Wednesday, February 20, 2008

Fakta Tentang John F Kennedy - Presiden Amerika ke 35

presiden amerika ke 35
John Fitzgerald Kennedy, atau dikenal juga dengan Jack Kennedy atau inisial namanya, JFK adalah presiden Amerika yang ke 35 – terpilih di tahun 1960 dan mulai menjabat pada tanggal 20 Januari 1961.

John Fitzgerald Kennedy lahir pada tanggal 29 Mei 1917, di Brookline, Massachusetts.

Pada umur 43, John F. Kennedy menjadi orang termuda pertama yang terpilih menjadi presiden Amerika Serikat. Ia juga merupakan presiden Amerika kedua termuda setelah Theodore Roosevelt, dan sekaligus orang pertama yang lahir di abad ke 20 yang menjadi presiden.

fakta menarik mengenai john f kennedy
Peristiwa penting yang terjadi selama kepresidenannya termasuk Invasi Teluk Babi, Krisis Rudal Kuba, Space Race - penjelajahan angkasa yang dimulai dengan proyek Apollo (yang kemudian berakhir pada pendaratan di bulan), pembangunan Tembok Berlin, Gerakan Hak-Hak Sipil Afrika-Amerika, dan meningkatnya keterlibatan AS dalam Perang Vietnam.

Kedua keluarga Fitzgeralds dan Kennedy merupakan keluarga Irlandia Katolik Boston yang kaya dan terkemuka.

Kakek dari pihak ayah Kennedy, PJ Kennedy, adalah seorang bankir yang kaya dan pedagang minuman keras, dan kakek dari pihak ibu, John E. Fitzgerald, dijuluki "Honey Fitz," adalah seorang politikus yang kuat yang menjabat sebagai anggota Kongres dan sebagai walikota Boston.

Ibu Kennedy, Rose Elizabeth Fitzgerald, adalah debutan Boston, dan ayahnya, Joseph Kennedy Sr., adalah seorang bankir sukses yang menghasilkan banyak uang di pasar saham setelah Perang Dunia I.

Dilahirkan di salah satu keluarga terkaya dan paling berkuasa, ayah John F Kennedy ditunjuk oleh Franklin D. Roosevelt menjadi kepala US Securities and Exchange Commission (SEC). Pada 1938, dia juga diangkat menjadi duta besar untuk Inggris. JFK adalah anak kedua dari sembilan anaknya.

Saudara saudara kandungnya termasuk Eunice Kennedy, pendiri Special Olympics; Robert Kennedy, seorang Jaksa Agung AS; dan Ted Kennedy, salah satu senator paling kuat dalam sejarah Amerika.

Pada saat Perang Dunia kedua, JFK pernah menjadi komandan Kapal Torpedo Motor PT-109 dan PT-59 di Pasifik Selatan, setelah itu ia menjadi perwakilan distrik kongres ke-11 Massachusetts di DPR sejak 1947 sampai 1953 dari Partai Demokrat. Ia kemudian menjabat di Senat Amerika Serikat sejak 1953 sampai 1960.

Pada tanggal 2 Agustus 1943, perahunya, PT-109, ditabrak oleh sebuah kapal perang destroyer Jepang dan terbelah dua. Dua pelaut tewas dan Kennedy juga terluka terutama punggungnya. JFK berenang berjam-jam ke pesisir sambil menyelamatkan seorang kru yang cedera parah. Insiden ini membuatnya memperoleh Navy and Marine Corps Medal karena kepahlawanannya dan Purple Heart karena cedera yang dideritanya.

istri john f kennedy
Kennedy menikah dengan Jacqueline Bouvier Lee pada 12 September 1953, dengan siapa ia memiliki tiga anak: Caroline, John Fitzgerald, Jr (meninggal dalam kecelakaan pesawat tahun 1999), dan Patrick Bouvier (meninggal saat masih bayi).

Dalam pidato yang dilakukan pada tahun 1961, Kennedy tercatat sebagai berbicara 327 kata per menit, tingkat tercepat berbicara di depan umum dalam sejarah. Oleh karena itu, ia tercatat dalam Guinness World Record untuk pembicara publik tercepat (fastest public speaker).

Keempat kakek nenek Kennedy adalah imigran Irlandia ke Amerika Serikat. Kennedy adalah satu-satunya presiden AS yang neneknya hidup lebih lama daripada dirinya.

John F Kennedy memiliki kesehatan yang buruk, ia didiagnosis menderita penyakit Addison, osteoporosis, dan gangguan punggung sepanjang hidupnya.

John F. Kennedy tewas karena ditembak oleh sniper yang bernama Lee Harvey Oswald saat melakukan kunjungan ke Dallas (Texas) dengan istrinya pada 22 November 1963.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete