Wednesday, February 20, 2008

Fakta Tentang Abraham Lincoln - Salah Satu Presiden Terhebat Amerika

patung presiden amerika abraham lincoln
Siapakah ikon presiden America yang paling dikenal sepanjang sejarah - tidak heran lagi jika banyak yang akan mengatakan: Abraham Lincoln. Presiden Amerika yang ke 16 ini patungnya dapat ditemukan dmana mana, dari Washington DC, hinga ke Manchester di Ingris serta museum lilin Madame Tussaud.

Abrahalm Lincoln merupakan presiden Amerika Serikat yang ke 16.

foto muka abraham lincoln
Lincoln dianggap sebagai salah satu tiga presiden Amerika terhebat sepanjang sejarah – ia mampu memimpin bangsanya keluar dari perang saudara Amerika, menghapuskan perbudakan, dan mempertahankan persatuan bangsa.

Abraham Lincoln juga merupakan presiden Amerika pertama yang dibunuh.

Lincoln juga merupakan presiden Amerika pertama yang memiliki jenggot.

Abraham Lincoln juga merupakan presiden Amerika tertinggi (dengan tinggi badan sekitar 1,95 meter).

Sebelum dilantik sebagai presiden pertama dari Partai Republik, Lincoln yang lahir di keluarga miskin ini pernah berprofesi sebagai pengacara, anggota legislatif Illonis, anggota DPR Amerika Serikat dan dua kali berkampanye untuk pemilihan Senat AS.

presiden amerika tertinggi terberat dan terpendek

Lincoln bersekolah hanya selama 18 bulan. Setelah itu dia banyak belajar sendiri secara otodidak dan membaca begitu banyak buku. Kedua orang tua Lincoln juga seorang petani yang tidak berpendidikan.

Selama perang saudara, Lincoln mengawasi dengan ketat jenderal utamanya. Dia berperan dalam meredakan peristiwa Trent Affair dengan Inggris tahun 1861.

Emansipation Proclamation yang dikeluarkan di bulan September 1862 merupakan tanda berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat.

Pidato Abraham Lincoln di Gettysburg (19 November 1863) menjadi salah satu pidato politik yang paling dikutip dalam sejarah. Pidato yang dilakukan di makam prajurit Gettysburg, Pennsylvania itu menandai berakhirnya pertempuran berdarah Gettysburg dan Perang Saudara Amerika.

pidato gettysburg


Lincoln jago bergulat dan mahir menggunakan kapak tapi dia tidak suka berburu karena dia sangat menyayangi binatang.

Lincoln memiliki hewan peliharaan; kuda, kucing, anjing dan kalkun.

Selama tahun 1800-an, Lincoln diketahui menderita depresi, insomnia, trauma, kecemasan, dan depresi dari tahun ke tahun.

Satu-satu saudara laki lakinya meninggal saat masih bayi. Ibu, paman dan bibinya meninggal karena epidemi pada saat Lincoln berusia 9 tahun. 10 tahun kemudian kakak perempuannya juga meninggal saat persalinan.

Tak sampai disitu, ia juga sempat bertunangan dengan Anne, tapi Anne Rutledge meninggal karena tiroid dan membuat perasaan Lincoln amat hancur. Ia juga kemudian bertunangan dan menikah dengan Mary Todd walaupun ia mencintai Matilda Edwards secara diam diam. Ketika hubungannya dengan Matilda berakhir, ia tampak semakin ‘gila’.

Istrinya yg bernama Mary Todd Lincoln dibesarkan di keluarga yang kaya. Orang tua Mary tidak setuju dengan pernikahan mereka, alasannya karena Abraham memiliki latar belakang yang buruk.

Abraham memiliki empat anak, Robert Todd Lincoln, Edward Lincoln, Willie Lincoln, dan Tad Lincoln. Hanya Robert Todd Lincoln yg bertahan sampai dewasa. Toga dari empat anaknya meninggal sebelum ulang tahun yang ke 20.

Lincoln dibunuh ketika menonton pertunjukkan teater di theater ford.

Kakak dari John Wilkes Booth (pembunuh Abraham Lincoln), pernah menyelamatkan nyawa Robert Todd Lincoln (anaknya Lincoln) beberapa bulan sebelum presiden tersebut dibunuh. Robert ditarik Edwin sehingga terselamatkan dari tertabraknya kereta di tahun 1864 di Jersey City. Robert Todd Lincoln segera mengenali penyelamat-nya: Edwin Booth. (Dalam sebuah peristiwa yang aneh, pada hari pemakaman Edwin Booth, 9 Juni 1983, Ford Theater rubuh, menewaskan 22 orang.)

presiden amerika terbaik sepanjang sejarah
Patung abraham lincoln di Edinburg Scotlandia
Ketika Robert Todd Lincoln menolak undangan dari ayahnya yang hendak menyaksikan pertunjukkan teater, ayahnya tertembak pada saat itu. Kemudian saat anaknya menjadi menteri perang pada masa presiden James Garfield, Robert Todd Lincoln diangkat selama empat bulan dan ketika berdua dalam perjalanan ke New Jersey, James Garfield juga tertembak. Terakhir, ketika Robert Todd Lincoln diundang ke acara president Mc Kindley, ketika berada di ruangan bersama presiden, Mc Kinley pun tertembak. Sejak itu ia tidak mau menhadiri acara undangan dari presiden mana pun.

Abraham Lincoln tidak pernah bergabung di gereja manapun sepanjang hidupnya.

Ayahnya menikah lagi dengan seorang janda, dan Abraham sangat dekat dengan ibu tirinya.

Meskipun Lincoln kuat, pegulat berbakat, dan mahir menggunakan kapak, namun ia tidak suka membunuh dan melukai hewan.

Apakah masih ada keturunan langsung dari Abraham Lincoln? Tidak, Robert Todd Lincoln, satu-satunya anak yang mencapai dewasa dan menikah, memiliki tiga anak: Maria, Abraham dan Jessie. Anak tunggal Mary, Lincoln Isham, tidak memiliki anak. Abraham hidup dari 1873-1890 dan tidak memiliki anak. Jessie, yg memiliki dua anak; Mary Beckwith dan Robert Todd Lincoln Beckwith, keduanya juga tidak memiliki anak.

abraham lincoln marga keturunan anak


Satu minggu sebelum kematiannya, Lincoln bermimpi seseorang sedang menangis di Gedung Putih, ketika ia masuk ke ruang tersebut ia bertanya siapa yg telah meninggal. Orang di ruangan menjawab "Presiden". Ketika ia melihat ke peti mati tersebut ia melihat wajahnya sendiri. Dia pernah menyampaikan hal ini kepada Ward Hill Lamon, pengawal utamanya.

No comments:

Post a Comment