Sunday, February 17, 2008

Fakta Tentang Sergey Brin - Pendiri Google

fakta tentang sergey brin
Sergey Mikhailovich Brin lahir di Uni Soviet pada tanggal 21 Agustus 1973. Keluarganya berimigrasi ke Amerika Serikat ketika ia berusia enam tahun dan memulai kehidupan baru di Maryland.

Sergey Brin, yang ayahnya adalah seorang ekonom matematika asal Soviet, lahir dari keluarga Yahudi di Moskow. Ayah Sergey, Michael Brin selalu bermimpi menjadi seorang astronom. Pada tahun 1979, ia dan keluarganya melarikan diri (karena minimnya kebebasan untuk mengeluarkan ide-idenya) dan beremigrasi ke Amerika. Brin mempelajari ilmu komputer sains dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page.

Sergey terus mengikuti jejak ayahnya, belajar matematika, serta mengambil ilmu komputer sains di University of Maryland. Dia kemudian pindah ke Stanford University untuk gelar doktor. Di sini ia bertemu teman baru, Larry Page dan keduanya mulai bekerja untuk mendirikan teknologi baru di sebuah ruang sempit seperti gudang.

Dua jenius komputer ini sering menghabiskan waktu malamnya bekerja di tempat ruang bawah tanah milik Susan Wojcicki. Susan Wojcicki sekarang menjabat sebagai Senior Vice President, Advertising dan adiknya Anne Wojcicki menikah dengan Sergey Brin.

sergey brin dan istrinya Anne Wojcicki


Awalnya mesin pencari yang mereka buat dinamakan 'BackRub'. Situs ini dioperasikan di server Stanford pada 1996 sampai mulai mengambil terlalu banyak bandwidth. Pada tahun 1997, Sergey dan Larry memutuskan untuk mengubah nama mesin pencari mereka dari 'Backrub' ke 'Google' yang kita kenal sekarang.

Karyawan pertama Google Inc adalah Craig Silverstein, seorang mahasiswa lulusan ilmu komputer sains di Stanford. Ia dipekerjakan bulan September 1998. Saat ini menjabat sebagai direktur teknologi di Google.

Menurut website-nya, Misi Google adalah untuk mengatur dan merapikan semua informasi yang ada di dunia dan membuatnya dapat diakses secara universal.

Dengan dukungan dari keluarga, sahabat, teman, dan investor luar (termasuk Stanford profesor David Cheriton, yang menulis salah satu cek pertama sebesar $100.000) Larry Page dan Sergey Brin mampu mengumpulkan $1 juta dan menjalankan perusahaan Google, Inc pada tahun 1998. Sejak saat itu, mesin pencari Google menjadi yang paling populer dari teknologi sejenisnya dan memperoleh lebih dari 300 juta hits perhari.

perusahaan raksasa google amerika


Pada bulan Mei 2011, lebih dari 1 miliar pengunjung unik mengunjungi situs Google, naik 8,4% dari tahun sebelumnya. Microsoft masuk peringkat kedua dengan 905 juta pengunjung. Facebook dan Yahoo memegang posisi ketiga dan keempat dengan 714 juta dan 689 juta pengunjung.

Google memperoleh 99% keuntungannya dari iklan.

Perusahaan juga membayar mahal, sekitar US$300 juta setiap tahun agar mesin pencari mereka tetap terpasang secara default pada peramban besutan Mozilla yaitu Firefox.

Pada bulan November 2009, Sergey Brin dan Larry Page dianggap sebagai orang-orang yang paling berpengaruh kelima di dunia oleh majalah Forbes.

pendiri google orang yang paling berpengaruh


Pada bulan Juni 2006, Oxford English Dictionary (OED) memasukkan "Google" sebagai kata kerja.

Menurut Alexa (perusahaan informasi web), Google merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di Internet secara global.

server mesin pencari google


Menurut beberapa peneliti Web, Google lah yang membantu mentenarkan Wikipedia sebagai sumber informasi karena lebih dari 50% pengunjung di Wikipedia datang dari Google.

Pada tahun 2011, Google mengklaim bahwa pemerintah Cina telah mencegah pengguna Gmail di China untuk mengakses account mereka. Dilaporkan bahwa tujuan China dalam tindakan tersebut adalah untuk mencegah online revolutionary talk.

Brin telah menyumbang lebih dari $100 juta demi penelitian untuk Parkinson, gangguan neurologis degeneratif. Ibu Brin didiagnosis dengan Parkinson, dan Brin memiliki 50-50 kemungkinan terkena penyakit tersebut.

Brin pernah datang ke Indonesia untuk bertemu langsung dengan pemangku kepentingan. Brin bahkan tertarik melihat perkembangan start up yang sangat pesat, salah satunya Gojek.

Pada tahun 2008, Sergey Brin berinvestasi sebesar $4.5 juta di sebuah perusahaan yang bernama Space Adventures. Ini adalah sebuah perusahaan AS untuk pariwisata ruang angkasa yang mengirim wisatawan ke orbit. Investasinya dianggap sebagai bagian dari tiket masa depan bagi penerbangannya ke luar angkasa.

Pada tahun 2008, Brin menikah dengan Anne Wojcicki, seorang CEO perusahaan generik 23andMe dan juga adik dari karyawan Google Susan Wojcicki. Menikah di sebuah lokasi yang dirahasiakan di Bahama, dan melahirkan dua orang anak. Pada 2013, mereka bercerai setelah Brin diketahui selingkuh dengan kariawannya sendiri.

No comments:

Post a Comment