Wednesday, February 13, 2008

Fakta Unik Tentang Bruce Lee

fakta bruce lee
Keluarga Bruce Lee memberi dia nama perempuan, yaitu “Sai Fon” yang artinya “Phoenix Kecil”. Keluarganya lebih suka memanggil dia dengan nama itu karena mereka percaya roh jahat tidak suka laki laki di keluarga mereka (anak laki pertama mereka meninggal saat masih bayi). Jadi dengan memberi nama perempuan mereka percaya roh jahat akan tertipu.

Nama ‘Bruce’ itu sendiri diberikan oleh suster yang bekerja di Jackson Street Hospital, SanFrancisco.

Bruce pindah ke Hong Kong pada usia 3 bulan. Pada usia ke 18, Bruce balik lagi ke Amerika dengan $ 100 dalam pocketnya dan bekerja sebagai pelayan.

Bruce Lee bukanlah 100 persen berdarah Cina – dia sebenarnya campuran antara Cina (ayahnya) dan blasteran Cina-Jerman (kakek dari ibunya).

Bruce Lee sering bermasalah pada saat dia bersekolah. Setelah sekolah dasar, Bruce memasuki La Salle College, sebuah sekolah menengah anak-anak berbahasa Inggris 'di Kowloon, Hong Kong, di mana ia sering membuat masalah. Bruce diusir dari La Salle karena perilaku dia yang mengganggu. Bahkan setelah orang tuanya memindahkan dia ke sekolah lain, Bruce terus terlibat dalam perkelahian jalanan.

Bruce Lee pernah kalah berkelahi pada saat ia berusia 13 tahun. Karena kekalahannya itu dia pergi berguru pada master Wing Chun bernama Yip Man.

bruce lee dan ipman

Bruce belajar menari serajin dia belajar seni bela diri: dia juga sebenarnya jago menari, pada usia 18 tahun, dia memenangkan 1958 Hong Kong Cha Cha Championship! Bruce juga seorang petinju yang tangguh: ia memenangkan Kejuaraan Tinju 1958 - dengan KO, tentu saja.


bruce lee menari cha cha

Saat diwawancara, Bruce ditanya, menurut dia otot bagian mana yang paling penting, jawabnya “Kekuatanku berasal dari perut, menurutku dsitu pusat gravitasi dan sumber dari power”.

Sebelum Bruce Lee jadi terkenal, dolo waktu saat remaja dia juga seorang ketua gang, nama gangnya The Tigers of Junction street.

Bruce Lee memiliki cacat bawaan – testis yang besar sebelah, dan kaki yang panjang sebelah.

Bruce Lee mengajarkan Kung Fu kepada semua orang di Amerika tanpa memilih-milih ras, suku dan agama, sehingga dia ditantang oleh perguruan Kung Fu lainnya dengan tuduhan membocorkan rahasia Chinese Martial Art kepada ras lain. Dalam perjanjian pertandingan tersebut Bruce Lee harus menghentikan ajarannya jika dia terbukti kalah. Bruce Lee menerima tantangan tersebut dan dalam waktu sekitar 3 menit Bruce Lee berhasil mengalahkan musuhnya.

penyebab bruce lee meninggal

Karena permintaan les Kung Fu privat bersama Bruce Lee meningkat tajam, biaya lesnya pun naik seharga $275 per jam.

Pada saat pembuatan film ‘Enter the Dragon’ banyak kru khususnya yang dari Asia menantang Bruce Lee untuk berkelahi. Popularitas Bruce Lee tentu banyak menarik jiwa penasaran yang ingin mencoba untuk membuktikan bahwa mereka lebih hebat dari dia. Sebagian dari mereka cukup tangguh dan cepat tetapi tetap saja tidak bisa menyentuh Bruce Lee apalagi mengalahkannya. Bruce terbukti tidak terkalahkan pada hari itu. Dan Bruce juga memutuskan untuk tidak memecatnya tetapi malah mengajarkan untuk memberi kemajuan.

Tiap hari, Bruce Lee melakukan latihan rutin, yaitu 2000 tendangan, 5000 pukulan, 100 sit up twist, 360 waist twist, 200 leaning twist, dan 200 tendangan kodok.

Dalam film Dragon The Bruce Lee Story, ada beberapa bagian dalam film itu dilaporkan tidak menceritakan kisah Bruce Lee yang sesungguhnya, salah satunya adalah ketika Bruce Lee ditendang punggungnya dari belakang secara tiba-tiba dan membuatnya menjadi lumpuh.

cerita bruce lee

Dalam kejadian nyata, cedera Bruce dilaporkan karena akibat latihan yang terlalu berat yang dilakukan oleh Bruce dan akhirnya dia harus masuk rumah sakit karena cedera tulang belakang. Adegan lain yang diklaim tidak akurat adalah pada saat dia duduk di kursi roda (Bruce tidak pernah duduk di kursi roda).

kisah bruce lee

Anaknya Bruce Lee yang bernama Brandon juga meninggal secara misterius, tertembak pada saat syuting "The Crow".

brandon lee anak bruce lee

Patung lilin Bruce Lee dipamerkan di Museum Madame Tussauds, HoIlywood Boulevard, Los Angeles dan diresmikan oleh Shannon Lee, putrinya Bruce pada pertengahan Februari 2010.

patung bruce lee di amerika

Bruce Lee meninggal pada usia ke 32, dan beragam spekulasi tentang kematiannya pun bermunculan, seperti dibunuh oleh mafia Cina karena menyebarkan Kung Fu, dikutuk karena telah membeli rumah berhantu, dsb. Banyak juga yang melaporkan bahwa beberapa obat penghilang rasa sakit yang diberikan oleh Betty Ting Pei juga mengakibatkan reaksi alergi yang membunuhnya.

Apa penyebab kematian Bruce Lee sesuai yang dilaporkan pada saat itu? Edema otak.

Beberapa waktu sebelum kematiannya, Ba Gua (cermin feng shui penangkal energi jahat) pada rumah Bruce Lee jatuh tertiup angin.


Menurut informasi yang diambil dari berbagai documentaries dan majalah (sebagian juga merupakan beberapa kutipan dari teman-teman terdekatnya):

  • Bruce pernah mengadakan suatu trick untuk memamerkan kecepatan tangannya, dimana dia menyuruh seseorang untuk meletakkan coin diatas telapak tangannya. Bruce mampu mengambil coin tersebut sebelum orangnya berhasil menutup telapak tangannya.
  • Pukulan Bruce Lee memiliki kecepatan 1/500 detik dari jarak sekitar 1 meter ke sasaran.
  • Adegan Kung Fu Bruce terlalu cepat untuk ditangkap dengan kamera berkecepatan 24fps (frame per second), sehingga banyak adegan yang dilakukan Bruce Lee terpaksa direkam pada kecepatan 32 fps supaya gerakan laga Bruce bisa terlihat pada film (biasanya film action dipercepat).
  • Bruce Lee bisa melompat setinggi 8 feet dari posisi berdiri (ini pernah dilakukannya di film saat Bruce menendang lampu gantung pecah).
tendangan bruce lee

  • Bruce Lee bisa melakukan push up hanya dengan dua jari (telunjuk dan jempol).
kekuatan bruce lee

  • Bruce Lee mempopulerkan teknik ‘one inch punch’ atau artinya ‘pukulan dari jarak hanya 1 inci’.
pukulan bruce lee

  • Bruce mempraktekkan teknik ‘one inch punch’ di suatu turnamen karate. Seorang juara judo asal Jepang dengan berat sekitar 100 kg berdiri berhadapan dengan Bruce, lalu Bruce meletakkan kepalan tangannya hanya 1 inci dari dada org Jepang tersebut. Ketika ready, Bruce meluncurkan pukulan tersebut dan membuat pejudo itu jatuh ke kursi belakang yang telah disediakan.
  • Bruce Lee bisa mematahkan papan kayu setebal 15 cm.
  • Bruce Lee bisa menjebolkan tembus kaleng Coca Cola yang belum terbuka dengan jarinya (dimana pada saat itu kaleng Coca Cola masih terbuat dari steel yang jauh lebih tebal daripada aluminum tipis yang kita pakai sekarang).
  • Bruce bisa melakukan 50 kali pull-up dengan satu tangan.
  • Tendangan side-kick Bruce Lee bisa mengakibatkan karung seberat 136.08 kg mental keatas. Pada saat melakukan training bersama James Coburn, tendangan side-kick Bruce juga mengakibatkan karung tinju seberat 68 kg pecah.
  • Bruce Lee bisa bertahan selama sekitar 30 menit duduk dengan gaya V-sit position.
latihan bruce lee

  • Tinggi badan Bruce Lee 1.71m dan berat badan hanya 61 kg!

2 comments:

  1. aku suka bgt dg bruce lee,,mantappp bgt cara bertarung nya,,.

    ReplyDelete
  2. Lah kok gede sy ya..172cm - 64 kg

    ReplyDelete