena ia mungkin tidak dapat "tinggal untuk waktu yang lama". Ada juga kabar tentang pengangkatan istri Anwar, Wan Azizah, sebagai DPM wanita pertama Malaysia, untuk sementara.

Sekarang setelah Mahathir kembali menjadi PM, ini mungkin akan membuka jalan untuk penyelidikan atas dugaan kasus penyelewengan 1MDB Mr. Najib.

Pernah menjadi mentor Najib Razak, Perdana Menteri Malaysia keenam.
Sebagai kepala BN, Mahathir pernah membimbing PM Najib, yang menggantikannya pada tahun 2008. Namun, karena tuduhan korupsi yang terus-menerus, dan meletusnya skandal 1MDB, hubungan itu segera memburuk.

Dia adalah Perdana Menteri Malaysia pertama yang pernah bergabung pada 2 partai yang berbeda.
Pada 2016, Mahathir menjanjikan perhitungan untuk PM Najib, dan secara dramatis mengumumkan izinnya dari BN untuk bergabung dengan koalisi oposisi. Dia mengaku dia "malu" berada di partainya yang lama, yang dianggapnya telah mendukung "korupsi".

Ia bertanggung jawab atas banyak infrastruktur yang digunakan orang-orang Malaysia saat ini. Sesuai dengan gelarnya sebagai bapak modernisasi, Dr. Mahathir bertanggung jawab atas banyak infrastruktur yang digunakan orang Malaysia setiap hari, seperti Terowongan SMART dan KL Sentral. Selain itu, Anda tidak dapat melupakan warisannya, Menara Kembar Petronas yang ikonik yang masih menjadi menara kembar tertinggi di dunia.

No comments:

Post a Comment