Apakah China Merupakan Idola Baru Negara Berkembang


Dambisa Moyo adalah ekonom internasional yang menganalisa makroekonomi dan urusan global.

"Berikan aku kebebasan atau berikan aku kematian."


00:15
Ketika Patrick Henry, gubernur Virginia, mengatakan kata-kata ini pada tahun 1775, dia tidak akan pernah membayangkan betapa mereka akan beresonansi dengan generasi Amerika yang akan datang. Pada saat itu, kata-kata ini diperuntukkan dan ditargetkan untuk melawan Inggris, namun selama 200 tahun terakhir, mereka telah mewujudkan apa yang diyakini banyak orang Barat, bahwa kebebasan adalah nilai yang paling berharga, dan bahwa sistem politik dan ekonomi terbaik memiliki Kebebasan tertanam di dalamnya. Siapa yang bisa menyalahkan mereka? Selama seratus tahun terakhir, kombinasi demokrasi liberal dan private kapitalisme telah membantu melontarkan negara-negara Amerika Serikat dan Barat ke tingkat perkembangan ekonomi yang baru. Di Amerika Serikat selama seratus tahun terakhir, pendapatan meningkat 30 kali, dan ratusan ribu orang telah dibebaskan dari kemiskinan. Sementara itu, kecerdikan dan inovasi Amerika telah membantu memacu industrialisasi dan juga membantu penciptaan dan pembangunan hal-hal seperti peralatan rumah tangga seperti lemari es dan televisi, kendaraan bermotor dan bahkan ponsel di saku Anda. Tidak mengherankan jika pada saat krisis private kapitalisme, Presiden Obama mengatakan, "Pertanyaan di depan kita bukan apakah pasar itu kekuatan untuk kebaikan atau keburukan. Kekuasaan untuk menghasilkan kekayaan dan memperluas kebebasan tidak ada bandingannya. . " Dengan demikian, ada anggapan mendalam oleh orang-orang Barat bahwa seluruh dunia akan memutuskan untuk mengadopsi private kapitalisme sebagai model pertumbuhan ekonomi, demokrasi liberal, dan akan terus memprioritaskan hak politik atas hak ekonomi.

Namun, bagi banyak orang tinggal di pasar negara berkembang, ini adalah ilusi, dan walaupun Deklarasi Universal tentang Hak Asasi Manusia, yang ditandatangani pada tahun 1948, telah diadopsi dengan suara bulat, apa yang dilakukannya adalah untuk menutupi perpecahan yang muncul antara negara maju dan negara berkembang, dan keyakinan ideologis antara hak politik dan ekonomi. Perpecahan ini hanya tumbuh lebih luas. Saat ini, banyak orang yang tinggal di pasar negara berkembang, di mana 90 persen penduduk dunia tinggal, percaya bahwa obsesi Barat terhadap hak politik tidak penting, dan yang sebenarnya penting adalah memberikan makanan, tempat tinggal, pendidikan dan perawatan kesehatan. "Beri saya kebebasan atau berikan saya kematian" semuanya baik dan baik jika Anda mampu membelinya, tapi jika Anda hidup dengan harga kurang dari satu dolar sehari, Anda terlalu sibuk untuk bertahan dan mencukupi kebutuhan keluarga Anda daripada Luangkan waktu Anda untuk mencoba memproklamirkan dan membela demokrasi.

 03:04
Sekarang, saya tahu banyak orang di ruangan ini dan di seluruh dunia akan berpikir, "Sebenarnya ini sulit dipahami," karena kapitalisme swasta dan demokrasi liberal dianggap sakral. Tapi saya bertanya hari ini, apa yang akan Anda lakukan jika harus memilih? Bagaimana jika Anda harus memilih antara atap di atas kepala Anda dan hak untuk memilih?

Selama 10 tahun terakhir, saya memiliki hak istimewa untuk bepergian ke lebih dari 60 negara, banyak di antaranya di pasar negara berkembang, di Amerika Latin, Asia, dan benua saya sendiri di Afrika. Saya telah bertemu dengan presiden, pembangkang, pembuat kebijakan, pengacara, guru, dokter dan orang di jalan, dan melalui percakapan ini, menjadi jelas bagi saya bahwa banyak orang di pasar negara berkembang percaya bahwa sebenarnya ada perpecahan yang terjadi antara apa yang dipercayai secara ideologis oleh orang-orang dalam hal politik dan ekonomi di Barat dengan apa yang orang-orang percaya di belahan dunia lainnya.

04:03
Sekarang, jangan salah sangka. Saya tidak mengatakan orang-orang di pasar negara berkembang tidak mengerti demokrasi, atau saya mengatakan bahwa mereka tidak akan idealnya ingin memilih presiden atau pemimpin mereka. Tentu saja mereka mau. Namun, saya mengatakan bahwa, mereka lebih khawatir tentang dari mana mereka bisa memperoleh perbaikan standar kehidupan mereka, dan bagaimana pemerintah mereka dapat memberikannya, daripada apakah-tidaknya pemerintah akan dipilih oleh demokrasi atau tidak.

Kenyataannya adalah bahwa ini menjadi pertanyaan yang sangat pedas karena terdapat untuk pertama kalinya tantangan nyata bagi sistem politik dan ekonomi ideologis Barat, dan ini adalah sistem yang diwujudkan oleh China. Dan daripada memiliki private kapitalisme, mereka memiliki kapitalisme negara. Daripada demokrasi liberal, mereka memiliki de-prioritized democratic system. Dan mereka juga memutuskan untuk memprioritaskan hak ekonomi atas hak politik.

Saya mengatakan kepada Anda hari ini bahwa inilah sistem yang diwujudkan oleh China yang mengumpulkan momentum di antara orang-orang di pasar negara berkembang sebagai sistem untuk diikuti, karena mereka semakin percaya bahwa sistem inilah yang akan menjanjikan perbaikan terbaik dan tercepat dalam standar hidup pada periode waktu tersingkat. Jika Anda akan memanjakan saya, saya akan meluangkan beberapa saat untuk menjelaskan pertama mengapa secara ekonomi mereka sampai pada kepercayaan ini.

05:28
Pertama-tama, adalah kinerja ekonomi China selama 30 tahun terakhir. Dia mampu menghasilkan rekor pertumbuhan ekonomi dan membuat banyak orang keluar dari kemiskinan, yang secara spesifik memindahkan lebih dari 300 juta orang dari kemiskinan. Ini bukan hanya di bidang ekonomi, tapi juga dalam hal standar hidup. Kami melihat bahwa di China, 28 persen orang memiliki akses sekolah menengah. Saat ini, mendekati 82 persen. Jadi secara keseluruhan, perbaikan ekonomi cukup signifikan.

Kedua, China telah mampu meningkatkan kesejahteraan tanpa mengubah konstruk politik. Saat ini, Amerika Serikat dan China adalah dua negara ekonomi terkemuka di dunia. Mereka memiliki sistem politik yang sangat berbeda dan sistem ekonomi yang berbeda, yang satu memiliki private kapitalisme, dan satunya lagi state kapitalisme. Namun, kedua negara ini memiliki Koefisien GINI yang identik, yang merupakan ukuran persamaan pendapatan. Mungkin yang lebih mengganggu adalah bahwa persamaan pendapatan China telah meningkat dalam beberapa saat terakhir, sementara Amerika Serikat malah menurun.

06:46
Ketiga, orang-orang di pasar negara berkembang melihat peluncuran infrastruktur China yang menakjubkan dan legendaris. Ini bukan hanya tentang China yang membangun jalan dan pelabuhan dan kereta api di negaranya sendiri - dia mampu membangun 85.000 kilometer jaringan jalan di China dan melampaui Amerika Serikat - namun bahkan jika Anda melihat ke tempat-tempat seperti Afrika, China Telah mampu membantu tar jarak Cape Town ke Kairo, yang 9.000 km, atau tiga kali jarak New York ke California. Sekarang ini adalah sesuatu yang bisa dilihat dan ditunjukkan orang. Mungkin tidak mengherankan bahwa dalam survei Pew 2007, ketika disurvei, orang Afrika di 10 negara mengatakan bahwa mereka berpikir bahwa orang Tionghoa melakukan hal-hal menakjubkan untuk memperbaiki penghidupan mereka dengan marjin yang luas, sebanyak 98 persen.

Finally, China juga memberikan solusi inovatif untuk masalah sosial usia tua yang dihadapi dunia. Jika Anda bepergian ke Mogadishu, Mexico City atau Mumbai, Anda mendapati bahwa infrastruktur dan logistik yang buruk kondisinya terus menjadi batu sandungan bagi pengiriman obat-obatan dan perawatan kesehatan di daerah pedesaan. Namun, melalui jaringan perusahaan milik negara, orang Tionghoa telah mampu memasuki kawasan pedesaan ini, menggunakan perusahaan mereka untuk membantu solusi kesehatan ini.

08:11
Tuan-tuan dan Nyonya-nyonya, tidak mengherankan bahwa di seluruh dunia, orang-orang menunjuk pada apa yang China lakukan dan katakan, "Saya suka itu, saya menginginkan itu, saya ingin bisa melakukan apa yang dilakukan orang China. Itulah sistem yang tampaknya bekerja." Saya di sini juga mengatakan bahwa ada banyak perubahan yang terjadi seputar apa yang sedang dilakukan China dalam hal democratic stance. Terdapat keraguan yang berkembang di antara orang-orang di pasar negara berkembang, ketika orang sekarang percaya bahwa demokrasi tidak lagi dipandang sebagai prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi.

Apa yang Memberitahukan kita dari hal ini bahwa kita perlu terlebih dahulu membangun kelas menengah yang mampu mng-hold pertanggungjawaban pemerintah. Tapi ini mungkin juga memberitahu kita bahwa kita seharusnya khawatir tentang berkeliling dunia dan memaksakan demokrasi, karena pada akhirnya kita menanggung risiko berakhir dengan demokrasi yang tidak liberal, demokrasi yang dalam beberapa hal bisa lebih buruk daripada pemerintah otoriter yang ingin mereka ganti.

09:52
Bukti seputar demokrasi yang tidak liberal cukup menyedihkan. Freedom House menemukan bahwa meskipun 50 persen negara di dunia sekarang demokratis, 70 persen negara tersebut tidak liberal dalam arti bahwa orang tidak memiliki kebebasan berbicara atau kebebasan bergerak. Tapi juga, kami menemukan dari Freedom House dalam sebuah penelitian yang mereka publikasikan tahun lalu bahwa kebebasan telah menurun setiap tahun selama tujuh tahun terakhir.

Apa yang dikatakan dari hal ini bahwa bagi orang-orang seperti saya yang peduli dengan demokrasi liberal, harus menemukan cara yang lebih sustainable untuk memastikan bahwa kita memiliki bentuk demokrasi yang sustainable secara liberal, dan itu berakar pada ekonomi. Tapi hal ini juga mengatakan bahwa selagi China bergerak menuju ekonomi terbesar di dunia, sesuatu yang telah diduga akan terjadi oleh para ahli pada tahun 2016, bahwa perpecahan antara ideologi politik dan ekonomi Barat dan yang lainnya cenderung melebar.

Seperti apa dunia akan terlihat ketika itu? Nah, dunia bisa terlihat seperti keterlibatan negara dan kapitalisme negara; Proteksi yang lebih besar dari negara-negara; Tapi juga, seperti yang baru saya tunjukkan beberapa saat yang lalu, hak politik dan hak individu yang terus menurun.

11:09
Pertanyaan yang tersisa untuk kita pada umumnya adalah, lalu apa yang seharusnya dilakukan orang Barat? Dan saya sarankan mereka punya dua pilihan. Barat bisa bersaing atau bekerja sama.  Jika Barat memilih untuk bersaing dengan model China, dan pada dasarnya berkeliling dunia dan terus mencoba dan mendorong sebuah agenda kapitalisme pribadi dan demokrasi liberal, ini pada dasarnya bertentangan dengan angin topan, , Tetapi juga akan menjadi sikap alami bagi Barat untuk diambil karena dalam banyak hal ini merupakan antitesis dari model Cina untuk de-prioritizing demokrasi, dan kapitalisme negara. Sekarang faktanya adalah, jika Barat memutuskan untuk bersaing, maka akan menciptakan perpecahan yang lebih luas. Pilihan lainnya adalah agar Barat dapat bekerja sama, dan dengan bekerja sama, saya maksud memberi negara-negara emerging market fleksibilitas untuk mengetahui secara organik sistem politik dan ekonomi mana yang terbaik bagi mereka.

Sekarang saya yakin beberapa dari Anda di ruangan akan berpikir, nah, ini seperti mengalah ke China, dan ini adalah caranya, dengan kata lain, saatnya bagi Barat untuk mengambil tempat duduk belakang. Tapi saya katakan kepada Anda bahwa jika negara-negara Amerika Serikat dan Eropa ingin tetap berpengaruh secara global, mereka mungkin harus mempertimbangkan untuk bekerja sama dalam jangka pendek agar dapat bersaing, dan dengan itu, mereka mungkin harus lebih fokus secara agresif terhadap economic outcomes untuk membantu menciptakan kelas menengah dan oleh karena itu dapat meng-hold pertanggungjawaban pemerintah dan menciptakan demokrasi yang sebenarnya kita inginkan.

12:41
Faktanya adalah bahwa daripada berkeliling dunia dan mengatakan ke negara-negara untuk melibatkan diri dengan China, Barat harus mendorong usaha sendiri untuk berdagang dan berinvestasi di wilayah ini. Daripada mengkritik Cina atas perilaku buruknya, Barat seharusnya menjelaskan bagaimana sistem politik dan ekonomi mereka sendiri adalah yang superior. Dan daripada memaksakan demokrasi di seluruh dunia, mungkin Barat seharusnya mengikuti buku sejarahnya sendiri dan ingat bahwa dibutuhkan banyak kesabaran untuk mengembangkan model dan sistem yang Anda miliki saat ini.

Padahal, Hakim Agung Stephen Breyer mengingatkan kita bahwa Amerika Serikat hampir 170 tahun sejak Konstitusi ditulis agar terdapat equal right di Amerika Serikat. Beberapa orang berpendapat bahwa sampai saat ini masih belum ada equal rights. Sebenarnya, ada kelompok yang berpendapat bahwa mereka masih tidak memiliki hak yang sama di bawah hukum.

13:44
At its very best, model Barat berbicara untuk dirinya sendiri. Ini adalah model yang menaruh makanan di atas meja. Lemari esnya. Ini menempatkan seorang pria di bulan. Tapi faktanya adalah, walaupun orang-orang pada zaman dulu menunjuk negara-negara Barat dan berkata, "Saya menginginkan itu, saya suka itu," sekarang ada orang baru di kota dalam bentuk sebuah negara, China. Saat ini, generasi melihat China dan mengatakan, "China dapat menghasilkan infrastruktur, China dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi, dan kami menyukainya."

Karena pada akhirnya, pertanyaan di depan kita, dan pertanyaan di depan tujuh miliar orang di planet ini, bagaimana kita bisa menciptakan kemakmuran? Orang yang peduli dan menganut model politik dan ekonomi dengan cara yang sangat rasional, terhadap model yang akan memastikan bahwa mereka dapat memiliki standar kehidupan yang lebih baik dalam periode waktu yang sesingkat-singkatnya.

14:36
Saat Anda pergi dari sini hari ini, saya ingin meninggalkan Anda dengan pesan yang sangat pribadi, itulah yang saya percaya seharusnya kita lakukan sebagai individu, dan ini benar-benar tentang berpikiran terbuka, berpikiran terbuka terhadap fakta bahwa Harapan dan impian kita untuk menciptakan kemakmuran bagi orang-orang di seluruh dunia, menciptakan dan secara bermakna mengurangi kemiskinan bagi ratusan juta orang, harus didasarkan pada keterbukaan, karena sistem ini memiliki hal-hal yang baik dan tentu juga memiliki hal-hal buruk.

Hanya untuk mengilustrasikan, saya masuk ke dalam sejarah saya sendiri. Itu foto saya.

Awww. (Tawa)

15:16
Saya lahir dan besar di Zambia pada tahun 1969. Pada saat kelahiran saya, orang kulit hitam tidak diberikan akte kelahiran, dan undang-undang tersebut baru saja berubah pada tahun 1973. Ini adalah sebuah pernyataan tertulis dari pemerintah Zambia. Saya membawa ini kepada Anda untuk memberi tahu Anda bahwa dalam 40 tahun, saya telah hadir dengan tidak diakui sebagai manusia sampai berdiri di depan kerumunan TED yang terkenal hari ini untuk berbicara kepada Anda tentang pandangan saya. Dalam hal ini, kita dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kita dapat mengurangi kemiskinan secara berarti.

Tapi juga, akan dibutuhkan oleh kita untuk melihat asumsi, asumsi dan stricture yang kita tumbuh bersama seputar demokrasi, seputar private kapitalisme, seputar apa yang telah menciptakan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan dan menciptakan kebebasan. Kita mungkin harus merobek buku-buku tersebut dan mulai melihat pilihan lain dan berpikiran terbuka untuk mencari kebenaran. Pada akhirnya, ini tentang mengubah dunia dan menjadikannya tempat yang lebih baik.

Terima kasih banyak.

(Tepuk tangan)

No comments:

Post a Comment